Taman Narmada Wisata Sejarah Dan Budaya Di Lombok

Taman Narmada Wisata Sejarah Dan Budaya Di Lombok

Taman Narmada salah satu wisata yang banyak dikagumi oleh para wisatawan, khususnya wisatawan nusantara. Nama taman ini berasal dari salah satu sungai suci yang berada di India, yaitu sungai Narmanadi. Taman ini juga merupakan replika dari gunung Rinjani dan danau Segara Anak yang berada di atas puncak Rinjani. menurut sejarah, tujuan taman ini dibangun adalah atas permintaan Raja. Dikarenakan umur Raja yang sudah tua pada saat itu, Raja merasa sudah tidak sanggup berjalan menaiki gunung Rinjani untuk melakukan ritual Pekaleman atau ritual qurban. Saat itulah kemudian Raja memerintahkan para designer arsitek kerajaan untuk membawa nuansa gununug Rinjani dan danau Segara Anak ke tengah perkotaan, dan jadilah taman ini sebagai duplikatnya. Taman Narmada menjadi salah satu destinasi favorite di wisata Lombok. Beberapa informasi dibawah ini berkaitan dengan taman Narmada, silahkan dibaca selengkapnya.

Sejarah Asal Usul Nama Taman Narmada

 taman narmada
taman narmada

Ada yang bilang nama taman ini dibawa dari negara india, dan mengambil dari sungai suci di daerah India yang bernama Narmanadi. Tetapi ada beberapa orang yang bilang bahwa nama ini memang dibawa dari India, tetapi bukan berasal dari sungai Narmanadi, tetapi dari sungai suci bernama Gangga di India. Gangga berarti sumber air, atau mata air sumber kehidupan. Mau bagaimanapun asal nama taman ini, tetap saja sangat berarti kehidupan bagi mayarakat sekitarnya.

Konsep Dan Design Taman Narmada

Taman Narmada Lombok
Taman Narmada Lombok

Di dalam taman ini terdapat Pura yang yang bernama Kalasa di bagian atas. Untuk mencapai ke pura tersebut para pengunjung harus melewati anak tangga yang lumayan jauh, memang design taman ini sengaja dibuat seperti gunug Rinjani, sehingga pada saat terdahulu Raja juga merasakan seolah mendaki gunung Rinjani untuk melaksanakan tradisi Pekaleman. Di bawahnya terdapat tiga kolam, persis seperti yang ada di danau Segara Anak, mata air dari atas mengalirkan air hingga kolam yang paling akhir. Setelah anda berlelah-lelah menaiki tangga untuk mencapai pura diatas, anda tidak perlu khawatir karena akan disajikan dengan pemandangan alam yang hijau dan segar, serta kolam renang yang jernih airya. Di taman ini terdapat tempat yang bernama Bale Agung yang berfungsi sebagai tempat Raja melakukan rapat atau bermusyawarah dengan para pimpinan kerajaan. Selain itu ada juga Bale Loji yaitu tempat untuk menyimpan segala perlengkapan persenjataan milik para prajurit kerajaan. Jika anda mengujungi taman ini, anda juga akan menemukan satu gerai atau toko suvenir yang dapat anda beli untuk oleh-oleh di bawa pulang.

Fungsi Taman Narmada

Fungsi dari taman ini sendiri sebenarnya adalah digunakan Raja untuk melaksanakan tradisi Pekaleman, tapi disamping itu, taman ini juga berfungsi sebagai tempat tinggal Raja dan keluarganya. Dan konon katanya setiap tahun sekali, di taman ini diadakan upacara persembahan dan wujud syukur kepada Tuhan atas hasil bumi yang telah didapatkan oleh penduduk, biasanya penduduk umat beragama Hindu yang melaksanakannya. Saat ini taman Narmada menjadi tempat wisata dan rekreasi, dibuka untuk umum bagi pengunjung dari manapun, walaupun terdahulunya di gunakan sebagai tempat peristirahatan keluarga kerajaan.

Mata Air di Taman Narmada

Di taman ini selain menyajikan wisata alam yang sangat asri dan hijau, di bagian atas taman terdapat kolam renang yang airnya, konon katanya berasal dari mata air langsung Gunung Rinjani. Banyak masyarakat setempat percaya bahwa air tersebut dapat membuat kita awet muda segar kembali dan sehat. Ada banyak pengunjung yang biasanya mencoba dengan cara meminum air tersebut, ataupun mencuci mukanya dengan air yang diyakini dapat membuat awet muda tersebut. Bahkan ada banyak sekali pengunjung yang berenang di kolam tersebut, dengan alasan agar awet muda dan sehat selalu. Tetapi memang kolam tersebut sekarng sudah beralih dari pemandian raja kinimenjadi kolam renang yang dibuka untuk umum. Jika anda mengunjungi taman ini, jangan hanya berjalan-jalan menikmati keindahannya saja, tetapi sekaligus anda mempelajari sejarah yang berada di taman Narmada ini, agar berlibur namun sekaligus menambah ilmu pengetahuan.