Taman Narmada Lombok berlokasi di Nusa Tenggara Barat Lombok, tepatnya di kecamatan Narmada, sesuai dengan nama dari taman ini sendiri. Taman ini dibangun oleh Raja Anak Agung Ngurah Karangasem. Asal usul taman Narmada ini memiliki sejarah tersendiri, terutama sejarah dibangunnya taman ini, begitu pula dengan nama tamannya. Konon katanya tujuan dibangunnnya taman Narmada ini adalah untuk melakukan tradisi Pekalem dan memberikan qurban yang awalnya tradisi tersebut dilakukan diatas puncak gunung Rinjani. Karena Raja tersebut sudah berusia tua, ia merasa tubuhnya sudah tidak mampu mendaki puncak gunung Rinjani tersebut, pada akhirnya Raja memanggil semua arsitek kerajaan, dan mengumumkan untuk membangun taman di tengah kota tersebut.
Tidak tanggung-tanggung, Raja juga memerintahkan kepada para arsitek kerajaan agar membangun taman yang designnya mirip sekali dengan Danau Segara Anak dan Gunung Rinjani, maka dari itu taman ini merupakan replika dari Danau Segara Anak dan Gunung Rinjani tersebut. Jika anda ingin mengetahui informasi lebih lanjut tentang taman ini silahkan baca ulasan di bawah ini.

Asal-usul Nama Taman Narmada

Taman Narmada Lombok

Taman Narmada Lombok

Taman Narmada yang menearik perhatian para pengunjung di Lombok ini ternyata memiliki banyak sekali sejarah yang belum banyak orang yang tahu, terutama asal nama taman ini. Konon katanya nama taman ini dibawa dari negara India, dan berasal dari salah satu sungai suci yang berada di India, yaitu sungai Narmanadi. Tetapi ada juga yang bilang memang asal nama sungai ini dari India, tetapi berasal dari sungai suci yang bernama Gangga, bukan Narmanadi. Gangga berarti air kehidupan, secara tidak langsung bernama sumber kehidupan. Asal-usulnya tidak menjadi masalah selama masih bermanfaat bagi banyak orang.

Design dan Konsep Taman Narmada

Karna taman ini adalah replika dari danau Segara Anak dan Gunung Rinjani, sudah pasti desain dan konsep taman inipun kemudian sama seperti danau dan gunung tesebut. Taman ini dibuat berundak undak seperti gunung. Dipaling atas ada sebuah Pura suci dan keramat tempat raja berdoa dahulu, sekaligus melakukan upacara adat atau tradisi Pekalem yang biasa dilakukan di puncak gunung Rinjani. Untuk mencapai Pura tersebut, harus melewati anak tangga yang agak panjang, tetapi jangan khawatir karna diatas kita bisa melihat pemandangan yang indah. Kemudian ada tiga danau di taman ini, sama seperti danau Segara Anak. Danau ini dialiri air mata air yang berasal dari gunung Rinjani. Di dekat pintu masuk taman ini, ada bangunan yang disebut dengan Bale Agung, yaitu tempat Raja mengadakan rapat dengan para petinggi-petinggi. Kemudian ada juga yang bernama Bale Loji, tempat menyimpan senjata dan peralatan para prajurit raja.

Kolam Mata Air Taman Narmada

Setiap tempat pasti selalu memiliki keunikan dan hal menarik dari daerah tersebut, contohnya taman Narmada ini, taman ini memiliki sumber mata air yang konon katanya dipercaya sebagai obat awet mudah dan membuat badan segar, bahakan juga bisa menyembuhkan penyakit. Kebanyakan orang datang kesini juga untuk mencoba air yang berasal dari mata air tersebut, dengan cara diminum, mencuci muka dengan air tersebut. Air sumber ini berasal dari pegunungan Rinjani langsung, makanya para pengunjung bisa langsung meminumnya.

Tradisi Adat di Taman Narmada

Selain keunikan-keunikan yang ada di taman Narmada ini, ternayat taman ini selain berfungsi sebagai melakukan upacara adat Pekalem, dan juga sebagai tempat peristirahatan raja sekaluarga, tama ini juga digunakan setiap tahunnya oleh penduduk susu Sasak yang berada disekitar dan beragama Hindu. Mereka melakukan persembahan atau disebut Pujawali sebagai salah satu tanda syukur kepada Tuhan atas segala hasil bumi yang telah diberikan kepada penduduk setempat. Para umat Hindu ini selalu mengadakannya satu tahun sekali secara teratur dan idak pernah absen.

Diatas adalah informasi mengenai taman Narmada yang memiliki keunikan sehingga banyak sekali para wisatawan nusantara mendatangi taman ini, meski hanya sekedar untuk berenang. Jika anda penasaran dengan mata air yang dapat membuat kita awet muda, di taman inilah anda dapat menemukannya. Tidak heran Taman Narmada Lombok in menarik banyak perhatian para pengunjung