Wisata Bendungan Pengga Lombok Yang Indah

Bendungan Pengga merupakan salah satu destinasi wisata di Pulau Lombok. Namun berbeda dengan spot-spot wisata lainnya di Lombok yang kebanyakan adalah pantai atau gili, ini merupakan destinasi wisata buatan manusia. Bendungan ini berlokasi di desa Pelambik, Praya Barat, Lombok Tengah. Telah berdiri sejak 18 tahun yang lalu, bendungan ini jian ramai dikunjungi wisatawan dari berbagai tempat baik itu kota-kota di Indonesia maupun mereka yang datang dari luar negeri. Meskipun destinasi wisata yang satu ini merupakan buatan tangan manusia, namun ia tetap memiliki pesona tersendiri yang tidak kalah dengan objek wisata lainnya di Pulau Lombok.

Bendungan Pengga pada awal pembuatannya tidak dimaksudkan sebagai destinasi wisata melainkan untuk mengatasi gagal panen masyarakat setempat. Bendungan ini memiliki fungsi yang cukup vital karena ia berperan sebagai irigasi dan juga pengendali banjir. Sejak adanya bendungan inilah, kondisi gagal panen di wilayah Lombok Tengah bagian Selatan bisa teratasi. Kini, bendungan ini tidak hanya berperan untuk mengatasi masalah pertanian saja. Ia kini banyak dikunjungi wisatawan lantaran menyuguhkan keindahan alam yang sangat mempesona.

Keindahan Yang Ditawarkan Bendungan Pengga

Meskipun ia sebuah bendungan, namun disini kita bisa menyaksikan berbagai keindahan sama halnya seperti saat sedang berada di salah satu spot wisata menarik di Pulau Lombok. Jadi, jika sedang berlibur ke Lombok Tengah atau Loteng, bisa sekalian mampir ke bendungan yang dibuat dengan sangat kokoh. Bahkan kekokohannya sudah terbukti dengan masih baiknya bangunan bendungan ini sampai saat ini. Lalu apa saja yang bisa kita nikmati kala berwisata ke Bendungan Pengga?

Panorama hijau

Di Lombok Tengah memang seringkali mengalami kekeringan terutama diarea sawah yang menjadi lahan pertanian warga. Namun di Bendungan inilah, kita juga bisa melihat sisi lain dari Praya yaitu hijaunya pemandangan bukit-bukit disekeliling bendungan. Dibukit-bukit inilah banyak terdapat pepohonan besar nan rindang. Karena pohon inilah, kita bisa merasakan segarnya udara. Jadi, saat berwisata ke bendungan ini tidak perlu takut merasa kepanasan karena udaranya masih terbilang sejuk berkat perbukitan hijau yang dipenuhi pepohonan rindang.

Pemandangan lain di musim kemarau

Nah, jika kebetulan kita berkunjung saat musim kemarau, maka kita bisa melihat dataran Praya dimana kontur tanahnya seperti terbelah. Bagi wisatawan lokal mungkin pemandangan ini bukanlah pemandangan yang unik. Namun pemandangan semacam ini menjadi salah satu daya tarik bagi para wisatawan lokal karena dianggap panorama yang eksotis.

Memancing sepuasnya

Ini dia keistimewaan lain yang ditawarkan Bendungan Pengga. Warga disini berinisiatif untuk memelihara ikan diair bendungan sehingga wisatawan juga bisa memancing sambil menikmati panorama sekitar. Bagi para mancing mania, memancing ikan di bendungan ini bisa memunculkan sensasi yang berbeda. Jadi, patut untuk dicoba.

Area bermain anak

Bendungan Pengga selain menyuguhkan berbagai keindahan juga menawarkan area bermain yang ramah anak. Area bukit yang ditumbuhi pepohonan hijau yang berada disekitar bendungan bisa menjadi spot yang tepat untuk membawa serta keluarga besar dan anak-anak tercinta.

Mengapa Bendungan Pengga Layak Untuk Dikunjungi?

Banyak yang berfikir bahwa Pulau Lombok punya banyak kekayaan alam yang indah tiada tara, lantas mengapa harus berkunjung ke Bendungan Pengga? Jawabannya simpel saja. Biasanya Pulau Lombok menghadirkan jenis wisata bahari yang mendominasi seperti halnya wisata ke pantai atau gili. Nah, Bendungan Pengga menawarkan wisata bahari namun dengan sensasi yang unik karena dalam bentuk bendungan yang merupakan buatan manusia.

Bendungan Pengga menjadi spot wisata unik di Pulau Lombok khususnya bagian Barat. Ragam kegiatan menarik bisa anda lakukan selama berada di bendungan yang kokoh ini mulai dari memancing sampai menikmati pemandangan bukit. Untuk itu, jika anda ingin segera berkunjung ke destinasi wisata yang unik ini, maka segera rencanakan liburan anda bersama kami, Lombok Tour Plus sekarang juga. Kami hanya menawarkan paket wisata Lombok terbaik untuk anda.