Membicarakan keindahan Lombok memang tiada habisnya. Salah satu daya tarik Lombok yang menjadi favorit wisatawan, baik wisatawan lokal maupun mancanegara, adalah Gili Air. Pulau ini merupakan salah satu dari tiga gili yang ada di Lombok yang terkenal dengan keindahan pantainya. Selain itu, pulau ini juga menawarkan keindahan alam bawah laut yang dapat memanjakan mata wisatawan yang berkunjung ke sana.

Daya Tarik Pulau Gili Air

Gili Air

Gili Air

Gili Air merupakan gili yang paling dekat dengan Wisata Lombok. Gili ini merupakan gili dengan jumlah penduduk lebih banyak dari pada dua gili lainnya, akan tetapi tidak terlalu ramai. Suasananya tenang serta penduduk yang ramah pada setiap wisatawan yang datang. Masyarakatnya menyebut pulau ini dengan “Tengaq Aiq” yang artinya tengah-tengah laut. Mayoritas penduduk aslinya adalah suku Bugis dan suku Sasak yang memiliki mata pencaharian utama sebagai pedagang, nelayan, dan pemandu wisata. Karena berada di tengah-tengah laut, gili ini menawarkan keindahan alam bawah laut yang masih terjaga keasrian dan kealamiannya. Ketika berwisata ke gili ini wisatawan juga akan disuguhi keragaman hayati laut Indonesia. Wisatawan dapat melihat spot kuda laut, kura-kura, berbagai macam spesies ikan laut, dan keaneka ragaman hayati laut lainnya. Sehingga siapa pun yang datang ke sana tidak akan pernah bosan.

Gili Air Surganya Para Penyelam

Ikan Cantik di Gili Air

Ikan Cantik di Gili Air

Apabila anda seorang penyelam atau memiliki hobi menyelam, maka Gili Air adalah surga bagi anda. Karena pulau ini menyediakan beberapa spot diving dan snorkeling. Anda tidak perlu khawatir dengan peralatan menyelamnya, karena terdapat banyak operator yang menyediakan peralatan menyelam bagi para penyelam yang ingin menikmati keindahan alam bawah laut. Jika anda baru pertama kali dan ingin mencoba menyelam untuk menikmati pemandangan bawah lautnya, anda dapat meminta ditemani pemandu selam profesional. Spot yang biasanya dikunjungi para penyelam adalah di bagian timur. Di sini para penyelam akan disuguhi pemandangan yang luar biasa selama snorkeling. Kawasan aman yang biasa digunakan untuk snorkeling memiliki kedalaman 1.5 meter hingga 3 meter. Jika anda ingin mencoba, upayakan snorkeling saat ombak tenang dan menyelam agak ke tengah agar dapat menikmati pemandangan bawah laut yang mempesona. Anda juga dapat mengunjung tempat favorit wisatawan yang memperlihatkan pemandangan alam bawah laut yaitu Air wall, Frogfish point, Air slope, Malang Reef, dan Segaluh. Di tempat-tempat ini anda dapat melihat indahnya gugusan terumbu karang dan ikan-ikan berwarna-warni yang berenang bebas. Setiap timpat memiliki keunikan tersendiri. Misalnya di Air Wall anda akan disuguhi pemandangan gugusan terumbu karang yang membentang seperti dinding. Anda juga dapat menemukan kuda laut dan kura-kura di sini.

Suasana Pantai Gili Air

Selain snorkeling, anda juga dapat berjalan-jalan di tepi pantai menikmati udara khas pantai atau mengobrol dan bercengkrama dengan penduduk sekitar, karena penduduk Gili Air terkenal dengan keramahannya. Selain memanjakan mata, wisatawan juga dapat merasakan kekeluargaan penduduk setempat. Suasana tenang dan nyaman ini sangat cocok untuk anda yang sering berada di tempat keramaian dan bising. Gili ini menjadi tempat favorit wisatawan mancanegara yang datang ke Lombok seperti wisatawan dari Perancis, Inggris, Australia, Belanda, Italia, dan negara lainnya karena mereka menyukai suasana dan pemandangan alam yang ditawarkan Gili Air. Maka tak heran apabila di sekitaran pantai Anda akan menemukan banyak wisatawan asing. Akan tetapi tak sedikit pula wisatawan lokal yang berkunjung. Walaupun berada di tengah-tengah laut, di pulau ini tersedia berbagai fasilitas mulai dari transportasi, penginapan, hotel, restoran, cafe, sampai tempat ibadah. Semua fasilitas tersebut dapat memudahkan anda dalam beraktivitas selama berlibur di Gili ini. Sehingga anda akan benar-benar menikmati pemandangan baik di pantai maupun bawah laut dengan tenang tanpa khawatir terganggu. Siapa yang tidak terpikat dan penasaran dengan keindahan alam Gili Air?