Berwisata ke Lombok memang tidak ada habisnya karena ada banyak spot terbaik yang bisa dikunjungi. Tidak hanya pantai atau air terjun tapi ada satu tempat asyik yang bisa anda kunjungi yaitu Sembalun Lombok sebagai salah satu desa yang ada di wilayah Lombok Timur. Desa ini biasa menjadi tempat peristirahatan bagi para wisatawan yang berkunjung atau mendaki Gunung Rinjani. Karena desa ini memang dekat dengan Gunung Rinjani maka tak heran jika pemandangan disini sangat indah dan udaranya sangat sejuk dan segar. jadi pastinya orang yang beristirahat disini akan merasa betah dan ingin berlama-lama.

Keindahan Alam Paling Mempesona dari Sembalun Lombok

Mungkin namanya memang tak terlalu terkenal dibandingkan pantai atau air terjun. Tapi desa ini memiliki keindahan luar biasa yang tidak kalah dengan berbagai kawasan wisata lainnya di Lombok. Desa ini memiiki suhu sejuk sehingga menjadi tempat paling favorit sebagai titik awal pendakian para petualang yang ingin menaklukkan Gunung Rinjani sebagai gunung tertinggi kedua di Indonesia ini. karena itu dalam perjalanan menuju desa ini butuh waktu selama 4 jam dan selama itu anda tidak akan ada habisnya disuguhi dengan pemandangan alam hijau yang sangat segar.

Keindahan alam yang sangat mempesona dari desa ini adalah pemandangan jalan yang berkelok-kelok, terdapat pula keindahan dari hutan yang masih terawat dan asri. Adapun ladang pertanian yang sangat indah dan menyejukkan mata. Bahwa pada ladang tersebut ditanam berbagai jenis sayuran secara bertingkat-tingkat sehingga memberikan nuansa pedesaan yang masih kental dan sangat asri. Serta pemandangan laut yang juga bisa dilihat dari sini.

Desa ini pun dikelilingi oleh tebing batu yang memiliki kemiringan 90 derajat. Tebing ini pun merupakan hasil dari pembekuan materi letusan atau juga muntahan dari Gunung Rinjani pada beberapa tahun lalu. Sehingga tebing tersebut justru memberikan keindahan yang sangat unik dan eksotis, ditambah pemandangan pepohonan hijau dari vegetasi pegunungan.

Fasilitas di Desa Sembalun yang Memuaskan

Tidak hanya sebagai sebuah desa tempat tinggal para penduduk yang mayoritasnya adalah petani, tapi desa ini juga merupakan sebuah tempat peristirahatan bagi para pendaki Gunung Rinjani. Sehingga tak heran jika disini tersedia fasilitas yang memuaskan bagi para pendaki atau wisatawan lainnya. dengan tersedianya penginapan sebagai tempat istirahat pendaki memberikan rasa lebih nyaman saat beristirahat karena juga disuguhkan dengan pemandangan alam yang menyegarkan. Sehingga proses istirahat untuk mengumpulkan tenaga sebelum melanjutkan perjalanan menjadi lebih kuat.

Di desa ini anda akan bertemu para penduduk Sembalun yang lebih ramah dan bersahabat, sehingga anda tidak akan merasa canggung untuk meminta tolong atau saling bercengkrama dengan mereka. Bahkan anda bisa menambah pengalaman dan kesan yang lebih berharga dengan saling berinteraksi bersama penduduk Sembalun. Pastinya anda tidak akan merasa bosan berada di sini karena anda juga bisa menikmati wisata kuliner khas Lombok sambil menunggu waktu istirahat anda untuk melanjutkan pendakian.

Yang Harus Disiapkan Saat Akan Berwisata

Jika anda ingin melakukan pendakian menuju puncak Gunung Rinjani Lombok maka tentunya persiapkan perbekalan dan juga peralatan anda secara matang. Anda perlu membawa mantel yang lebih tebal karena cuaca di pegunungan akan terasa sangat dingin. Begitupun jika anda bertujuan berkemah maka anda bisa membawa peralatan lebih lengkap. Jangan lupa untuk membawa obat-obatan.

Pada pendakian pertama maka anda bisa beristirahat di desa Sembalun Lombok dan disana anda bisa mengoptimalkan kembali stamina anda sehingga anda bisa beristirahat lebih lama. Anda juga bisa menikmati perbekalan yang anda bawa disini. Jika anda melupakan beberapa perbekalan anda maka anda bisa meminta bantuan saat berada di Desa Sembalun ini. jadi pastikan liburan anda akan terasa lebih menyenangkan. Dan anda akan merasakan kesan berbeda yang takkan pernah terlupakan.