Gili Tangkong Sebagai Alternatif Tujuan Wisata di Pulau Lombok

Gili Tangkong Sebagai Alternatif Tujuan Wisata di Pulau Lombok

Pulau Lombok masih tetap menjadi salah satu ujung tombak pariwisata Indonesia dan sudah dikenal bahkan oleh turis asing. Selain terdiri dari pulau utama, terdapat banyak Gili (pulau-pulau kecil) yang berada di sekitarnya dan layak dijadikan referensi tempat berlibur Anda kedepan. Salah satunya bernama Gili Tangkong, yang terletak di Kecamatan Sekotong, yang masuk dalam kawasan Lombok Barat. Pulau kecil yang terkenal dengan keindahan pantai dan suasana sepi ini cocok Anda jadikan pilihan ketika ingin berlibur bersama keluarga atau pasangan tercinta!

Menuju ke Gili Tangkong Lombok

Gili Tangkong Lombok
Gili Tangkong Lombok

Dari aspek geografis, Gili Tangkong terletak berdekatan dengan tiga Gili lain yaitu Gili Nanggu dan Sudak, dan Kedis. Fakta inilah yang menjadikan keempat pulau tersebut menjadi satu paket wisata yang wajib Anda kunjungi semua nanti. Bagaimana dengan aksesnya? Bagi turis yang berangkat dari Kota Mataram, perjalanan akan memakan waktu sedikit lama karena berjarak sekitar 70 km. Namun tak perlu khawatir, Anda akan ditemani keindahan laut serta udara hangat yang menyertai sepanjang perjalanan. Titik awal keberangkatan adalah di Kota Mataram. Anda bisa menggunakan kendaraan umum jenis apapun untuk menuju ke Dermaga Tawun yang berada di Kecamatan Sekotong. Setelah sampai di pelabuhan lokal ini, tujuan berikutnya tidak lain adalah Pulau Tangkong. Namun kali ini Anda harus menyewa perahu lokal yang disebut ketinting. Sebelum berangkat, pastikan bekal dan perlengkapan sudah cukup karena perjalanan akan menghabiskan waktu yang cukup lama.

Ragam Aktifitas Seru di Gili Tangkong

wisata Gili Tangkong
wisata Gili Tangkong

Setelah sampai di kawasan Gili Tangkong, perahu ketinting akan perlahan berlabuh di pantai sekitar karena memang tidak ada dermaga di pulau ini. Suasana sepi dan keindahan pulau akan membuat Anda takjub seketika itu juga, bahkan sebelum menginjakkan kaki kesana. Ombak terlihat amat tenang dan birunya laut akan menghipnotis semua turis yang berkunjung. Fitur menakjubkan berikutnya adalah pasir putih pantai yang memiliki tekstur lembut. Garis pantai pun cukup landau sehingga terlihat degradasi warna biru muda dengan biru tua yang indah. Beberapa perahu lokal juga terlihat bersandar di pantai, baik itu ketinting maupun perahu layar.

Menikmati keindahan alam hanyalah awal dari petualangan Anda di Pulau Tangkong. Meski lebih sepi dibandingkan pulau-pulau tetangga, bukan berarti pengunjung tidak bisa menikmati kegiatan wisata menyenangkan disana. Yang pertama adalah berkeliling pulau dengan berjalan kaki. Kesegaran dan keindahan alam akan menemani perjalan Anda, jadi tak perlu merasa khawatir merasa bosan atau lelah. Spot terbaik untuk jalan santai adalah di pinggir pantai, terutama di hamparan pasir putih nan eksotis tersebut. Namun pada beberapa bagian, teradapat hamparan pasir berwarna kekuningan yang tak kalah cantik tentunya. Setelah puas berkeliling, aktifitas berikutnya adalah berenang dan snorkeling. Karena memiliki air laut yang jernih serta arus yang cukup tenang, kedua aktifitas tersebut akan menjadi semakin mudah untuk dilakukan siapa saja, bahkan pemula. Hanya satu hal yang perlu Anda pertimbangkan, yaitu perlengkapan snorkeling. Pastikan untuk mempersiapkanya sebelum datang ke Tangkong. Jika mengenai spot terbaik, Anda bisa pilih lokasi mana saja karena semuanya memiliki fitur serupa seperti biota laut dan beberapa karang cantik.

Sudah puas menikmati snorkeling dan berenang? Kini saatnya beristirahat dan menikmati santap siang Anda di pulau Tangkong. Meskipun dikenal sebagai pulau tersembunyi atau sepi, faktanya masih ada fasilitas tempat makan bagi turis. Tidak banyak pengunjung datang ke pulau di hari-hari kerja sehingga suasana terasa seperti di pulau pribadi! Lalu dimana bisa menginap? Sayangnya tidak ada penginapan tersedia disana, sehingga Anda harus sudah mendapatkan kamar di Sekotong sebelum berangkat ke Tangkong.

Pertimbangan Terakhir

Untuk tips, berwisata ke Gili Tangkong harus dilakukan ketika hari cerah, sehingga menunjang kegiatan-kegiatan wisata Anda nanti. Satu lagi, ongkos perahu ketinting sering berubah-ubah tergantung kapan Anda berkunjung kesana. Jika ingin lebih murah, datang saja pada hari-hari kerja dimana tidak banyak turis datang berkunjung. Mengenai akses, sebenarnya cukup mudah untuk menuju ke Tangkong namun Anda bisa pertimbangkan jasa pemandu wisata jika ingin lebih efisien. Namun yang terpenting, bagikan informasi ini ke teman dan keluarga Anda sebagai referensi perjalanan wisata menarik berikutnya. Setuju?