Wisata Gili Air Lombok Yang Harus Anda Kunjungi

Wisata Gili Air Lombok Yang Harus Anda Kunjungi

Apakah Anda penggemar wisata Lombok? Bila demikian, tentu Anda pasti tidak asing dengan gugusan pulau-pulau kecil yang berada di sekitar pulau utama, bernama Gili, bukan? Diantara pulau-pulau tersebut, Gili Air merupakan lokasi tepat bila yang Anda cari adalah ketenangan atau suasana damai. Jika dibandingkan dengan Gili Trawangan, nuansa lebih tenang dan terdapat beberapa warung makan serta restoran di pinggir pantai, dimana Anda bisa bersantai sembari menikmati segelas minuman dingin dan mendengar alunan musik menyejukkan hati. Meski cukup tenang dan nyaman, namun suasan agak lebih hidup dibandingkan Pulau Gili Meno.

Akses Mudah ke Pulau Gili Air Lombok

Gili Air Lombok
Gili Air Lombok

Jarak antara Gili Trawangan dan Air cukup dekat, sehingga Anda bisa menyewa kapal tradisional maupun speedboat untuk sampai ditempat wisata ini. Bagi Anda yang berangkat dari Pulau Bali, banyak kapal tersedia di pelabuhan lokal seperti di Padang Bai maupun Sanur. Dari sana, setidaknya butuh waktu 5-6 jam (menggunakan perahu tradisional) dan 3-4 jam (menggunakan speedboat). Dalam perjalanan, Anda bisa mampir ke Pulau Lombok terlebih dahulu atau langsung saja menuju ke Gili Air. Untuk tips, jangan lupa melakukan review operator perahu yang tersedia terlebih dahulu sebelum berangkat.

Menikmati Ragam Kegiatan Menarik di Gili Air

Keindahan Taman Bawah Laut Gili Air Lombok
Gili Air Lombok

Setelah sampai di Gili Air, Anda akan takjub dengan keindahan serta suasana yang ditawarkan. Lalu apa yang bisa dilakukan disini? Ide pertama adalah berkeliling pulau menggunakan sepeda. Tak perlu khawatir, ada tempat persewaan sepeda dan harganya pun cukup terjangkau. Lokasi umum untuk menyewa sepeda adalah di kawasan pelabuhan. Namun jangan lupa untuk menawar harga sewanya ya. Bagi Anda yang menyukai aktifitas seru, kegiatan seperti “kite surfing” adalah pilihan tepat. Anda cukup kunjungi pantai dan menyewa peralatan yang disediakan oleh operator. Pastikan cuaca bagus dan angina berhembus kencang sebelum berselancar dengan parasut tersebut ya. Satu lagi, jangan lupa patuhi segala instruksi yang diberikan oleh sang operator.

Kegiatan menarik berikutnya untuk dilakukan adalah menyelam. Bagi pemula, Anda bisa mengambil kursus menyelam dan memperoleh sertifikasi disini. Ini karena Pulau Gili Air menyediakan beberapa sekolah menyelam bagi turis lokal maupun asing. Keindahan bawah laut seperti terumbu karang berwarna-warni, penyu, dan beragam jenis ikan laut siap membuat Anda takjub!

Jika menyelam terlalu ekstrim bagi Anda, aktifitas snorkeling merupakan alternatif yang bagus. Berkeliling perairan Gili Air secara berkelompok maupun sendiri dengan peralatan snorkeling akan memberikan pengalaman berbeda bagi wisatawan. Untuk spot terbaik, pergilah ke bagian timur pulau dimana puluhan jenis ikan berwarna-warni hidup disini. Setelah menikmati aktifitas-aktifitas berat seperti diatas, selanjutnya Anda perlu rileks dan menikmati suasana tenang Pulau Gili Air. Ada pusat yoga dan meditasi untuk Anda kunjungi! Ini merupakan ide terbaik untuk melepas penat dan lelah Anda selama menjalani aktifitas di Lombok. Pilihan kelas terbaik adalah meditasi dengan fitur cahaya redup lilin. Jangan sampai Anda lewatkan ya. Setelah melakukan yoga dan tubuh kembali segar, rekomendasi kegiatan berikutnya adalah berbelanja. Meski Pulau Gili Air tergolong sunyi, bukan berarti Anda tak bisa temukan toko-toko souvenir. Jumlahnya memang tidak banyak namun barang-barang yang ditawarkan amat menarik seperti kaos lokal, sepatu, aksesoris, dan masih banyak lagi. Untuk harga yang lebih terjangkau, jangan lupa untuk negosiasi atau tawar menawar harga dengan sang penjual.

Kegiatan Penutup di Gili Air

Sebagai kegiatan penutup di sore hari, kunjungi pantai dan temukan sebuah café untuk bersantai sembari menikmati santap kuliner dan minuman lokal. Fitur terbaik adalah fenomena sunset dengan keindahan dan suasana romantisnya! Di malam hari, hamparan bintang terlihat jelas dilangit dan siap menghipnotis semua turis! Ini merupakan pengalaman luar biasa dan memberi kesan puas sebelum Anda beristirahat dan kembali ke kamar penginapan.

Dengan segala daya tarik dan keindahannya, Pulau Gili Air tentu tidak kalah dengan Gili Trawangan, Meno, maupun pulau utama (Lombok). Destinasi tersebut cocok bagi Anda yang ingin merasakan liburan tenang namun dengan dukungan beragam fasilitas menarik. Pulau kecil tersebut cocok bagi keluarga maupun wisatawan solo, serta memiliki akses yang mudah. Asal datang pada musim yang tepat, perjalanan wisata Anda takkan mengecewakan. Tertarik?