Pesona Pulau Lombok memang tiada batasnya. Berbagai kawasan yang ada di Lombok selalu bisa dijadikan destinasi wisata yang paling menarik. Tidak hanya sebagai tempat wisata liburan yang menyenangkan, bahkan bisa pula dijadikan sebagai destinasi wisata religi. Yaitu dengan adanya Pura Batu Bolong bisa memperlihatkan pesona alam yang eksotis dan juga sakral. Masyarakat Lombok yang menganut Hindu masih terus mengabadikan atau melestarikan berbagai pura yang ada di Lombok. Dan pura inilah yang salah satunya menjadi tempat beribadah dan juga melestarikan adat istiadat mereka. Pura ini memiliki pemdangan yang unik dan sangat indah karena didirikan diatas batu karang berwarna hitam yang menjorok ke laut dan uniknya memiliki lubang di bagian bawahnya, sehingga nampak bolong.

Asal Mula Pura Batu Bolong Lombok

wisata pura batu bolong Lombok

wisata pura batu bolong Lombok

Pura ini merupakan sebuah bangunan suci yang mendapatkan pengaruh agama Hindu di Bali, baik dalam bentuk arsitektur maupun lainnya. Para wisatawan bisa merasakan wisata sejarah, budaya dan juga wisata religi sekaligus dengan berkunjung ke pura ini. Berdasarkan sejarah, pura ini didirikan karena berkaitan dengan cerita Dang Hyang Dwijendra.

Bahwa Dang Hyang Dwijendra melakukan perjalanan religi yaitu dari daerah pulau Jawa menuju Bali sehingga mendapatkan wahyu. Maka kemudian ia membangun beberapa pura di Bali seperti salah satunya Pura Ponjok Batu di Bali Utara.  Kemudian Dang Hyang sempat menolong beberapa nelayan di dekat pura Ponjok Batu. Kemudian ia mengikuti para nelayan tersebut hingga ke daerah Batu Bolong di Lombok, sehingga ia mendirikan sebuah pura yaitu Pura Batu Bolong.

Menikmati Pemandangan Pantai Senggigi di Pura Batu Bolong

Tentunya pengunjung yang datang ke wilayah Pura Batu Bolong ini akan merasakan suasana berbeda yang lebih sakral. Jika anda berkunjung ke Pura ini maka anda bisa merasakan ketenangan. Sebagaimana masyarakat Hindu yang sering berdoa di tempat ini bisa merasakan ketenangan jiwa yang diiringi dengan suara deburan ombak yang menghantam batu karang.

Pura ini senantiasa terjaga kesuciannya. Sehingga terdapat pula beberapa peraturan yang ditetapkan bagi para wisatawan yang berkunjung ke pura ini. Seperti misalnya adalah diwajibkan mengenakan kamen atau sehelai kain yang diikatkan di pinggang nampak seperti rok. Kamen tersebut merupakan pakaian adat yang wajib dikenakan baik oleh pria atau wanita yang ingin masuk ke dalam pura. Selain itu, dilarang pula bagi wanita yang sedang berhalangan atau datang bulan untuk memasuki area pura.

Keindahan yang Bisa Dinikmati di Pura Batu Bolong

Tentunya wisatawan bisa menjadikan wilayah Pura Batu Bolong sebagai spot terbaik untuk diabadikan. Tidak hanya itu, wisatawan bisa menenangkan diri dan merasa damai berada disini, khususnya bagi mereka yang memang ingin mencari ketenangan. Wisatawan juga bisa merasakan keindahan paling mempesona dari pura ini. karena pura ini terletak di pinggir pantai yang menjorok ke laut dengan bentuk dua bangunan utama. Dari atas batu karang ini anda bisa melihat indahnya lokasi Pantai Senggigi dengan jajaran pohon kelapa dan juga betapa megahnya Gunung Agung yang ada di Bali. Pura ini pun memang menghadap langsung ke selat Wisata Lombok dan Gunung Agung Bali sehingga pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan yang sangat eksotis bahkan saat sunset muncul. Maka akan nampak langit indah dengan mega berwarna oren kemerahan yang merona bisa membuat siapapun ingin mendokumentasikannya.

Nah, tunggu apalagi, kini saatnya anda mencoba berlibur di kawasan Pura ini. Anda takkan kecewa atau menyesal jika berkunjung kesini. Bahkan fasilitas di daerah ini pun sudah lengkap seperti adanya hotel, restaurant, dan juga beberapa penginapan murah.