Pura Lingsar adalah salah satu lokasi wisata budaya dan sejarah yang bisa Anda kunjungi selain objek wisata lainnya yang menawarkan keindahan alam di Pulau Lombok. Sebagai pulau yang telah termahsyur akan keindahan alamnya, Lombok memang memiliki banyak sekali lokasi objek wisata yang menarik. Namun sebenarnya ada banyak pula lokasi wisata selain wisata alam yang layak dikunjungi. Jenis wisata lain termasuk wisata budaya, sejarah dan religi juga banyak terdapat di Lombok karena banyaknya bangunan kuno dan bersejarah, seperti Pura Lingsar contohnya.

Keunikan Yang di Miliki Pura Lingsar

pura lingsar

pura lingsar

Wisata Pura Lingsar ini tidak seperti kebanyakan bangunan pura lainnya yang ada di Pulau Lombok. Karena pura ini memiliki sebuah keunikan yang tidak ditemui di pura-pura lainnya. Keunikan tersebut adalah bahwa Pura Lingsar tidak hanya digunakan untuk beribadah oleh umat Hindu saja, tetapi juga oleh para umat Muslim Wektu Telu yang tinggal di sekitarnya. Penggunaan bangunan pura sebagai tempat peribadatan oleh dua pemeluk agama yang berbeda ini mencerminkan adanya sikap toleransi antar umat beragama yang sangat tinggi.

Karena dipergunakan oleh dua umat dari agama yang berbeda, maka di dalam kompleks Pura Lingsar ini pun terdapat dua bangunan utama yang digunakan sebagai tempat untuk beribadah bagi masing-masing pemeluk agama Hindu dan Islam Wektu Telu. Bangunan utama tersebut adalah Pura Galuh yang digunakan sebagai tempat beribadah untuk umat Hindu, sedangkan bangunan Kemalik digunakan oleh umat Muslim.

Berwisata Berbeda Dengan Yang Lain, Pura Lingsar

keunikan pura lingsar

keunikan pura lingsar

Keunikan yang ada di Pura Lingsar tidak hanya seperti yang telah dijelaskan diatas, tetapi masih ada keunikan lain berupa sebuah kolam yang ada di kompleks pura ini. Kolam yang diberi nama Telaga Ageng ini dibangun untuk menghormati Dewa Wisnu dan di dalamnya terdapat ikan-ikan yang hanya akan menampakkan diri jika diberi makan berupa telur ayam rebus. Sehingga jika Anda ingin melihat langsung ikan-ikan yang berada di kolam ini, maka Anda harus melemparkan telur ayam rebus ke dalam kolam yang akan langsung disambar oleh ikan-ikan tersebut. Jika Anda mencoba untuk memancing ikan-ikan ini untuk keluar dengan umpan selain telur ayam rebus, maka usaha Anda akan sia-sia. Keunikan lain yang terdapat di Telaga Ageng adalah banyaknya uang koin yang berserakan di dasar kolam. Koin-koin ini dilemparkan oleh para pengunjung yang datang, karena konon dipercaya akan dapat memberikan kelancaran rizki.

 

Save