Wisata Ke Lombok Mengunjungi Destinasi Air Terjun Yang Mempesona

Wisata Ke Lombok Mengunjungi Destinasi Air Terjun Yang Mempesona

Ada banyak destinasi menarik saat melakukan wisata ke Lombok. Mulai dari gili, pantai, gunung, danau, sampai air terjun semua lengkap tersedia di Pulau Lombok. Jadi, apapun wisata favorit anda bisa terlaksana disini. Sebagai kepulauan, tentunya Lombok dipenuhi dengan potensi kekayaan alam yang luar biasa indahnya. Tak ayal, ini menarik banyak wisatawan untuk berkunjung setiap tahunnya. Nah, salah satu objek wisata yang menarik dan wajib untuk dikunjungi saat berada di Lombok adalah air terjunnya. Ada beberapa air terjun di Lombok yang keindahannya tidak kalah dengan objek wisata lainnya.

Air terjun memang banyak terdapat di Indonesia karena banyaknya gunung-gunung yang menjadi sumber mata air. Air yang meluncur bebas dari ketinggian tebing memang bisa memunculkan pesona yang indah. Belum lagi, air terjun memiliki suhu yang lebih dingin dibandingkan air laut yang cenderung hangat karena air terjun berasal dari pegunungan. Jadi, tidak salah jika air terjun di Lombok pun banyak diminati wisatawan karena keindahannya dan juga sensasi sejuk yang tercipta saat kita berada didekat air terjun.

Mengunjungi Dua Air Terjun Saat Wisata Ke Lombok

Air Terjun Sendang Gile

wisata ke lombok mengunjungi Air Terjun sendang gile
wisata air terjun sendang gile

Air terjun pertama yang wajib kita sambangi adalah air terjun Sendang Gile yang berada di desa Senaru tepatnya dibawah kaki gunung Rinjani. Air terjun ini berada disebelah utara gunung nan megah ini. Banyak para pendaki yang hendak melakukan perjalanan ke gunung Rinjani mampir untuk merasakan segarnya cipratan air terjun disini. Namun tidak sedikit pula para pengunjung yang sengaja datang hanya untuk menyambangi air terjun Sendang Gile saat wisata ke Lombok.

Akses jalan menuju ke Sendang Gile ini tidaklah sulit karena sudah tersedia ratusan anak tangga tangga dan jembatan yang khusus diperuntukkan untuk kemudahan para pengunjung. Sepanjang perjalanan, kita akan disuguhi dengan panorama alam yang luar biasa dari hutan yang dipenuhi pepohonan serta suara kicau burung. Sesampainya di Sendang Gile, hawa sejuk akan langsung menyerebak. Lokasinya berada di 600 mdpl. Sedangkan ketinggian air terjunnya sendiri mencapai 31 meter. Disini, kita bisa menghabiskan waktu untuk bermain air ataupun mandi. Konon, air disini bisa membuat kita tampak lebih muda loh.

Air Terjun Tiu Kelep

wisata ke lombok mengunjungi Air Terjun Tiu Kelep
Air Terjun Tiu Kelep

Air terjun Tiu Kelep merupakan destinasi selanjutnya yang harus dikunjungi kala wisata ke Lombok. Lokasinya sama seperti Sendang Gile yakni di desa Senaru dan juga masih satu kawasan dengan Taman Nasional Gunung Rinjani. Hanya saja lokasinya lebih jauh untuk ditempuh dibanding dengan Sendang Gile. Karena lokasinya ini, maka banyak yang menyebutnya sebagai ‘surga tersembunyi’. Meskipun lokasinya cukup sulit dijangkau namun keindahannya memang layak untuk disebut surga.

Tiu Kelep memiliki ketinggian sekitar 42 meter. Terjunannya pun bertingkat-tingkat menghasilkan pemandangan yang indah. Air terjun ini berada diatas air terjun Sendang Gile yang juga menjadi destinasi favorit yang ingin wisata ke Lombok. Dan jaraknya sekitar 30 menit dari Sendang Gile. Namun berbeda dengan Sendang Gile yang aksesnya sangat mudah, untuk menuju ke Tiu Kelep kita membutuhkan energi lebih karena harus naik lagi ke atas dengan jalan setapak. Disepanjang perjalanan kita akan menelusuri kawasan hutan dan bebatuan serta batang-batang pohon. Pastikan untuk tidak salah kostum dan memakai alas kaki yang nyaman agar perjalanan lancar.

Saat wisata ke Lombok, anda wajib mengunjungi dua air terjun yang sangat terkenal yaitu air terjun Sendang Gile dan Tiu Kelep. Kedua air terjun Lombok ini berada di satu kawasan yaitu sekitar kaki gunung Rinjani. Gunung Rinjani sendiri merupakan Taman Nasional dan ia adalah gunung merapi tertinggi kedua di Indonesia. Sejuknya air dari gunung Rinjani mengalir membentuk air terjun yang juga memberikan pesona tersendiri. Jadi, segera rencanakan perjalanan anda ke Lombok bersama Lombok Tour Plus sekarang juga.