Wisata Ziarah sudah bukan hal yang asing lagi untuk di dengar. Ternyata bukan hanya pantai saja yang menjadi objek wisata menarik dikalangan masyarakat, tetapi makam dan tempat-tempat keramat suci juga merupakan lokasi objek wisata yang menarik. Ada banyak masyarakat mengangap bahwa mengunjungi makam-makam keramat akan memberikan suatu keberkahan bagi si pengunjungnya. Namun juga banyak pengunjung yang datang hanya untuk sekedar berfoto-foto ria di kawasan tersebut.
Ada banyak sekali makam yang dapat diadikan destinasi tujuan untuk Wisata Ziarah ini. Di makam-makam tersebut para pengunjung basanya melantunkan doa-doanya. Inilah beberapa daerah wisata keramat yang sering di serbu para pengunjung.

Makam Batu Layar

Makam Batu Layar menurut kepercayaan setempat adalah makam keturunan Rosul Muhammad SAW. Ad juga yang berpendapat bahwa makam tersebut merupakan tempat peristirahatan tokoh Islam berkebangsaan Baghdad bernama Sayid Duhri Al Haddad Al Hadrami. Sayid Duhri ini dipercaya sebagi salah satu tokoh yang menyebarkan agama Islam di Indonesia. Beberapa publikasi yang lain menyebutkan nama makam Batu Layar sering digunakan sebagai tempat untuk membayar nazar dan mencapai puncak ramai saat perayaan lebaran topat, yakni lebaran yang diselenggarakan tepat 7 hari setelah pelaksanaan Hari Raya Idul Fitri. Lebaran topat bahkan sudah menjadi kegiatan rutin yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Lombok Barat.

Makam Loang Baloq Lombok

Loang Baloq berasal dari kata dalam bahasa Sasak yang berarti pohon beringin yang berlubang. Area ini memang ditumbuhi sebah pohon beringin yang konon katanya sudah berumur hampir ratusan tahun. Makam Loang Baloq adalah kawasan pemakaman yang di dalamnya terdapat puluhan jasad. Yang menjadikan makam ini istimewa dan kerap kali dukunjungi masyarakat adalah makam Maulana Syech Gaus Abdurrazak, makam Anak Yatim, dan Datuk Laut. Tidak hanya berziarah, pengunjung yang datang ke kompleks makam ini juga menggelae sejumlah ritual seperti potong rambut anak yang masih balita, atau disebut ngurisang. Peziarah biasanya menyampaikan permintaannya lalu bernazar jika dikabulkan. Misalnya untuk meminta jodoh.

Makam Selaparang

Sekitar abab 13 dan 16 lalu, makam Selaparang ini sangat dekat dengan Kerajaan Selaparang terdahulu. Yang pertama dalam kerajaan Selaparang dahulu adalah Kerajaan Hindu, dan yang kedua berasal dari agama Islam, sehingga menjadi kerajaan Islam. Makam Selaparang ramai dikunjungi peziarah pada waktu-waktu tertentu, seperti saat menjelang keberangkatan haji, dan beberapa waktu khusus lainnya. Tradisi menziarahin makam ini masih lestari sampai sekarang. Ada tiga tempat yang banyak dikunjungi, yakni makam Raja Selaparang, makam orang tua Raja Selaparang dan makam Gajah Mada. Diketiga makam ini orang-orang banyak yang meletakkan bunga, lalu masyarakat yang berkunjung membasuhkan mukanya dengan air yang telah disediakan. Dengan membasuh muka menggunakan air yang telah disediakan diyakini bagi yang masih lajang akan cepat datang jodohnya.

Makam Keramat Cemare

Makam ini berada di dekat pelabuhan Lembar, tepatnya berada di ujung daratan yang menjorok. Disini menjadi tempat yang diyakini bersemayam jasad tokoh agama di Lombok pada masa lampau. Itulah mengapa makam Keramat Cemare sering didatangi para peziarah terutama saat hari besar keagamaan Islam. selain menjadi tempat Ziarah, letaknya yang berada di dekat pelabuhan Lembar dan keindahan pantai Cemare membuat banyak wisatawan yang berkunjung tidak hanya berziarah namun juga berwisata menikmati keindahan.

Diatas adalah beberapa makam yang dijadikan Wisata Ziarah oleh masyarakat setempat ataupun masyarakat yang bukan berasal dari daerah tersebut. Masyarakat yang mengunjungi makam tersebut sebagian besar memiliki keyakinan bahwa makam-makam tersebut jika dikunjungi akan mendatangkan manfaat dan keberkahan.