Wisata di Daerah Senaru Gunung Rinjani Lombok

Wisata di Daerah Senaru Gunung Rinjani Lombok

Menginap sehari di trawangan, Lombok. Sudah puas dengan bermain-main wisata baharinya, para wisatawan dapat melanjutkan tour wisata ke sebuah desa yang di namakan Desa Senaru, Senaru ialah desa yang terletak di utara Lombok dan menjadi pintu gerbang pendakian ke Gunung Rinjani, Lombok.

Wisata Desa Senaru Gunung Rinjani Lombok

desa senaru gunugn rinjaniDi desa Senaru tersebut, banyak sekali terdapat tempat menginap yang murah, tetapi bagi para wisatawan yang ingin mendaki gunung Rinjani serta membutuhkan porter di tempat penginapan tersebut pun umumnya menyediakan jasa untuk porter. Cuaca di desa Senaru sangat dingin khas cuaca pegunungan, berbagai objek wisata yang ada di kaki gunung Rinjani ini selain gunungnya yang menjadi destinasi utama, terdapat 2 air terjun yang lumayan terkenal, yakni Sendang gila dan Tiu kelep, Sendang gila ialah sebuah air terjun terbaik di Indonesia yang ada di Lombok. Setelah para wisatawan selesai sarapan pagi, bisa melakukan pendakian kecil menuju dua air terjun itu, pintu gerbang ke air terjun tersebut terletak persis di seberang terminal desa Senaru, pada saat memasuki pintu gerbang objek wisata air terjun Sendang gila dan Tiu kelep para pengunjung di kenai biaya masuk. Pihak pengelola pun telah menyiapkan jasa guide untuk melakukan perjalanan ke kedua air terjun itu.

air terjun tiu kelep gunung rinjani

Air Terjun Sendang Gila dan Tiu Kelep di Bawah Kaki Gunung Rinjani

air terjun sendang gila gunung rinjaniAkses jalan ke kedua air terjun sangat mudah, tangga beton telah dibuat dari pintu gerbang kawasan hingga air terjun pertama yakni Sendang gila, nuansa alamnya dan pohon-pohon yang rimbun membuat betah berlama-lama disana, panorama yang sangat indah, fasilitas umum kamar mandi serta gazebo telah tersedia, sayang terdapat pemandangan sampah yang agak mengganggu, jarak tempuh dari pintu masuk ke air terjun sendang gila hanya 35 menit dengan berjalan kaki. Setelah puas melihat panorama alam disekitar objek wisata Sendang gila dan berfoto-foto, para wisatawan dapat memutuskan untuk melanjutkan perjalanan ke air terjun yang ke dua yaitu Tiu kelep, akses jalan ke air terjun kedua lumayan agak sulit, melewati sungai kecil, dan pohon-pohon yang rimbun, tetapi pemandangan ke air terjun tersebut sangat indah dan teduh sekali, Tiu kelep pun menyajikan keindahan eksotis. Panorama alam disekitar yang mengelilingi air terjun tersebut indah sekali, disana lumayan sepi, saat sampai disana tak ada pengunjung, wisatawan yang datang menyempatkan diri mandi, airnya dingin sekali, tapi sangat segar. Jarak tempuh ke air terjun Tiu kelep dari Sendang gila kira-kira 30 menit, kedua air terjun tersebut mempunyai banyak perbedaan, dan keduanya mempunyai keindahan yang sangat luar biasa.

Save