Di bagian Lombok Timur inilah terdapat Tetebatu Lombok sebagai salah satu desa yang paling menarik untuk dikunjungi. Berwisata budaya ke beberapa desa yang ada di Lombok tentu sangat menyenangkan, asyik dan berkesan. Karena nantinya anda akan dapatkan banyak pengalaman dan pembelajaran berharga bersama para penduduk asli Lombok yaitu suku Sasak. Banyak keindahan yang menakjubkan untuk dinikmati para wisatawan, bahkan tak lupa pula agar anda mencicipi berbagai kuliner khas Lombok yang sangat lezat.

Pesona Alam dari Tetebatu Lombok yang Masih Asri

Desa Tetebatu ini berada di bagian selatan dari Gunung Rinjani yaitu dengan tinggi 700 meter diatas permukaan Kawasan wisata Tetebatu mampu menyajikan ragam keindahan luar biasa yang masih sejuk, asri dan sangat alami. Ada banyak sisi atau sudut dari Tetebatu atau desa ini yang bisa anda nikmati. Salah satunya yang paling menarik dari Desa Tetebatu ini adalah adanya kaki Gunung Rinjani Lombok yang menyediakan keindahan persawahan yang sangat memukau. Yaitu berbentuk petak kotak-kotak yang sangat rapih dan berwarna warni yang begitu berbeda dengan sawah yang pernah anda temui.

Adapun pesona alam dari desa ini adalah kontur tanahnya yang mirip ngarai memanjang. Ngarai inipun kemudian membentuk persawahan yang subur dan hijau. Pemandangan sawa ini pun menjadi nilai plus untuk daya tarik wisatawan berkunjung kesini. Tidak hanya itu, pesawahan ini juga didominasi dengan perbukitan indah yang terjal, adapun air terjun dan juga keadaan desa yang sangat asri dan besih.

Keasyikan Berwisata di Tetebatu Lombok

Tentunya sebgaai desa yang paling indah maka anda bisa melakukan banyak hal yang sangat menyenangkan. Kawasan ini juga bisa menjadi spot berfoto terbaik untuk anda yang sua foto dan selfie. Bahkan berada di desa ini akan sangat menyenangakn dan tidak akan membosankan karena anda bisa saling sapa dan juga bercengkrama bersama para penduduk yang ramah di desa tersebut. Adapun juga pemandangan lain yang bisa anda nikmati seperti perkebunan tembakau yang sangat indah.

Di desa ini pun anda bisa melihat indahnya kegagahan dari Gunung Rinjani. Begitupun di sore hari anda bisa menikmati indahnya mega dan siluet jingga dari matahari senja yang wangi. Karena itu kawasan ini juga bisa memberikan ketenangan kepada anda. selain itu, di desa ini pun terdapat kawasan trekking yang asyik untuk melakukan penjajahan di beberapa tempat seperti di lokasi air terjun dan taman wisata. Di desa ini pun terdapat habitat kera hitam yang bisa dijumpai dengan mudah karena mereka hidup dengan bebas di sepanjang perjalanan menuju air terjun Ulem-Ulem. Anda juga bisa menyewa sepeda atau menyewa cidomo pada masyarakat setempat untuk mengelilingi indahnya pemandangan di desa ini.

Tempat-tempat Menarik di Desa Tetebatu

Ada banyak tempat menarik yang bisa anda kunjungi di Tetebatu Lombok tidak hanya gunung Rinjani. Adapun Air Terjun Ulem-Ulem untuk anda bisa bermain dan berenang di air terjun ini. bahkan terdapat gubuk-gubuk peristirahatan yang bisa anda gunakan untuk bersantai. Air terjun inipun punya arus yang deras dan cocok untuk kegiatan arung jeram. Selain itu terdapat pula perkebunan tanaman Holtikultura yang merupakan komoditas buah pala dan sebagai tanaman andalam disini. Dari wilayah ini pun anda bisa melihat gunung Rinjani yang membentang di sebelah utara dan juga pemandangan laut yang ada di sebelah timur.

Desa ini memiliki suhu yang dingin dan sejuk sehingga sangat cocok untuk anda yang ingin beristirahat disini sebelum melanjutkan perjalanan untuk berwisata ke tempat lainnya. disini pun terdapat sungai yang berkelok yaitu di kaki gunung Rinjani dan cocok untuk anda berenang dan relaksasi. Tidak hanya itu, masih ada air terjun lainnya yaitu Air Terjn Jukut atau Jeruk Manis yang memiliki ketinggian 40 meter dan airnya sangat segar dan jernih. Air terjun ini terdapat di kaki gunung Rinjani yakni di sebelah selatan kawasan Konversi Taman Nasional Gunung Rinjani.

Dari berbagai kekayaan alam dan tempat menarik di desa Tetebatu ini maka sebaiknya anda jangan sampai ketinggalan untuk berkunjung kesini.