Gili Kedis Sang Pulau Liliput di Lombok Barat

Gili Kedis Sang Pulau Liliput di Lombok Barat

Sebutan Gili di kalangan masyarakat Lombok tentu amat familiar, namun tidak demikian bagi para turis termasuk Anda. Gili merupakan sebutan lain untuk pulau, dan salah satunya bernama Gili Kedis. Meski benar popularitasnya tidak sebaik Gili Trawangan, Air, dan Meno, namun bukan berarti ini tidak layak Anda kunjungi. Lokasi pulau kecil nan indah ini berada di Kecamatan Sekotong Tengah dan masuk dalam kawasan Lombok Barat. Kini kehadiran Kedis menambah marak suasana wisata di Lombok karena menjadi alternatif bagus untuk menikmati keindahan pantai, laut, dan melakukan diving maupun menyelam.

Menuju Ke Gili Kedis

Bagi Anda yang belum pernah berwisata ke Kedis, mungkin Anda akan sedikit kebingungan mengenai akses dan sarana transportasi yang tersedia. Tak perlu khawatir, tujuan pertama Anda tidak lain adalah pelabuhan lokal yang berada di Sekotong Tengah. Jaraknya sekitar 50-60 menit jika Anda berangkat dari Kota Mataram. Perlu diketahui, lokasi pelabuhan bukan di pinggir jalan raya, jadi perlu sedikit usaha untuk sampai kesini.

Setelah sampai, Anda akan menemukan tempat parkir kendaraan beserta hamparan pantai. Di tempat inilah turis bisa membayar jasa angkut perahu motor, yang dapat memuat penumpang setidaknya 6-7 orang (tergantung berat badan masing-masing). Selama perjalanan menuju ke Pulau Kedis, Anda bisa menikmati hamparan laut luas dan suasana tenang. Lama perjalanan sekitar 20 menit, jadi tak perlu khawatir merasa bosan dan kecapekan.

Menikmati Aktifitas Wisata di Gili Kedis

Wisata Ke Gili Kedis
Wisata Ke Gili Kedis

Perahu motor perlahan menepi ke Gili Kedis dan Anda sebagai turis akan takjub dengan keindahan pulau mungil ini. Dari segi ukuran, memang Kedis lebih kecil dibanding gili-gili lainnya. Bahkan untuk berkeliling pulau, Anda hanya perlu menghabiskan waktu beberapa menit saja. Mengesampingkan fakta ukuran ini, keindahan yang ditawarkan tak kalah dengan pulau-pulau sekitar, termasuk pasir putih dan garis pantai yang masih perawan. Untuk fitur pulau, beberapa tanaman semak dan pohon kecil tumbuh di tengahnya. Namun perlu diingat, tidak ada fasilitas maupun sarana apapun disini. Ada juga hamparan karang yang berada di dekat pulau, dan dihiasi dengan ikan-ikan mungil yang berenang di sekitar area tersebut.

Lalu apa yang bisa turis lakukan disini? Pada dasarnya Pulau Kedis cocok untuk menyendiri dan lari dari rutinitas kehidupan modern dan bersantai. Ini karena suasana dan keindahan yang ditawarkan cocok untuk melakukan relaksasi. Selain itu, suasana romantis juga tercipta karena kesunyian serta pemandangan laut disini. Tak dapat dipungkiri, ini menjadi tempat tujuan alternatif untuk berbulan madu (meski tanpa disertai fasilitas memadai). Setelah puas bersantai, mungkin Anda ingin mencoba aktifitas lebih menantang lain yaitu snorkeling dan menyelam. Keindahan bawah laut sekitar Gili Kedis tentu saja amat memikat, disertai dengan jarak pandang air laut yang baik untuk kegiatan tersebut. Untuk peralatannya, Anda bisa menyewa atau bahkan membawanya dari rumah.

Mungkin beberapa dari Anda tidak bisa berenang atau juga tidak menyukai kegiatan air. Jika demikian, aktifitas bersantai di pinggir laut sembari berjemur tentu menjadi pilihan menarik bukan? Namun ingat untuk datang pada saat yang tepat, terutama musim panas, guna menghindari curah hujan yang tinggi. Tips lain, Anda perlu menyiapkan bekal makanan dan minuman sebelum berkunjung ke pulau. Alasannya, sekali lagi, karena tidak ada fasilitas apapun disini. Namun tak perlu khawatir, perkembangan terakhir cukup memuaskan karena sudah tersedia Berugak (tempat bersantai), bangku, dan toilet.

Informasi-Informasi Penting Seputar Gili Kedis

Gili Kedis
Gili Kedis

Berdasar informasi yang tersedia, untuk memasuki kawasan wisata Gili Kedis, Anda perlu membayar tiket pada pihak pengelola. Tujuannya pun positif, yaitu untuk meningkatkan kualitas fasilitas yang akan dibangun secara bertahap dari waktu ke waktu. Dengan demikian, pengunjung pun akan merasa puas dan ingin berkunjung kembali di lain kesempatan.

Setelah membaca informasi seputar Gili Kedis ini, Anda tentu ingin memasukkan pulau ini kedalam daftar tempat kunjungan wisata untuk liburan berikutnya bukan? Akan lebih seru jika berkunjung kesini bersama pasangan, keluarga , atau teman dekat Anda. Satu lagi, sebarkan informasi ini kepada siapapun yang membutuhkan referensi baru untuk berwisata ke Lombok.