Jika kita pergi ke Pantai Senggigi, maka kita bisa mengunjungi Batu Bolong. Ya, pura ini memang terletak didekat pantai Senggigi. Dengan berjalan kaki selama kurang lebih 30 menit dari pantai, maka kita bisa menemukan pura ini. Ia berada diatas karang karena memang dibangun disana sejak awal kehadirannya. Ada legenda yang beredar dikalangan masyarakat lokal. Konon dahulu sering diadakan upacara pengorbanan perawan untuk diberikan pada ikan hiu sebagai makanan. Bahkan kabarnya juga tempat ini menjadi tempat favorit untuk melakukan terjun bebas oleh para wanita ke laut lepas ketika patah hati.

Meskipun legenda di Pura Batu Bolong ini sedikit menyeramkan, namun itu hanyalah legenda. Pura ini tidaklah semenyeramkan legendanya. Pura kecil di Pantai Senggigi ini menarik perhatian wisatawan yang sedang berkunjung ke Pantai. Sebelum masuk, kita diharuskan untuk membayar tiket masuk. Pantai Senggigi memang sudah sangat terkenal. Begitupun dengan pura ini. Bagaimana tidak, pura ini dibangun diatas karang ditepian Pantai. Pemandangan yang dihadirkan ketika sunset tiba membuat pura ini seolah lukisan yang indah.

Seputar Pura Batu Bolong

Pura Batu Bolong

Pura Batu Bolong

Sejatinya, pura merupakan tempat beribadah umat Hindu. Sehingga saat kita mengunjungi pura ini baik untuk beribadah ataupun ingin sekedar berwisata, maka kita harus menghormati ketentuan-ketentuan yang ada misalnya sebelum masuk, para wisatawan biasanya akan diberikan selendang kuning untuk diikatkan dipinggang. Selain itu, wanita yang sedang datang bulan dilarang masuk ke area pura. Hal ini tidak lain untuk menghormati keberadaan pura sebagai tempat beribadah dan harus senantiasa suci. Maka kita sebagai wisatawan harus senantiasa menghormatinya.

Selain itu, kita juga harus menjaga perkataan untuk tidak berbicara kotor selama berada disini. Pura cantik ini meskipun dibuka untuk para wisatawan namun memiliki peraturan yang kita harus hormati karena sejatinya ia merupakan tempat peribadatan. Nama Batu Bolong sendiri diambil berdasarkan adanya batu besar dengan sebuah lubang dibagian tengahnya yang ada di Pura Batu Bolong ini. Lokasi pura ini yang tepat berada diatas karang ditepi pantai, menambah kesakralan tempat ini. Seolah pura ini menyatu dengan alam. Umat Hindu tentunya sangat menikmati beribadah ditempat ini karena langsung terhubung dengan keindahan alam Sang Pencipta.

Pemandangan indah tersaji saat kita berada di pura ini. Panorama pantai Senggigi yang begitu memikat hati bisa kita saksikan langsung dari pura ini. Jika kita beruntung, kita juga bisa menyaksikan para nelayan tradisional yang sedang mencari ikan dilautnya dengan menceburkan diri tanpa menggunakan alat pancing modern. Momen sunset juga akan sangat pas untuk kita nikmati ditempat yang suci ini. Saat berada dikawasan pura, tak ada salahnya jika kita menyempatkan waktu untuk melihat proses matahari terbenam yang memunculkan gradasi warna oranye yang memukau.

Indahnya Panorama Yang Terlihat Dari Pura Batu Bolong

wisata pura batu bolong Lombok

wisata pura batu bolong Lombok

Pura Batu Bolong menghadirkan keindahan lainnya yakni pemandangan selat Lombok yang terhampar luas. Selain itu, kita juga bisa melihat Gunung Agung di Bali dari pura ini. Atmosfer yang dihadirkan oleh pura ini bisa mendamaikan siapapun yang berkunjung kesini. Baik untuk umat Hindu yang ingin sembahyang ataupun non-Hindu yang ingin menikmati kedamaian serta panorama eksotis, Pura ini bisa menjadi destinasi yang tepat. Dipantai Senggigi aktifitas wisatawan memang cenderung penuh dengan hiruk pikuk. Jadi, saat kita sudah bosan dengan suasana pantai, kita bisa mengunjungi pura ini untuk mendapatkan ketenangan serta kedamaian.

Berkunjung ke Pura Batu Bolong tidaklah sulit untuk dilakukan terlebih jika kita sedang berwisata di Pantai Senggigi. Akses menuju pura ini juga tidaklah sulit. Panorama yang tersaji ditempat ini sudah pasti bisa membuat kita semakin mengagumi Lombok yang begitu kaya akan keindahan alamnya. Untuk itu, rencanakan wisata bahari ataupun religi anda bersama kami Lombok Tour Plus. Kami menyediakan fasilitas terbaik untuk anda mengunjungi berbagai tempat tujuan yang menjadi objek wisata di Lombok.