Wisata Alam Air Terjun Sendang Gile Lombok

Wisata Alam Air Terjun Sendang Gile Lombok

Provinsi Nusa Tenggara Barat dikenal memiliki wisata alam yang indah. di Kabupaten Lombok Utara misalnya, tepatnya di desa Senaru, Kecamatan Bayan. Terdapat air terjun Sendang Gile yang berketinggian 600 meter diatas permukaan air laut, sedangkan tingginya dihitung dari dasar sungai sekitar 31 meter. Air terjun ini terdiri dari dua tingkatan, yaitu tingkatan pertama yang dimulai dari atas tebing sampai ke kolam yang ada di bawahnya. Lalu tingkatan keduanya dimulai dari kolam pertama dan mengalir sampai sungai yang berada di bawahnya.

Asal-Usul Nama Air Terjun Sendang Gile Lombok

Wisata Air Terjun Sendang Gile
Wisata Air Terjun Sendang Gile

Penduduk sekitar sering menyebut air terjun ini dengan nama Batu Ko’ yang artinya batu kerbau. Menurut legenda yang dipercayai masyarakat sekitar Sendang Gile ini dulunya adalah tempat mandi para bidadari yang turun ke bumi. Ada juga cerita lain yang beredar dan menyebut air terjun ini dengan nama sengang gile yang artinya singa gila. Namun, seiring waktu pelafalan sengang gile ini berubah menjadi Sendang Gile. Karena pada saat itu orang pertama yang menemukan air terjun ini adalah orang yang sedang memburu singa yang baru saja memporak-poranda kan sebuah kampung dan kabur ke hutan. Mitos yang beredar diantara masyarakat setempat, menyebutkan bahwa kita akan kelihatan lebih muda satu tahun dari usia kita sekarang kalau membasuh muka di air terjun ini.

Air terjun ini merupakan pintu masuk bagi para pendaki yang ingin mendaki Gunung Rinjani, berada di kawasan desa Senaru, jaraknya sekitar 2 kilometer dari desa Bayan. Air terjun ini masih sangat sejuk dan alami, karena air dari air terjun Sendang Gile memang berasal dari mata air yang ada di Gunung Rinjani. Oleh karena itu, air terjun ini juga merupakan bagian dari Kawasan Taman nasional Gunung Rinjani. Kesegaran dan kejernihan air terjun ini akan membuat orang yang merasakannya ingin kembali kesini, Apalagi mitosnya, jika kita mencuci muka di air terjun ini maka kita akan menjadi awet muda. Keindahan pepohonan hijau serta semak-semak belukar disekitar nya pun tak henti memberikan pemandangan yang menyegarkan mata setiap orang yang melihatnya. Bagi pecinta wisata menantang, jalur menuju ke air terjun ini pun patut dicoba. Kawasan air terjun ini masih sangat alami sekali dilihat dari fasilitas yang tersedia disana, belum ada terlalu banyak toilet, hanya ada 1 kamar mandi, dan 1 ruang ganti. Tempat berteduhnya pun cuma sekedar rumah panggung sederhana yang kapasitas nya kecil. Jadi disarankan jika mau kesini jangan saat musim hujan.

Akses Yang Dapat Ditempuh Untuk Mencapai Air Terjun Sendang Gile

  • Jalur dengan ratusan anak tangga
    Jalur pertama yang dapat dilalui untuk mencapai air terjun ini yaitu jalur dengan ratusan anak tangga dengan ketinggian kurang lebih 40 meter. Setelah itu kita harus melewati sebuah lembah yang memakan waktu 15 menit melalui jembatan yang berlubang. Jika tidak mau lewat sini, masih ada jalan lain yang bisa kita lewati.
  • Jalan Alternatif
    Jalan alternatif lain yang bisa kita pilih untuk menuju ke air terjun ini, selain jalan dengan ratusan anak tangga adalah mengikuti saluran irigasi dengan menyusuri pinggiran lembah yang lumayan curam permukaannya, lalu melewati jembatan yang dibuat dari rotan.

Satu lagi hal yang harus anda perhatikan jika anda ingin berlibur kesana, siapkan makanan sendiri dari rumah, atau belilah beberapa saat di kota kalau tidak ingin kekurangan makanan. Disana jarang ada penjual makanan. Semoga informasi diatas dapat membantu anda dalam merencanakan liburan ke wisata alam, terutama air terjun. Indonesia dikenal dengan wisata alamnya yang indah, air terjun Sendang Gile hanyalah salah satu dari sekian banyak air terjun yang ada di negara kita ini. Tempat wisata juga membantu kita menarik banyak pengunjung dari berbagi negara ke Indonesia dan memperbaiki perekonomian negara, jadi sebaiknya kita jaga baik-baik Tempat wisata kita ini. Menikmati boleh, tapi jangan dirusak.

Air terjun sendang gile memang luar biasa indah. Itulah mengapa banyak yang rela datang kesini untuk berwisata dan banyak yang kembali lagi karena memang indah sekali pesonanya