Kuliner khas Lombok manjadi surganya para pecinta pedas! Namun bagi Anda yang tidak terlalu suka pedas, Anda bisa mengurangi kadar cabai dalam makanan Anda. Bumbu yang khas, terbuat dari rempah pilihan, membuat masakan ini selalu mengingatkan Anda tentang Lombok.

Pulau Lombok ternyata tak hanya penyimpan pesona keindahan alam yang eksotis, namun kuliner nya pun menyediakan rasa istimewa yang akan selalu membawa memori kita ke Pulau eksotis itu. Nah, berikut ini adalah olahan masakan kuliner khas Lombok yang akan melengkapi memori berlibur Anda Wisata di Lombok.

Plecing Kangkung

Plecing Kangkung Kuliner Khas Lombok

Plecing Kangkung Kuliner Khas Lombok

Sekilas akan sama saja plecing kangkung yang Anda buat atau yang ada di banyak tempat makan di berbagai daerah. Namun ternyata, Wisata kuliner di Lombok ini menyimpan rahasia rasa pada kangkung khas Lombok dan terasi lombok yang digunakan sebagai bumbu pada sambal sebagai pelengkap dalam plecing kangkungnya. Rasanya tak perlu diragukan lagi, pedas, segar dan nikmat!

Beberuq Terong

Beberuq terong adalah masakan olahan dari terong bulat yang dicampur dengan sambal. Terong ini dibiarkan mentah, tidak dimasak. Dicampur dengan sambal tomat yang diiris sehingga rasa asam dari tomat dan pedasnya cabe rawit bercampur dan menghasilkan rasa yang pedas segar. Kuliner khas Lombok ini tersedia di hampir seluruh tempat makan di Lombok. Sehingga Anda tidak sulit menemukannya.

Ares

Ares adalah sayur berkuah santan dengan bahan utama pohon pisang muda. Pisang yang dipilih adalah pisang kepok. Sekilas tampilannya mirip dengan kari, namun sensasi memakan pelepah pisang yang masih muda akan berbeda di lidah. Kuliner khas Lombok ini dulunya adalah masakan tradisional suku sasak yang ada pada acara pernihakan, namun sekarang Anda bisa menikmatinya di banyak tempat makan di Lombok.

Ayam Taliwang

Kuliner khas Lombok ini merupakan primadona-nya Lombok. Hampir setiap orang yang berkunjung ke Lombok tak afdol jika belum mencicipi Ayam Taliwang. Memang ayam taliwang sudah banyak tersedia di luar Lombok, namun rasanya akan berbeda jika Anda mencobanya langsung. Bumbu pedas yang diolesi sebelum dibakar meresap ke dalam daging dan membuat daging harum dengan rempah.

Sate Bulayak

Sate Bulayak memiliki keistimewaan di bumbu satenya. Sate pada umumnya memang hanya dibakar, namun yang menjadi ciri kuliner khas Lombok ini adalah bumbunya. Bumbu kacang yang terdiri dari kacang tanah dan bumbu-bumbu lain membuat rasanya istimewa. Selain itu, pelengkap sate, bulayak, pun menjadi ciri khas makanan ini. Bulayak mirip dengan ketupak, namun bentuknya bulat memanjang dan dibungkus dengan daun aren. Sate Bulayak bisa ditemui di sekitar Taman Narmada, Pura Lingsar, dan di Taman Suranadi.

Sate Rembiga

Sate ini tidak menggunakan saus kacang sebagai bumbu pelengkap karena semua bumbu sudah meresap ke dalam dagingnya. Saat Anda mencicipi kuliner khas Lombok ini, lidah Anda akan merasakan banyak bumbu pada daging. Teksturnya pun sangat empuk. Bayangkan saja, daging sapi yang telah dibumbui, direndam sekitar 3 jam hingga meresap sebelum akhirnya dibakar. Sate ini biasanya dilengkapi dengan sambal lombok yang akan menambah cita rasa pedas di lidah.

Sate Tanjung

Biasanya sate berasal dari daging sapi, ayam, atau kambing. Namun sate yang satu ini berbahan dasar ikan Cakalang atau ikan Langoan. Sate Tanjung pun tidak ditemani bumbu kacang seperti sate bulayak karena daging ikan yang dibakar sudah dibumbui terlebih dahulu dengan rempah-rempah khas yang membuatnya nikmat dan tidak berbau amis. Kemudian, uniknya lagi kuliner khas Lombok ini, penyajiannya adalah diletakkan di atas opak singkong. Penasaran bukan mengenai rasanya? Pastinya enak!

Bebalung

Wisata Kuliner Khas Lombok ini berbahan dasar tulang iga sapi atau kerbau, masakan yang satu ini mirip dengan Tengkleng. Racikan bumbu rempah yang meresap ke dalam daging membuat daging di sekitar tulang iga empuk. Sehingga dagingnya mudah lepas dari tulang tanpa harus ditarik dengan gigitan yang kuat. Hemm.. Pasti nikmat!

Itulah beberapa kuliner khas Lombok yang menggugah selera. Pastikan Anda mencicipinya saat berkunjung ke Lombok!