Yuk Wisata ke Desa Sade Lombok Dijamin Mengesankan

Yuk Wisata ke Desa Sade Lombok Dijamin Mengesankan

Sebagai kawasan wisata yang sudah mendunia yang memang banyak dikenal wisatawan lokal dan mancanegara, Lombok juga merupakan sebuah pulau yang masih memiliki masyarakat asli dengan budaya dan adatnya yang masih kental. Seperti halnya suku sasak Lombok yang ada di Lombok bisa anda temui secara langsung khususnya di Desa Sade. Bahwa di desa ini adalah tempat tinggal sebagian besar masyarakat Sasak yang masih sangat kental dengan adat istiadatnya dan berbaga kegiatan yang masih dilakukan secara tradisional. Karena itu jika anda berkunjung kesini maka anda akan rasakan pengalaman berbeda dan dapatkan pembelajaran yang berbeda.

Interaksi Ramah Bersama Masyarakat Suku Sasak Desa Sade

Wisata di Desa Sade Lombok
Wisata di Desa Sade Lombok

Suku Sasak merupakan penduduk asli pulau Lombok yang tentunya memiliki adat istiadat tersendiri. Sebagian besar suku Sasak saat ini masih berpegang teguh pada adat istiadat mereka. Adapun yang paling kental adalah di Desa Sade. Bahwa disana suku Sasak masih tidak peduli dengan zaman yang semakin canggih, sehingga mereka masih hidup dengan cara yang sangat tradisional. Mereka masih hidup bersama alam dan memang selalu bergantung pada alam dalam setiap kegiatan dan kebutuhan hidup mereka.

Karena itu, sebaiknya anda yang berkunjung ke Lombok jangan sampai ketinggalan untuk berkunjung ke Desa Sade karena disini anda bisa berinteraksi langsung dengan suku Sasak. Dengan berkunjung ke desa ini maka anda maka anda akan dapatkan pengalaman dan kesan yang lebih mendalam selama berlibur di Lombok. anda bisa saling mengobrol dan juga bercengkrama dengan tutur kata yang sopan dan sangat ramah. Bahkan anda bisa lebih mudah dan cepat untuk akrab dengan rakyat Sasak ini. pastinya keramahan mereka bisa membuat anda merasa lebih betah tinggal disana. Tidak sedikit pula penduduk yang menawarkan rumah mereka sebagai tempat menginap wisatawan yang datang berkunjung.

Budaya Tradisonal Suku Sasak Desa Sade yang Unik

Dengan berkunjung ke Lombok khususnya ke desa Sade maka Anda bisa tahu bagaimana cara mereka hidup yang selalu memanfaatkan kekayaan alam untuk kehidupannya. Mereka hidup dengan cara yang masih sangat tradisional dan tentunya budaya mereka pun sangat tradisonal. Masyarakat Sasak tinggal di sebuah rumah bale yang beratapkan ijuk dan berbentuk tradisional dengan dinding yang terbuat dari bambu dan hanya beralaskan tanah.
Yang unik dari masyarakat Sasak ini bahwa mereka menggunakan kotoran kerbau untuk olesan plester semen yang digunakan pada lantai sehingga rumah tetap hangat dan jauh dari nyamuk. Masyarakat Sasak ini dalam hal kepercayaan, mereka menganut kepercayaan Islam Wektu Telu yaitu keyakinan beragama Islam hanya dengan melaksanakan tiga waktu shalat dalam satu hari.

Budaya Seni Suku Sasak yang Kreatif

Wisata Desa Sade Lombok
Wisata Desa Sade Lombok

Lombok tentunya memiliki komoditas yang paling khas dan dijadikan sebagai oleh-oleh khas Lombok. salah satunya adalah kain tenun khas Lombok yang pastinya memiliki corak dan bahan yang khas berbeda dengan kain tenun dari daerah lainnya. penduduk Sasak memang merupakan penduduk yang kreatif, itu karena mereka mampu membuat berbagai kerajinan terutama kain tenun yang memiliki kualitas tinggi. Maka kain tenun inilah yang akan menjadi daya tarik khusus dan sebagai oleh-oleh yang bisa dibawa wisatawan ke tempat asalnya.

Jika anda berkunjung ke Desa Sade ini maka anda akan merasakan kesenian khas dari suku Sasak ini. anda bisa melihat langsung cara pembuatan kain tenun yang sangat indah dan memukau. Suku Sasak ini pun membuat kain songket khusus suku Sasak yang sangat khas. Di samping itu, suku Sasak ini juga sangat kreatif dengan pembuatan gerabah.

Jika anda berkunjung ke Desa Sade maka anda bisa melihat pembuatan kain tenun secara langsung. Mereka juga membuat kain songket khas suku Sasak dan menjadikan kain ini serta kain tenun sebagai oleh-oleh khusus kota Lombok. adapun yang khas disini juga adalah pembuatan gerabah yang dibentuk menjadi berbagai jenis bentuk yang memiliki fungsi yang unik seperti halnya celengan, vas bunga atau lainnya.

Save