Siapa yang tak kenal Gunung Rinjani? Gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia ini menjadi primadona wisata bagi setiap pengunjung Pulau Lombok. Apa saja tempat wisata yang ada di dalamnya? Dan bagaimana menjelajahinya? Simak beberapa destinasi wisata yang ada di Gunung Rinjani di Lombok berikut ini.

Beberapa Destinasi Wisata yang ada di Gunung Rinjani di Lombok

Gunung Rinjani di Lombok

Gunung Rinjani di Lombok

Puncak Gunung Rinjani terkenal dengan nama Dewi Anjani. Destinasi wisata ini selalu dipenuhi oleh para pendaki baik nusantara maupun mancanegara. Suatu kepuasan luar biasa bagi siapa saja yang dapat mencapai puncak Gunung Rinjani di Lombok. Pemandangan dari puncak Dewi Anjani ini sungguh memukau! Membuat setiap pendaki berdecak kagum.

Destinasi selanjutnya adalah Danau Segara Anak. Danau ini merupakan tempat favorit bagi para pendaki yang akan mencapai puncak Gunung Rinjani di Lombok untuk sekedar singgah atau bahkan kemping. Di danau ini, Anda bisa berendam air hangat, atau memancing!

Air di Danau Segara Anak ini adalah air panas alami yang mengandung belerang, berasal dari Anak Gunung Rinjani (bernama Gunung Berapi Barujari). Banyak pendaki yang jauh-jauh datang ke Gunung Rinjani di Lombok hanya untuk berendam di Danau Segara Anak atau berkemping di sini. Dijamin Anda akan ketagihan ke tempat ini.

Kemudian, terdapat beberapa air terjun yang akan Anda lewati saat akan mendaki Gunung Rinjan di Lombok. Yang paling terkenal adalah Air Terjun Sindang Gile dan Air Terjun Tiu Kelep. Lokasi air terjun ini tidak terlalu jauh satu sama lain, sehingga Anda bisa dengan mudah mengunjungi destinasi wisata tersebut sekaligus.

Trek Menuju Puncak Gunung Rinjani di Lombok

Gunung Rinjadi di Lombok

Gunung Rinjadi di Lombok

Terdapat beberapa jalur untuk dapat mendaki Gunung Rinjani di Lombok. Namun, dari beberapa jalur pendakian tersebut ada 2 trek yang merupakan jalur resmi yang sangat direkomedasikan. Trek tresebut bernama Jalur Senaru dan Jalur Sembalun.

Jalur Senaru merupakan trek yang paling banyak dipilih oleh para pendaki. Karena, bila penduduk setempat sedang mengadakan upacara adat, mereka akan melewati jalur ini untuk mencapai Puncak Gunung Rinjani di Lombok. Kemudian, dalam perjalanan, Anda bisa menyinggahi beberapa air terjun dan padang indahnya hutan yang masih sangat asri.

Jika Anda memilih jalur Senaru, awal perjalanan Anda akan melewati desa Senaru. Di sana terdapat banyak penjual souvenir, tempat penginapan, dan penjual makanan yang bisa dijadikan bekal perjalanan Anda menuju Puncak Gunung Rinjani di Lombok. Kemudian, Anda akan menyinggahi Air Terjun Sindang Gile dan Tiu Kelep yang berdekatan. Selama perjalanan, Anda akan disuguhkan oleh pemandangan hutan yang sangat menyejukan mata. Pastinya perjalanan Anda akan sangat menyenangkan.

Pesona Gunung Rinjani di Lombok

Pesona Gunung Rinjani di Lombok

Jalur lainnya adalah Jalur Sembalun. Untuk mencapai Puncak Gunung Rinjani di Lombok, trek ini terkenal dengan kesohoran padang savanna yang terhampar luas. Jalur ini juga ramai diambil para pendaki yang ingin melihat indahnya hamparan rumput dan pemandangan Selat Alas dan Pulau Sumbawa dari jauh.

Selain dimanjakan oleh pemandangan padang rumput, Jalur menuju Gunung Rinjani di Lombok ini memberikan tantangan tersendiri bagi pendaki. Jalurnya yang berliku dengan pemandangan jurang semakin menantang diri Anda untuk mencapai puncak Dewi Anjani.

Untuk menuju Gunung Rinjani di Lombok, kedua jalur di atas nantinya sama-sama akan singgah di Danau Segara Anak sebagai pelabuhan untuk beristirahat. Anda bisa beristirahat dengan berendam air hangat, memancing, dan bersantap bersama untuk menghilangkan rasa lelah selama perjalanan. Pemandangannya selalu menjadi spot terindah untuk berfoto. Sehingga jangan lupakan alat foto Anda dan siapkan spot dan pose terbaik untuk berfoto.

Gunung Rinjani di Lombok selalu menjadi one-stop destinasi wisata yang tak boleh dilewatkan saat Anda ke Lombok. Keindahan alamnya mampu mengikat setiap orang yang akan berkunjung ke Lombok. Jadi, tunggu apa lagi? Segera persiapkan diri Anda untuk sebuah pendakian yang tak akan terlupakan!

Save