Melepas Lelah Dan Penat Di Taman Suranadi Lombok

Melepas Lelah Dan Penat Di Taman Suranadi Lombok

Taman Suranadi ini berlokasi di Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat, tepatnya di kecamatan Suranadi. Di taman yang berlokasi tengah hutan ini anda tidak hanya mendapat kesegaran dan kesejukan dari pepohonan sekitarnya, tetapi anda juga akan menemukan taman ini dikelilingi oleh tempat suci beribadah umat Hindu. Bahkan disini juga ada tempat pemanadian seperti jaman dahulu, di salah satu pura suci yang berada di taman ini. Asal dari nama taman ini adalah Sura dan Nadi, Sura berarti dewa dan Nadi berarti sungai. Jika kita artikan secara keseluruhan dari nama taman ini, berarti menjadi sungai para dewa. Wilayah taman Suranadi ini sangatlah luas, di taman ini juga terdapat tiga buah bangunan Pura yang berbeda, pura ini adalah tempat beribadah umat beragaman Hindu setempat. Jika anda penasaran apa saja yang berada di pura ini, silahkan lihat ulasan dibawah ini.

Daya Tarik Taman Suranadi

Taman Suranadi
Taman Suranadi

Taman Suranadi merupakan salah satu taman yang dikenal bahwa mata air yang ada disini sangat jernih, dan juga tidak pernah sekalipun walaupun musim kemarau berlangsung. Taman yang mengagumkan ini difasilitasi dengan kolam renang dan juga beberapa penginapan yang cukup dan lumayan bagus. Taman ini dikelilingi oleh tempat beribadah umat beragama Hindu. Dan yang lebih uniknya lagi, selain anda dapat menikmati berbagai tumbuhan, di taman ini juga terdapat banyak sekali burung yang konon katanya sudah sangat langka ditemukan. Jika anda mencari view untuk tempat yang masih beromansa jaman dahulu, disinilah tempatnya.

Pura di Taman Suranadi

Dari segala hal yang menarik di taman ini, ada beberapa tempat suci umat beragama Hindu, yaitu pura Pangentas, pura Ulon, pura Pabersihan dan yang lainnya. Pura-pura ini juga yang seringkali menjadi daya tarik para wisatawan, selain didatangi untuk berdoa, juga didatangi untuk berekreasi. Di pura ini terdapat banyak sekali peralatan yang biasa digunakan oleh umat beragama Hindu untuk melakukan upacara adat. Di bagian barat pura Ulon bahkan berdiri satu pura yang berbeda lagi, yaitu pura Pangentas yang merupakan pura paling simpel diantara pura-pura lainnya. Tapi jangan salah, walaupun pura ini adalah pura yang paling simpel diantara yang lainnya, tetapi pura ini memiliki tiga mata air yang sangat jernih dan seringkali menjadi favorit para pengunjung yang datang. Meskipun pura yang lain juga terdapat tiga mata air, tetapi mata air inilah yang paling banyak berperan saat adanya upacara Pitra Yadnya.

Flora Dan Fauna Langka

Selain dikelilingi oleh berbagai pura, yakni tempat beribadah umat beragama Hindu, di taman yang dikenal amat indah ini juga terdapat berbagai macam flora dan fauna yang pasalnya sudah amat langka ditemukan, maka dari itu dilindungi dan taman ini juga sebagai kawasan obsevasi. Flora di dalam taman ini ada beraneka ragam jumlahnya, ada suren, kemiri dan masih banyak lagi. Selain tumbuhan yang dapat dijadikan obat-obatan, ada juga bermacam spesies fauna yaitu burung-burung yang sengaja di pelihara dan dilindungi di taman ini.

Kolam Menyegarkan di Taman Suranadi

Setelah anda berlelah-lelah mengelilingi taman yang penuh pesona ini, anda bisa menikmati kolam yang sengaja disediakan untuk para pengunjung yang ingin mandi dan merasakan kesegaran kembali. Air yang berada di kolam ini akan terasa dingin menyegarkan, konon katanya air ini juga bisa membuat awet muda dan sehat. Di kolam ini juga mengandung batu-batuan dari alam, jadi kesegarannya sudah tidak diragukan lagi. Di sekitar kolam terdapat beberapa bale yang juga diperuntukkan para pengunjung, apalgi jika anda mendatangi taman ini bersama rombongan keluarga besar ataupun teman-teman, pasti akan sangat sempurna berkumpul di tempat yang memberikan kesejukan alam ini. Seperti yang kita tahu, ada banyak sekali taman yang bertebaran, tetapi taman yang satu ini, yaitu taman Suranadi jelas-jelas memiliki keistimewaan dan beberapa keunikan, terutama taman ini juga dijadikan taman air, karena ada banyaknya sumber air di taman Suranadi ini.