Wisata Kuliner Khas Lombok Yang Menggugah Selera

Wisata Kuliner Khas Lombok Yang Menggugah Selera

Setiap wisatawan yang datang berkunjung atau berlibur ke Lombok, tentu tidak hanya akan menikmati berbagai kawasan wisatanya seperti pantai, air terjun, pegunungan ataupun hutan dan lainnya. Tapi pastinya Kuliner Khas Lombok harus menjadi kegiatan wisata yang wajib dinikmati. Ada banyak makanan kuliner dari Lombok yang disajikan dengan rempah asli Lombok dan bumbu pedasnya yang sangat khas. Mulai dari berbagai jenis sate, nasi, yang berbahan dasar ayam atau lainnya yang pastinya bisa membuat anda ketagihan.

Makanan Kuliner Khas Lombok Paling Utama

Plecing Kangkung Kuliner Khas Lombok
Plecing Kangkung Kuliner Khas Lombok

Setiap wisatawan yang berkunjung ke Lombok ke berbagai daerah wisata manapun, maka wajib mencoba kuliner Lombok yang sangat khas dan paling utama, yaitu Ayam Taliwang dan Plecing Kangkung. Tentunya kuliner Lombok ini sudah tersohor dan dikenal dimanapun sehingga membuat para wisatawan penasaran ingin mencobanya. Ayam Taliwang ini merupakan jenis ayam bakar pada umumnya tapi diolah dengan bumbu khusus Lombok. Ayam bakar ini menggunakan bumbu rempah dengan rasa pedas yang khas. Makan Ayam Taliwang tentu tidak akan lengkap tanpa sayur plecing kangkung. Yaitu sayur kangkung khas Lombok dengan batang daun yang lebih besar dan renyah kemudian direbus dan disajikan bersama sambal tomat Lombok diatasnya.

Makanan Kuliner Khas Lombok Olahan Nasi

Ada banyak kuliner asal Lombok dari olahan nasi dan disajikan sebagai nasi bungkus yang biasa dijual di berbagai kawasan tempat wisata di Lombok. Diantaranya seperti nasi puyung yang merupakan nasi putih disajikan bersama dengan sambal daging, kentang goreng kremes, biji kedelai goreng dan juga sambal khusus. Adapun lainnya adalah Nasi Sukaraja yang merupakan nasi campur terdiri dari banyak lauk yang bisa dipilih. Adapun menu yang paling khas adalah campuran olah-olah yang termasuk sayuran dengan bumbu khusus dan santan kental. Nasi Sukaraja ini pun dimasak secara tradisional diatas tungku tanah dan kayu bakar sehingga memiliki aroma yang sangat khas.

Masih ada satu bumbu yang juga biasa dijadikan bersama nasi yaitu Kelaq Sebie. Sebie ini merupakan cabai paling pedas yang terbuat dari cabe rawit hijau mencapai satu kilogram. Cabe ini pun dipotong-potong dan dicampur dengan bawang merah, bawang putih, garam, terasi, penyedap dan juga santan kental. Kemudian Kelaq Sebie bisa dicampur bersama sayuran terong dan kacang panjang serta ikan tongkol. Tentunya hidangan ini bisa disantap sangat nikmat menemani santai anda.

Makanan Kuliner Khas Lombok Bahan Dasar Daging

Ada banyak aneka makanan Kuliner Khas Lombok yang terbuat dari olahan dasar daging. Seperti misalnya adalah sate yang merupakan sate khas Lombok. Beberapa diantaranya adalah:

  • Sate Bulayak

Yaitu sate dari daging sapi yang disiram dengan sambal kacang yang disangrai terlebih dahulu dan kemudian direbus bersama santan dan bumbu rempah. Sate ini biasa disajikan dengan lontong yang dibungkus daun kelapa.

  • Sate Tanjung

Merupakan sate yang terbuat dari bahan dasar berupa daging ikan laut seperti ikan cakalang atau ikan langoan. Adapun bumbunya adalah rempah khas yang disajikan diatas opak singkong.

  • Sate Rembiga

Sate ini terbuat dari bahan dasar daging sapi yang sangat empuk dan tidak berbau. Sate ini direndam terlebih dahulu dengan bumbu bawang putih, cabe rawit dan gula sehingga lebih nikmat dan lebih awet. Bahkan wisatawan juga bisa membawanya sebagai oleh-oleh karena tahan beberapa hari jika sate ini dikeringkan.

  • Bebalung

Makanan ini merupakan lauk khas Lombok dari bahan tulang iga sapi atau kerbau. Tulang ini kemudian diracik bersama bumbu cabe rawit, bawang putih, bawang merah, kunyit dan jahe, sehingga mirip dengan makanan tengkleng. Berbagai jenis kuliner Lombok itu bisa dinikmati di berbagai kedai makanan yang ada di sekitar lokasi wisatan. Bahkan untuk nasi bungkus biasa disajikan di warung makanan. Bahkan para wisatawan juga bisa berkunjung ke beberapa desa di Lombok dan bergaul bersama warga Lombok yang sangat ramah dan bersahabat.