Pada saat liburan ke sebuah tempat wisata seperti misalnya Lombok, maka sudah semestinya setiap wisatawan mencoba Kuliner Lombok yang paling khas. Tentu ada banyak jenis Wisata kuliner Lombok yang bisa dinikmati dan pastinya bisa bikin ketagihan. Apalagi bagi Anda yang menyukai rasa pedas, maka berbagai kuliner Lombok ini cocok untuk Anda coba dan nikmati. Sebagai sebuah pulau yang menyuguhkan ragam tempat wisata paling menarik di Indonesia, tentu Lombok pastinya menyediakan kuliner khas yang bisa membuat siapapun bikin ngiler dan mau nambah lagi.

Kuliner Lombok Berbahan Dasar Ayam

Tentu ada banyak sekali ragam makanan khas yang dimiliki oleh pulau indah ini. Salah satu kuliner Lombok yang paling khas dan terkenal di seluruh Indonesia adalah ayam taliwang. Makanan yang berbahan dasar ayam ini sangat diminati oleh seluruh pengunjung atau bahkan wisatawan mancanegara yang hadir di Lombok. Lalu apa itu ayam taliwang? Sebagai kuliner utama, ayam taliwang ini mirip dengan ayam bakar secara umumnya. Namun tentu terdapat perbedaaan khusus pada cara memasaknya yang menggunakan bumbu rempah khas.

Kuliner Lombok Berupa Sayuran

Masih banyak lagi kuliner khas lainnya yang wajib dicoba para wisatawan. Seperti makanan berupa sayuran yang disebut dengan pelecing kangkung. Sayuran kangkung ini direbus dan disajikan bersama sambal tomat khas Lombok diatasnya. Sayur pelecing kangkung ini bisa disajikan dalam keadaan dingin dan sangat nikmati ditemani dengan Ayam Taliwang.

Plecing Kangkung Kuliner Khas Lombok

Plecing Kangkung Kuliner Khas Lombok

Selain pelecing kangkung, adapun lainnya seperti ares yang merupakan jenis sayur berkuah dan menggunakan pohon pisang yang masih muda. Sayur ares ini memiliki rasa yang sangat unik dan pastinya membuat Anda penasaran. Jenis sayur ini pun banyak ditemukan di berbagai warung di Lombok.

Selanjutnya adalah beberuk terong yaitu sebuah sayuran terong yang dimasak menggunakan sambal tomat seperti plecing kangkung. Yang membedakan adalah bahan beberuk terong ini menggunakan bahan dasar terong hijau mentah ataupun bisa dibajar. Terong ini diiris-iris dan kemudian dibalurkan dengan sambal tomat pedas khas Lombok.

Kuliner Lombok Aneka Jenis Sate

Ada banyak jenis sate yang bisa dinikmati di Lombok. Diantaranya adalah:

  • Sate Bulayak
Sate Bulayak

Sate Bulayak

Merupakan salah satu kuliner yang juga sangat terkenal sebagai khas Lombok. Sate bulayak ini dibuat dari bahan dasar daging sapi yang kemudian disiram dengan sambal kacang khas Lombok seperti halnya sate Madura. Namun pembuatan bumbu ini adalah dengan menggunakan bahan kacang yanng disangrai lalu direbus di dalam santan bersama bumbu rempat lainnya. sate ini bisa disajikan bersama lontong khas Lombok yang dibungkus daun kelapa muda.

  • Sate Tanjung

Jenis sate ini memiliki bahan dasar yang berbeda yaitu terbuat dari ikan laut berupa ikan cakalang atau ikan langoan yang tentunya sangat lezat. Sate ini hanya perlu dibakar menggunakan bumbu tertentu yang kemudian disajikan di atas opak yang terbuat dari bahan singkong. Sate ini banyak ditemukan di Kecamatan Tanjung Lombok Utara.

  • Sate Rembiga

Jenis sate yang satu ini banyak ditemukan di daerah Kota Mataram. Sate ini dibuat dari bahan dasar daging sapi dengan tekstur yang sangat empuk dan lembut dan bahkan tak berbau. Sate ini direndam terlebih dahulu selama 3 jam di dalam bumbu rempat khas seperti bawang putih, gula dan cabe rawit sebelum akhirnya dibakar. Sate ini bisa awet selama beberapa hari karena bisa dibakar hingga kering untuk dijadikan oleh-oleh.

Demikian beberapa jenis Kuliner Lombok yang wajib dicoba oleh para wisatawan. Semua jenis kuliner itu bisa ditemukan di Kota Mataram atau di tempat lainnya.