Wisata Taman Narmada Lombok Tempat Rekreasi Bernilai Sejarah

Wisata Taman Narmada Lombok Tempat Rekreasi Bernilai Sejarah

Tempat Wisata Lombok menyuguhkan banyak pilihan untuk Anda kunjungi saat liburan bersama keluarga, maupun kerabat. Menjalani rutinitas sehari-hari terkadang membuat Anda merasa jenuh dan frustasi. Untuk mengatasinya, Anda cukup merencanakan perjalanan wisata ke spot-spot menarik seperti Pulau Lombok di Nusa Tenggara Barat. Disini terdapat sebuah lokasi wisata terkenal bernama Taman Narmada, yang tersohor karena keindahan kolam dan suasana taman yang nyaman. Tak perlu diragukan, Anda bisa bersantai sembari menikmati keindahan taman tersebut dan lepas dari kesibukan kehidupan kota.

Sekilas Tentang Taman Narmada Lombok

Taman Narmada Lombok
Taman Narmada Lombok

Lokasi taman tersebut berada di Kecamatan Narmada dan masuk dalam wilayah Kabupaten Lombok Tengah. Lebih tepatnya, taman cantik ini berada di Desa Lembuak dan akses cukup mudah bagi Anda yang berangkat dari Kota Mataram. Saat ini, masyarakat lokal maupun turis memanfaatkannya sebagai lokasi untuk bersantai maupun menikmati wisata di Lombok yang berupa budaya atau sejarah yang unik. Tidak hanya menampilkan suasana yang nyaman. Taman Narmada memiliki nilai sejarah yang tidak boleh Anda remehkan.

Dari segi ukuran, taman tersebut cukup luas dan memiliki fasilitas cukup memadai bagi pengunjung. Menurut sumber, Taman Narmada sudah ada disini sejak tahun 1727 dan dibangun oleh Anak Agung Ngurah Karang Asem (Raja Mataram) pada masanya. Sebelum menjadi tempat rekreasi seperti sekarang, awalnya taman tersebut menjadi tempat menyelenggarakan upacara adat yang disebut Pakelem. Selain itu, sang Raja menggunakannya sebagai tempat istirahat bersama keluarga, terutama sepanjang musim panas. Asal usul nama taman ini terinspirasi dari anak sungai suci yang berada di India bernama Narmadanadi. Dikatakan bahwa dulu mata air di kawasan tersebut memberi berkah dan dianggap suci oleh masyarakat. Faktanya, hingga kini, pengaruh ajaran Hindu masih terasa di Kecamatan Narmada bahkan Pulau Lombok! Namun bagi turis, mungkin taman tersebut hanya menjadi tempat rekreasi dan bersantai ketika berwisata ke Lombok.

Mengitari Taman Narmada Lombok dan Atraksi Sekitarnya

Pesona Taman Narmada
Pesona Taman Narmada

Setelah masuk ke area Taman Narmada, Anda akan takjub dengan keindahan alam seperti pepohonan, rumput hijau, lanskap berundak, kolam, tanaman, mata air, dan masih banyak lagi. Mungkin fitur yang paling menarik adalah mata air bersumber dari Gunung Rinjani. Menurut rumor, air disini memberi efek awet kepada pengunjung. Apakah Anda percaya?

Meski harus keluar sedikit uang untuk masuk ke area taman, harga yang Anda bayar sebanding dengan kenyamanan dan suasana yang Anda peroleh. Jika ingin harga lebih murah, hindari datang ke area taman pada musim liburan atau akhir pekan. Terlebih, bagi warga lokal, harga tiket pasti lebih murah jika dibandingkan turis asing atau yang biasa disebut dengan bule. Jika Anda perhatikan kondisi Taman Narmada sekarang, aspek kebersihan dan kualitas fasilitas yang ditawarkan takkan mengecewakan. Ini karena pemerintah lokal cukup memperhatikan kondisi salah satu aset pariwisata mereka dan telah melakukan beberapa pemugaran maupun pembangunan dari waktu ke waktu.

Selain bersantai dan membasuh muka dengan air suci kolam Narmada, Anda bisa melakukan kegiatan outbound dikawasan tersebut. Karena memiliki ukuran cukup luas, pihak pengelola menyediakan fasilitas outbound, terutama flying fox. Dengan membayar sedikit biaya, Anda bisa menikmati kegiatan menantang dan asyik tersebut. Bahkan anak-anak juga boleh mencoba asal mematuhi panduan yang diberikan pengelola. Bagi orang tua, awasi anak Anda dengan baik ya. Satu lagi kegiatan yang tak boleh dilewatkan adalah berkunjung ke Museum Narmada. Disini Anda bisa belajar lebih jauh mengenai sejarah maupun informasi lain seputar Taman Narmada. Tak perlu khawatir, lokasinya berada di dekat area outbound sehingga tak butuh waktu lama untuk sampai ke sana. Namun pastikan bawa uang lebih untuk membeli karcis dan beberapa snack maupun minuman. Setelah puas berkeliling Taman Narmada, Anda boleh melanjutkan perjalanan wisata ke spot lain atau langsung kembali ke hotel.