Wisata Ziarah Lombok Makam Batu Layar

Wisata Ziarah Lombok Makam Batu Layar

Lombok tidak hanya menyajikan tempat wisata menarik dan indah tapi juga bisa memberikan rasa tenang dan damai pada wisatawan dengan adanya wisata religi atau wisata ziarah. Anda bisa berkunjung ke makam Batu Layar yang dipercayai sebagai keturunan dari Nabi Muhammad SAW. Tempat ini juga merupakan lokasi peristirahatan seorang tokoh Islam yang berasal dari Baghdad yaitu Sayid Duhri Al Haddad Al Hadrami. Dengan berkunjung ke makam ini anda bisa lakukan ziarah yang lebih sakral dan bernuansa religi, sehingga bisa menenangkan hati dan pikiran anda dan juga bisa menambah kecintaan dan keimanan anda terhadap agama Islam.

Sejarah dari Lokasi Makam Batu Layar

Menurut sejarahnya, tempat ini merupakan lokasi peristirahatan Sayid Duhri Al Haddad Al Hadrami yang merupakan tokoh penyebar agama Islam di Indonesia. Adapun yang menyebutkan bahwa tokoh ini juga disebut Syeh Sayyid Muhammad Al Bagdadi. Diceritakan bahwa beliau mendatangi Lombok untuk menyiarkan agama Islam. Kemudian saat ia akan kembali ke negara asalnya ia diantar ke pinggir pantai Batu Layar oleh para muridnya.

Setelah tiba di pinggir pantai lalu ia duduk diatas batu dan kemudian turunlah hujan lebat disertai angin kencang dan juga petir. Dan di saat itulah Syeh Sayid menghilang entah kemana dan hanya meninggalkan sebuah batu. Sehingga di tempat tersebut menjadi makam Syeh Sayid. Tapi adapula yang berpendapat bahwa disitu hanyalah terdapat peninggalan kopiah dan sorban yang ditinggalkan oleh Syeh Sayid.

Kepercayaan Penduduk Terhadap Makam Batu Layar

Karena itupun maka makam tersebut dijadikan sebagai makam keramat oleh para penduduk setempat. Banyak orang yang melakukan nazar di tempat ini yaitu sebuah janji yang biasanya diucapkan oleh sesorang sehingga permohonannya tersebut bisa terkabul. Karena itupun para peziarah yang datang kesini banyak yang melakukan nazar. Dan sebagian nazar tersebut adalah yang berkeinginan untuk berangkat Haji ke Makkah.

Karena itupun makam ini banyak dikunjungi menjelang musim haji. Tidak hanya para wisatawan saja yang datang berkunjung dan berziarah kesini tapi para penduduk sini pun tentu sering melakukan ziarah ke makam ini. dari kepercayaan banyak orang banyak yang merasakan bahwa permohonan mereka terkabul.

Kegiatan Wisata Ziarah di Batu Layar

Makam Batu Layar ini banyak dan ramai dikunjungi tidak hanya penduduk lokal tapi juga berbagai wisatawan dari luar pulau Lombok. Makam ini pun paling ramai dikunjungi adalah pada musim haji dan juga menjelang perayaan lebaran topat yaitu sebuah lebaran yang diselenggarakan pada 7 hari setelah Idul Fitri. Lebaran ini adalah sebuah kegiatan rutinan yang memang diselenggarakan oleh Kabupaten Lombok Barat. Dalam kegiatan ini diawali dengan tradisi Nyangkar yaitu oleh Wakil Bupati Lombok dan kemudian terdapat prosesi pengambilan air lingkuk emas untuk bejanjam, yaitu membasuh wajah anak-anak dengan harapan agar mereka bisa menjadi anak yang soleh di masa depannya. Adapun air lingkuk emas itu bisa diambil dari kaki bukit Batu Layar yang memanbg sudah ada sejak sebelum zaman penjajahan Belanda.

Dalam prosesi tersebut maka sebelum mengambil air lingkuk akan ada beberapa sesajen yang harus disiapkan. Sesajen tersebut adalah penginang pidade yang diisi dengan tokok lekes, lalu beras kuning, jembung kuning tempat ceret, kejamas dan juga empok-empok. Setelah prosesi tersebut selesai maka dilanjutkan dengan nguris rambut atau memotong rambut bayi.

Makam yang ada di Lombok Barat ini bisa anda kunjungi untuk memperlengkap wisata di Lombok. Sehingga anda bisa mendapatkan kesan spiritual yang lebih menenangkan hati dan jiwa. Dipastikan anda tidak akan kecewa jika menyempatkan waktu anda untuk berkunjung kesini jika anda memilih wilayah Lombok Barat untuk destinasi wisata anda. anda tak perlu cemas karena disini juga disediakan hotel yang bisa jadi tempat tinggal anda. karena itu silahkan kunjungi tempat ini sekaligus untuk liburan anda.