Wisata Desa Sukarara Lombok Yang Wajib Anda Kunjungi

Wisata Desa Sukarara Lombok Yang Wajib Anda Kunjungi

Selain memiliki keanekaragaman pesona alam yang indah, Pulau Lombok juga terkenal dengan kerajinan tenunnya. Desa Sukarara merupakan desa wisata tenunan di Pulau Lombok. Desa ini berlokasi di Kecamatan Jonggat, Kabupaten Lombok Tengah, Lombok. Lokasi ini berdekatan dengan Pantai Kuta, Tanjung Aan, Desa Sade, dan Desa Banyumulek. Apabila anda mengunjungi desa ini, maka akan anda temui banyak wanita yang mahir dalam membuat kerajinan tenun khas Lombok.

Keunikan Tenunan Khas Desa Sukarara Lombok

Wisata Ibu Kristin di Desa Sukarara Lombok
Desa Sukarara Lombok

Desa Sukarara adalah desa penghasil kerajinan tenun songket khas Pulau Lombok yang sangat terkenal. Beberapa keunikan dari Desa Sukarara dan hasil kerajinannya menjadikan tempat ini wajib anda kunjungi saat anda berada di Pulau Lombok. keunikan tersebut antara lain:

1. Tenun songket adalah kain tenun yang dibuat melalui teknik menambahkan benang pakan dengan benang sintetis sebagai hiasan, biasanya berwarna emas atau perak. Hiasan tersebut disisipkan diantara benang lusi. Kadang hiasan ini berupa manik – manik, kerang, atau bahkan uang logam.

2. Benang yang digunakan dalam menenun adalah benang – benang pilihan yang sudah terbukti kekuatannya.

3. Selain itu, kain tenun khas Desa Sukarara ini tidak mudah luntur karena pewarna yang digunakan terbuat dari bahan – bahan alami yang diambil dari tumbuhan.

4. Dalam proses pembuatannya, kain tenun songket ini membutuhkan kehati – hatian yang cukup besar, dibutuhkan waktu satu minggu sampai satu bulan untuk penenun menyelesaikan satu kain katun songket.

5. Kain tenun songket khas Desa Sukarara ini telah menjadi bagian dari komoditi Pulau Lombok yang sudah terkenal di pasaran luar negeri.

6. Motif – motif songket yang ditawarkan dari hasil kerajinan di Desa Sukarara ini sangat beragam, misalnya motif kembang delapan, motif ayam, motif tokek (merupakan simbol keberuntungan), motif kembang empat, motif pakerot horisontal, motif trudak warna violet, dan motif – motif lainnya. Setiap motif yang dibuat mempunyai makna masing – masing.

7. Selain menghasilkankain tenun songket, masyarakat Desa Sukarara juga memproduksi kain tenun ikat. Bahan kain tenun ikat adalah dari katun, waktu pengerjaannya pun juga tidak lama. Untuk 3 meter tenun ikat hanya diperlukan waktu satu hari.

8. Kain tenun yang dihasilkan para penenun di Desa Sukarara ini rata – rata adalah buatan home industri (dikerjakan di rumah). Hampir setiap rumah di Desa ini memiliki alat tenun sendiri. Profesi penenun ini hanya digeluti oleh kaum wanita saja, sedangkan kaum pria sebagian besar bekerja sebagai petani.

9. Hal unik lain yang dimiliki desa ini adalah tradisi yang dimiliki secara turun temurun. Di desa ini, hampir semua perempuan bisa menenun dan tidak mau bekerja di luar daerahnya.

Hal ini dikarenakan sebuah tradisi yang mengharuskan kaum wanita Desa Sukarara bisa serta ahli dalam menenun, jika mereka belum menguasai cara menenun maka mereka belum diperbolehkan untuk menikah. Jadi mereka akan boleh menikah jika mereka sudah mahir dan pandai menenun. Selain itu, wanita yang menikah di desa ini diwajibkan untuk menggunakan songket karena songket dianggap sebagai lambang kelanggengan suatu hubungan.

Menuju Wisata Desa Sukarara Lombok

Wisata Ibu Dian Mengunjungi Desa Sukarara Lombok
Wisata Desa Sukarara Lombok

Anda bisa mengunjungi Desa Sukarara Lombok ini dengan menggunakan kendaraan pribadi anda atau juga menggunakan kendaraan umum. Jika anda menggunakan kendaraan pribadi, Anda dapat menempuh melalui jalur Mataram-Cakaranegara-Kediri-Sukarara. Sedangkan apabila Anda menggunakan angkutan umum, maka naiklah angkutan dengan jurusan Mataram-Bertais, kemudian angkutan jalur Bertais-Praya lalu turun di terminal bus Renteg. Dari terminal bus ini lanjutkan perjalanan Anda ke Desa Sukarara dengan menaiki Cidomo.

Desa ini menyuguhkan wisata adat khas Pulau Lombok yaitu Tenun Songket. Di Desa ini, selain pemandangan alam asli yang disuguhkan desa ini, anda juga bisa menikmati beragam hasil tenun songket khas Pulau Lombok. Anda juga bisa menyaksikan proses pembuatan nya di rumah – rumah para penenun. Hampir semua rumah di Desa ini memiliki alat tenun tradisional dan penjadi penenun yang ahli. Anda wajib mengunjungi tempat ini saat berlibur di Pulau Lombok karena tempat ini menjamin liburan anda tidak mengecewakan. Desa sukarara menawarkan sejuta pesona yang tentu saja patut anda nikmati. Siapkan semua yang dibutuhkan agar anda bisa segera datang ke pulau lombok tempat desa ini berada