Gili Air merupakan satu dari tiga pulau gili terkenal di Lombok. Lokasinya berada di Gili Indah, Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara. Ketika berkunjung di kawasan gili air Lombok anda dapat menikmati keindahan hayati laut Indonesia. Ada banyak keseruan yang menanti untuk anda kunjungi diantaranya anda bisa melihat spot kuda laut, kura-kura, ikan dengan berbagai warna, terumbu karang yang masih terjaga dengan baik, serta berbagai keanekaragam hayati lainnya. Jika anda penasaran, berikut ini beberapa wisata yang dapat anda kunjungi di kawasan gili air :

Apa Saja Yang Ada di Gili Air Lombok ?

Keindahan Taman Bawah Laut Gili Air Lombok

Keindahan Taman Bawah Laut Gili Air Lombok

  • Bersepeda santai mengelilingi pulau.

Bagi anda pecinta alam Indonesia tentunya anda tidak akan berdiam diri ketika berlibur disuatu tempat bukan? Terlebih jika anda berlibur di gili air, suasana pantai yang bersih serta ombak yang tenang membuat anda tidak bosan untuk berlama-lama menghabiskan waktu disekitar pantai. Kawasan gili air cenderung masih sepi sehingga cocok untuk bersepeda di pesisir pantai, karena suasana yang tenang membuat anda bisa bermain sepuasnya tanpa ada yang mengganggu.

  • Jalan santai atau lari

Bagi anda penikmat sunset ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk dapat menikmati sunset di kawasan gili air. Salah satunya dengan jalan santai atau berlari. Suasana matahari tenggelam memang mebuat penikmatnya lupa akan segalanya, rasa lelah setelah berlari maupun jalan santai tadi terbayar seketika dengan keindahan sunset di pantai gili air. Sungguh pengalaman berlibur yang mengesankan dan tidak akan terlupakan.

  • Snorkeling

Tidak dapat dipungkiri bahwa daya tarik para wisatawan lokal maupun mancanegara untuk berkunjung ke kawasan gili air yaitu karena keindahan alam bawah lautnya. Air laut yang masih sangat jernih serta terumbu karang yang masih terjaga kelestariannya membuat pemandangan bawah lautnya seperti di surga. Disini ada banyak jasa operator snorkeling yang akan membantu anda untuk menemukan spot terbaik di kawasan ini. Dan jika beruntung, anda bisa melihat penyu putih yang hidup disekitar pulau gili air.

  • Scuba Diving

Jika anda masih kurang puas dengan snorkeling, maka jangan khawatir karena masih ada penawaran menarik untuk anda yaitu scuba diving atau menyelam. Dengan scuba diving anda akan lebih leluasa menikmati keindahan alam bawah laut di kawasan gili air, karena ada bisa melihat secara langsung terumbu karang beserta ikan yang hidup disekitarnya. Mengenai keamanan pada waktu menyelam, anda tidak perlu khawatir karena operator yang akan mengajari anda merupakan profesional dibidangnya sehingga keamanannya dapat dipertanggungjawabkan.

  • Memancing

Ketika berada di kawasan gili air, jangan heran jika banyak wisata yang ditawarkan berhubungan erat dengan wisata air. Karena kearifan lokal yang disuguhkan pada kawasan ini memang wisata airnya yang masih asri. Salah satu kegiatan menarik tersebut yaitu memancing. Disini ada banyak tempat yang menyediakan peralatan memancing serta jasa penyewaan perahu khusus menuju tempat terbaik.

Beberapa Alasan Anda Harus Berkunjung Ke Gili Air Lombok

Gili di Pulau Lombok

Gili Air Lombok

  • Pantai dengan pasir putih dan bersih

Air yang biru dan jernih serta pasir putih yang masih terjaga kebersihannya membuat anda senang untuk berlama-lama menghabiskan waktu disini. Kawasan gili air memang menyuguhkan suasana pantai yang terkesan mewah karena selain banyaknya fasilitas penginapan, wisata Lombok air, serta kulinernya, lingkungan pantai yang bersih dan asri menciptakan kesan pantai yang mewah layaknya pantai milik pribadi.

  • Pesona alam bawah laut bagaikan di surga

Keindahan alam bawah laut beasal dari keanekaragaman hayati seperti ikan dengan berbagai spesies, terumbu karang yang masih terjaga kelestariannya, pasir putih didasar laut yang menciptakan kesan layaknya berada di taman surga. Keindahan alam bawah laut inilah yang menjadi kearifan lokal dari kawasan gili air.

  • Pulau bebas polusi udara

Menariknya ketika anda berada di kawasan gili air adalah hampir tidak ada aktivitas yang menggunakan kendaraan bermotor. Hal ini bertujuan untuk mencegah polusi udara di kawasan gili air. Oleh karena itu, disediakan banyak kendaraan tradisional untuk aktivitas para wisatarawan. Selain itu, dikawasan ini hanya diperbolehkan menggunakan sepeda sebagai kendaraan untuk sekedar berkeliling atau menikmati keindahan alam sekitar.