Jika anda mendengar kata pantai kuta, apa yang anda pikirkan? Yup! Bali. Tapi tahukah anda jika Lombok juga memiliki pantai kuta? Pantai Kuta Lombok tidak kalah memesona dari Pantai Kuta Bali. Pantai yang terkenal dengan pasir putihnya ini juga menawarkan keindahan alam bawah lautnya yang dapat memanjakan dan menyegarkan mata setiap wisatawan yang datang.

Daya Tarik Pantai Kuta Lombok

Wisata Lombok Tengah

Wisata Pantai kuta Lombok Tengah

Pantai Kuta juga dikenal dengan sebutan Mandalika Resort. Pantai ini memiliki garis pantai yang panjang didominasi dengan pasir putih serta bibir pantai yang luasi. Sehingga wisatawan dapat bermain dengan nyaman di sekitar bibir pantai. Ketika berkunjung ke pantai Kuta Lombok, anda akan disuguhi pemandangan yang indah serta hamparan pasir putih yang lembut. Anda dapat menikmati panorama menakjubkan di sepanjang pantai. Pantai ini dikelilingi bukit hijau menambah kecantikan pantai yang dapat memikat hati siapapun yang melihatnya. Lombok yang terkenal dengan alam bawah lautnya, menambah daya tarik pantai ini. Wisatawan lagi-lagi disuguhi pemandangan bahari yang menakjubkan. Sehingga sayang untuk melewatkan aktivitas menyelam di pantai ini. Lautnya yang kaya dengan biota laut seperti ikan, udang, dan berbagai jenis terumbu karang menambah keindahan alam pantai Kuta. Selain alam bawah lautnya yang menawan, pantai ini juga memiliki ombak yang cocok untuk berselancar. Potensi ombak yang bagus ini menjadi minat tersendiri bagi wisatawan yang datang baik lokal maupun mancanegara. Anda juga dapat melakukan olahraga air lain yang sudah disediakan fasilitasnya seperti banana boat, windsurfer, dan jet ski.

Fasilitas di Pantai Kuta Lombok

Tempat wisata ini sudah dilengkapi berbagai failitas yang dapat memudahkan anda dalam beraktivitas selama berada di pantai Kuta di Lombok. Penginapan, homestay, hotel, restoran, MCK, dan tempat ibadah sudah tersedia di sini. Sehingga anda tidak perlu khawatir saat berada di sini. Selain itu, bagi anda yang ingin membawa buah tangan khas Lombok, di sini juga tersedia outlet-outlet penjual souvenir khas Lombok.

Panorama Pantai Kuta Lombok

wisata pantai kuta lombok

wisata pantai kuta lombok

Bagi anda pecinta photografi atau penikmat alam, pantai Kuta Lombok inilah tempatnya. Panorama pulau ini bukan hanya hamparan pasir putih dan air lautnya yang jernih sehingga kita dapat menikmati pemandangan baharinya, akan tetapi juga hamparan bukit dan gugusan terumbu karang juga melengkapi keindahan pantai ini. Selain itu, terdapat bukit yang bernama bukit Mandalika. Pemandangan yang terlihat menawan dari berbagai sudut ini dapat menjadi spot terbaik untuk berfoto. Anda juga dapat menikmati sunset di pantai ini sambil mengabadikannya.

Upacara Bau Nyale di Pantai Kuta Lombok

Jika anda berlibur ke Pantai Kuta Lombok pada bulan Februari-Maret, maka anda beruntung karena dapat menyaksikan upacara Bau Nyale. Nyale atau yang lebih dikenal dengan Bau Nyale adalah upacara adat yang dilakukan satu kali dalam setahun oleh penduduk desa Kuta. Kata Bau berasal dari bahasa Sasak yang artinya menangkap, dan Nyale berarti cacing laut yang biasanya hidup di lubang-lubang batu karang di bawah permukaan laut. Singkatnya, Bau Nyale adalah acara perburuan cacing laut. Upacara adat ini merupakan acara sakral bagi Suku Sasak, suku asli pulau Lombok. Upacara ini sangat berkaitan erat dengan legenda Putri Mandalika yang berkembang di masyarakat setempat. Putri Mandalika dipercaya sebagai seorang putri cantik jelita yang sering menjadi rebutan para pangeran. Karena tidak dapat memilih, akhirnya ia menenggelamkan diri di Pantai Kuta. Penduduk percaya bahwa ia menjelma menjadi Nyale dan datang sekali dalam setiap tahunnya. Sehingga penduduk setempat berlomba-lomba untuk mencari dan menemukan Nyale yang dipercaya sebagai jelmaan Putri Mandalika. Pantai Kuta Lombok yang sarat dengan pesona alam yang memesona ditambah dengan keunikan budaya setempat menjadikan tempat ini masuk dalam daftar tempat wisata yang wajib anda kunjungi saat pergi berlibur ke pulau Lombok.