Home - Blog - Wisata Ziarah Makam Wali Nyatoq

Wisata Ziarah Makam Wali Nyatoq

Wisata Ziarah di Wali Nyatoq

Wali Nyatoq adalah seorang wali yang sangat melegenda di pulau Lombok, khususnya dikalangan masyarakat Lombok Barat desa Rembitan. Nyatoq berarti nyata. Masyarakat sekitar percaya bahwa Wali Nyatoq merupakan benar-benar seorang Wali yang dapat menunjukkan tanda-tanda kewaliannya. Makan ini memiliki postur tubuh layaknya bangsa Arab dan hingga saat ini tidak ada satu pun orang yang mengetahui asal muasal Wali Nyatoq yang pasti masyarakat mengetahui bahwa Wali Nyatoq memiliki 33 nama dan salah satu gelar yang didapat setelah meningggal dunia adalah Sayyid Abdullah.

Luar Biasanya Spiritual di Makam Wali Nyatoq

Makam ini berada di desa Rembitan, kecamatan Pujut, Lombok Tengah atau sekitar 49 km dari kota Mataram. Makam ini tergolong sangat istimewa pasalnya makan ini memiliki makna spiritual yang luar biasa bagi masyarakat sekitar. Warga masyarakat yang datang ke sana tidak hanya sekedar untuk berziarah saja tetapi juga berdoa memohon keselamatan dan lain-lain. Walau sangat sulit dibuktikan secara rasional, namun kebiasaan ini telah menjadi kebiasaan turun temurun. Bahkan masyarakat yang datang bukan hanya masyarakat sekitar Lombok Tengah saja, tetapi juga masyarakat dari pulau Jawa. Kepercayaan ini telah disebarkan dari mulut ke mulut dan ternyata banyak diminati oleh banyak orang. Kebanyakan orang datang berduyun duyun ke makan ini setiap hari Rabu. Konon hari Rabu dipercaya sebagai hari dimana Wali Nyatoq memberikan berkah sepenuhnya.

Makam Kramat Wali Nyatoq

Makam ini juga dipercaya dapat menyelesaikan beragam persoalan masyarakat seperti pencurian dan lain sebagainya. Bagi orang yang melakukan kesalahan, namun tidak mau mengaku maka orang tersebut akan di bawa ke makam tersebut untuk disumpah dan selanjutnya disuruh meminum air tanah yang berasal dari tanah makam tersebut. Orang yang merasa bersalah biasanya tidak akan pernah bersedia minum air tersebut karena dipercaya barang siapa orang yang memiliki kesalahan dan meminum air tersebut maka akan terjadi hal-hal buruk pada dirinya. Karena makam ini memiliki ikatan spiritual yang mendalam dengan masyarakat desa Rembitan, saat berkunjung ke makam ini disarankan untuk tidak mengusik keberadaan makam tersebut karena dengan alasan apapun masyarakat tidak akan pernah mengizinkan siapapun untuk melakukan perusakan pada makam kramat tersebut bahkan nyawa bisa menjadi taruhannya.

Kami tunggu komentar Anda

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>