Ini Dia Wisata Desa Senaru Lombok Yang Unik

Saat kita mendengar kata Lombok apakah yang terlintar di pikiran anda? Pulau yang penuh dengan berbagi tempat wisata nan indah. Desa Senaru hanya lah satu dari banyak desa yang memiliki tempat wisata memukau di daerah Lombok Utara, desa ini terletak di kecamatan Bayan lebih tepatnya. Ada banyak destinasi wisata yang bisa anda temukan dan nikmati di desa ini. Mulai dari wisata alamnya yang menawarkan kesegaran alami, ada air terjun Sendang Gile dan air terjun Tiu Kelep. Sampai wisata budaya nya yang tak kalah menarik untuk anda sambangi.

Bagi anda yang pernah mendaki Gunung Rinjani, mungkin Desa Senaru terdengar familiar. Benar sekali, desa ini merupakan pintu masuk jalur pendakin bagi pendaki yang akan ke Gunung Rinjani. Mari kita kenali satu persatu temapat wisata yang ada di desa ini:

Air Terjun Sendang Gile dan Tiu Kelep di Desa Senaru

Air Terjun Sendang Gile Lombok
Air Terjun Sendang Gile Lombok

Air terjun Sendang Gile merupakan air terjun yang berketinggian 600 meter diatas permukaan air laut, sedangkan tingginya dihitung dari dasar sungai sekitar 31 meter. Asal-usul nama dari air terjun ini berasal dari nama sengang gile yang artinya singa gila. Namun, seiring waktu pelafalan sengang gile ini berubah menjadi Sendang Gile. Karena pada saat itu orang pertama yang menemukan air terjun ini adalah orang yang sedang memburu singa yang baru saja memporak-poranda kan sebuah kampung dan kabur ke hutan.

Air terjun Tiu Kelep merupakan air terjun yang juga masih sangat alami, serta tempat wisata yang cocok bagi anda yang gemar berenang di air terjun. Air kolam yang berada dobawa air terjun ini dalmnya hanya sepinggang orang dewasa, batu dikolam nya pun tidak tajam. Sehingga anda dapat berenang dengan aman dan leluasa. Pepohonan disekitar air terjun ini pun masih sangat rimbun dan lebat, sehingga kesegaran air nya masih sangat terasa disini

Berwisata Budaya di Desa Senaru

Wisata di Desa Senaru
Wisata di Desa Senaru

Tak hanya dikenal dengan wisata alamnya, Desa Senaru yang merupakan pintu masuk ke Gunung Rinjani ini juga memiliki Wisata Budaya yang sangat menarik untuk dilewatkan. Budaya dan religi di desa ini memang dikenal masih sangat kental. Salah satu buktinya adalah adanya Bayan Baleq, sebuah masjdi tua yang dibangun sekitar abad ke-17. Disekitar masjid ini juga terdapat beberapa makam keramat. Masjid ini masih sering dijadikan tempat beribadah bagi warga sekitar meskipun usia nya sudah 300 tahun. Selain Bayan Beleq ini ada juga kaang Bajo, Semacam rumah adat gubug. Rumah ini biasanya ditempati oleh para pemangku adat setempat maupun para tetua masyaratakat yang biasa disebut dengan Toak Lokak. Karena Jarak desa ini nya lumayan jauh dari Kota Mataram, yaitu sekitar 2-3 jam, disana juga ada beberapa homestay yang bisa kita pakai untuk beristirahat. Ibarat Peribahasa “ Sekali dayung, dua tiga pulau terlampaui”, di Desa Senaru ini sekali berkunjung kita bisa mengunjungi tiga tempat wisata sekaligus.

Dimulai dari air terjun Sendang Gile, Air terjun Tiu Kelep, serta wisata budaya di desa ini. Bagi anda yang ingin menikmati keindahan ketiga wisata ini maka rencanakanlah dengan matang, agar saat anda berkunjung kesana tidak ada kendala. Bagi anda yang berniat untuk mendaki Gunung Rinjani, anda juga bisa mampir ke desa ini setelahnya sebagai tempat liburan. Bagi anda karyawan yang tinggal dikota besar dengan segalam macam kesibukannya. Tempat wisata di desa ini akan sangat membantu anda melepas stress dan lelah karena pekerjaan yang tak ada habisnya. Anda akan dimanjakan dengan dingin dan segarnya air kolam dari air terjun Sendang Gile dan air terjun Tiu kelep yang memukai sejauh mata memandang, setelah itu anda dapat menikmati istirahat di sekitar desa budaya Senaru yang memberikan nuansa religi yang kental serta susana yang menyejukkan. Semoga informasi diatas dapat membantu anda menentukan tempat wisata yang paling cocok untuk menghabiskan waktu liburan bersama orang tercinta.

Ingin sesuatu yang sempurna ? Bila iya tentu saja mengunjungi desa senaru lombok bisa menjadi pilihan. Tempat ini menawarkan pesona alam yang sangat indah sehingga anda akan senang datang kesini