Home - Blog - Wisata Danau Segara Anak Gunung Rinjani Lombok

Wisata Danau Segara Anak Gunung Rinjani Lombok

segara anak gunung rinjani Danau Segara Anak adalah sebuah danau yang cukup luas yang terletak di ketinggian kawasan Gunung Rinjani. Danau ini dahulu kala adalah sebuah kawah raksasa yang berdiameter sekitar 10 km. Kawah ini terbentuk akibat letusan Gunung Rinjani di masa lampau dan menciptakan lubang kawah yang sangat besar. Dari bekas letusan gunung tertinggi di Pulau Lombok itulah kemudian terbentuk Danau Segara Anak yang memiliki kedalaman sekitar 230 meter. Airnya yang sangat jernih dan berwarna biru adalah salah satu alasan mengapa danau ini diberi nama Danau Segara Anak. Dengan ukurannya yang sangat luas, air yang menghampar di Danau Segara Anak memang terlihat seperti laut namun berada di atas gunung. Keunikan inilah yang banyak menarik minat para wisatawan untuk datang ke tempat ini. Danau Segara Anak juga menjadi sumber air dari beberapa air terjun yang ada di kaki Gunung Rinjani. Aliran air yang besar dari danau ini mampu menciptakan air terjun yang eksotis di bawahnya.

segara anak lombokWisata Danau Segara Anak, pengunjung tidak hanya bisa menyaksikan keindahan alam sekitarnya saja. Tetapi juga dapat melakukan aktifitas lain seperti memancing. Karena di Danau Segara Anak memang banyak terdapat ikan air tawar yang bisa dipancing, seperti ikan mas dan ikan mujair. Kekayaan hayati di dalam danau ini memang kerap dimanfaatkan oleh para pendaki gunung untuk memenuhi kebutuhan perbekalan. Selain sebagai obyek wisata, Danau Segara Anak juga sering digunakan sebagai lokasi perkemahan. Bagian landai yang ada di sekitar danau memang sangat cocok untuk mendirikan tenda. Selain itu kebutuhan sumber air tawar bagi para peserta perkemahan juga bisa dengan mudah tercukupi.

danau segara anakKarena beberapa kelebihan Danau Segara Anak sebagai lokasi perkemahan tersebut, lokasi ini juga sering dipilih oleh para pendaki yang hendak menuju ke puncak Gunung Rinjani sebagai tempat beristirahat. Fungsinya sebagai pos peristirahatan memang sudah cukup terkenal diantara para pendaki. Sehingga di bulan-bulan tertentu lokasi perkemahan di sekitar Danau Segara Anak akan dipenuhi oleh tenda-tenda dari para pendaki dan pecinta alam sebelum melanjutkan pendakian ke puncak Gunung Rinjani.

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 5.0/5 (1 vote cast)
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 0 (from 0 votes)
Wisata Danau Segara Anak Gunung Rinjani Lombok, 5.0 out of 5 based on 1 rating

Kami tunggu komentar Anda

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>