Wisata Desa Sukarare Lombok

Pulau Lombok menawarkan segudang objek wisata yang layak kita masukkan ke dalam list perjalanan wisata. Hampir di setiap pelosok pulau Lombok menyimpan potensi pariwisata yang luar biasa. Berkunjung ke pulau Lombok untuk merayakan bulan madu atau sekedar menghabiskan waktu liburan bersama keluarga akan menjadi perjalanan yang sangat menyenangkan. Apalagi kini telah banyak sekali potensi alam Lombok yang dibuka untuk umum sehingga wisatawan dapat kapan saja berkunjung dan menikmati keindahan alam tersebut. Selain menyimpan pesona alam yang memukau, pulau Lombok juga kaya akan budaya dan adat istiadat yang patut ditengok. Salah satu objek wisata yang menyimpan kekayaan budaya yang luar bisa adalah desa wisata Sukarare.

Berbagai Kain Tenun di Desa Sukarare

Pulau Lombok sudah sangat dikenal dengan oleh-oleh khas pulau Lombok yaitu kain tenun. Di desa wisata Sukarare, kita akan disuguhkan dengan begitu banyak kain tenun yang dapat kita pilih untuk oleh-oleh keluarga di rumah. Seperti halnya desa-desa tradisional lainnya di pulau Lombok, mayoritas penduduk desa Sukarare mengandalkan kemampuan bercocock tanam dan keahlian menenun sebagai sumber penghasilan mereka. Menenun merupakan salah satu hal yang harus dikuasai oleh setiap wanita suku Sasak. Keahlian menenun juga dapat menunjukkan kesiapan seorang gadis untuk menikah. Sebelum gadis suku Sasak mahir menenun, maka gadis tersebut dianggap belum siap menikah dan akan diperbolehkan menikah setelah memiliki keahlian menenun kain khas Lombok secara baik. Keahlian seperti ini dalam bahasa suku Sasak disebut dengan nyesek.

Ada yang menarik dari desa penghasil kain tenun khas pulau Lombok ini. Bagi wisatawan yang datang untuk membeli oleh-oleh berupa kain tenun, mereka tidak hanya disuguhkan dengan banyaknya pilhan kain tenun. Di sini para wisatawan akan diajak untuk melihat langsung proses pembuatan kain tenun, mulai dari proses awal berupa pemintalan kapas menjadi benang hingga proses penenunan. Selain itu, penduduk desa Sukarare juga tergolong penduduk yang ramah sehingga berkunjung ke desa wisata ini akan memberikan kesan nyaman yang tidak akan membuat siapapun merasa menyesal telah menengok desa wisata Sukarare.

Save