Lombok tentu saja menjadi salah satu pulau yang sering dijadikan destinasi wisata leh mereka para wisatawan entah wisatawan asing maupun dalam negeri sekalipun. Mungkin yang anda tahu wisata menariknya hanyalah pantai maupunair terjun. Namun siapa sangka ternyata pulau Lombok ini juga memiliki wisata sebuah pura yang bernama lingsar. Wisata pura lingsar Lombok ini menjadi suatu simbl kerukunan antar umat beragama. Wisata pura ini letaknya berada di desa Lingsar kecamatan Lingsar kabupaten Lombok bagian barat.

Sejarah Wisata Pura Lingsar Lombok

Wisata Pura Lingsar Lombok

Wisata Pura Lingsar Lombok

Tahukah anda bahwa wisata pura Lingsar ini merupakan pura yang terbesar di Lombok dan dibangun sekitar tahun 1974 oleh seorang Raja Anak Agung Ngurah Karangasem. Bahkan pura ini pun juga dianggap sebagai pura yang paling suci di Lombok. Yang menjadi suatu keunikan dari wisata Pura Lingsar ini adalah adanya penggabungan antara agama Hindu dan juga agama Islam yang mana tengah mewakili Watu Telu. Pantas saja jika sekarang ini banyak wisatawan yang merasa tertarik untuk berkunjung ke tempat wisata yang satu ini. Wisata Pura Lingsar Lombok ini pun juga terbagi menjadi dua bagian yakni pada bagian yang utara terdapat pura Hindu dengan nama Gaduh sementara pada bagian yang selatan terdapat sebuah pura Watu Telu dengan nama Kemaliq. Luas dari wisata pura ini lumayan cukup luas sekali yakni 26 hektar. Sungguh suatu keharmonisan yang terdapat di dalam pura ini dengan adanya dua agama yang berjalan berdampingan tanpa harus ada gesekan. Jika anda ingin berkunjung ke tempat wisata ini biasanya saat anda akan masuk kedalam pura demi menjaga kesucian, anda harus mengenakan sebuah selendang dengan warna kuning sebagai tanda penghormatan anda.

Keunikan Wisata Pura Lingsar Lombok

Wisata Pura Lingsar di Lombok

Wisata Pura Lingsar di Lombok

Kendatinya wisata pura Lingsar ini dijadikan wisata sejarah yang sangat cocok dijadikan tempat anda berlibur bersama kawan maupun keluarga. Dengan datang ke tempat wisata Pura Lingsar Lombok ini, anda bisa menyaksikan dua agama yang berbeda namun berdampingan. Tentunya keunikan inilah yang mungkin jarang kita temui didaerah yang lainnya. Meskipun terkadang terasa masih begitu sulit untuk kita percaya. Namun kenyataannya hal ini memang ada. Bahkan kepercayaan dan juga tradisi untuk mensyukuri sebuah mata air yang letaknya berada di sekitar pura Lingsar ini dipercayai sebagai anugerah sumber kehidupan dari Tuhan Yang Maha Esa. Supaya kelestariannya tetap terjaga, pantas saja jika tempat ini disakralkan sesuai dengan keyakinan umat masing-masing. Bahkan di tempat wisata Pura Lingsar ini juga dilakukan sebuah upacara yang telah diyakini oleh kedua umat beragama yang bernama “perang ketupat”. tentunya dengan beragam keunikan yang telah dimiliki oleh tempat wisata Pura Lingsar di Lombok ini mampu membuat kita berkeinginan untuk berkunjung ke sana.

Apalagi disana kita bisa mempelajari banyak hal sekaligus mengetahui secara langsung keunikan dari pura Lingsar tersebut. Jika sedang berada di pulau Lombok, jangan sampai anda lewatkan untuk berkunjung ke tempat wisata Pura Lingsar Lombok ini. Jika anda sudah puas mengunjungi wisata alam yang ada di Lombok. Wisata pura Lingsar Lombok ini menjadi tujuan yang tepat bagi anda. Selain bangunan pura, disini anda juga bisa menemukan kolam yang mana memang memiliki Sembilan pancuran yang bernama pancor siwaq. Lokasi dari pura Lingsar ini pun juga cukup strategis sekali sebab anda akan sampai di pura tersebut sekitar 30 menit dari kota Mataram. Jadi apabila anda ingin berjalan-jalan ke kota tentunya bisa langsung ketempat tersebut dengan mudah karena akses jalannya pun juga sudah lancar. Anda bisa berkunjung kesana baik dengan kendaraan pribadi anda maupun kendaraan umum. Apabila anda tidak ingin merasa ribet pastinya anda bisa menggunakan jasa sewa mobil Lombok. Dengan sewa mobil Lombok ini liburan anda pun akan terasa lebih nyaman dan juga menyenangkan tentunya. Anda juga tidak akan begitu banyak mengeluarkan budget untuk berwisata ke pura Lingsar ini.