Yuk Wisata Air Terjun di Desa Senaru Dijamin Menyenangkan

Yuk Wisata Air Terjun di Desa Senaru Dijamin Menyenangkan

Lombok memang tidak pernah kehabisan objek wisata yang memikat hati wisatawan. Selain terkenal dengan pantai-pantainya yang indah, Lombok juga memiliki desa wisata yang sering menjadi tujuan wisatawan yang berkunjung ke Pulau Lombok.

Daya tarik yang dimiliki desa wisata yang terletak di Kabupaten Lombok Timur ini yaitu tiga air terjun diantaranya Air Terjun Sendang Gile, Air Terjun Tiu Kelep, Air Terjun Batara Lejang.

Air Terjun Sendang Gile

Wisata Air Terjun Sendang Gile
Wisata Air Terjun Sendang Gile

Menurut cerita yang beredar, Sendang artinya singa dan gile artinya gila. Jaman dahulu, ada seekor seinga gila yang kabur ke air terjun ini. Warga lalu mengejar dan menemukan air terjun indah ini. Dari situlah air terjun ini dinamakan Air Terjun Sendang Gile.

Air Terjun Sendang Gile terletak 600 meter dari kaki Gunung Rinjani. Air terjun ini merupakan air terjun terindah di Lombok yang dihiasi bukit. Air terjun jernih ini menjadi sumber pengairan sawah di sekitarnya. Air yang mengalir dari ketinggian 30 meter ini berasal dari Danau Sagara Anak.

Untuk mencapai air terjun ini sangatlah mudah. Anda tinggal berjalan selama 15 menit dari pintu masuk wisata alam nasional Gunung Rinjani. Sepanjang perjalanan anda akan disuguhi pemandangan hutan lebat yang termasuk kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani. Meskipun lebat, jalur menuju air terjun jelas dan mudah dijangkau. Namun, anda juga dapat meminta pemandu wisata menemani anda.

Jalan setapaknya dipenuhi tangga sehingga mempermudah perjalanan anda. Namun saat sudah mendekati air terjun, anda akan menemukan banyak batu besar dan licin. Sehingga anda harus berhati-hati agar tidak tergelincir.
Air terjun ini memiliki dua tingkatan. Tingkatan pertama airnya berasal dari tebing yang langsung jatuh ke kolam di bawahnya. Lalu tingkatan kedua air dari kolam yang turun ke bawah. Jika anda berdiri di tempat yang lebih tinggi, anda dapat menikmati keindahan air terjun yang dikelilingi hutan alami ini dengan leluasa. Anda juga dapat menikmati pemandangannya sembari duduk santai di atas batu.

Air Terjun Tiu Kelep

Wisata Air Terjun Tiu Kelep Lombok
Wisata Air Terjun Tiu Kelep Lombok

Setelah puas bermain di air terjun sendang gile, anda dapat melanjutkan perjalanan ke Air Terjun Tiu Kelep dengan berjalan kaki selama 45 menit. Jalan menuju air terjun yang terletak di antara dua air terjun ini harus melalui tangga curam dan sungai dangkal. Di sungai kecil yang memiliki aliran air tenang ini anda dapat merasakan sejuknya air sungai di kaki anda.

Nama air terjun Tiu Kelep sendiri berasal dari bahasa Sasak. Tiu yang berarti kolam dan Kelep yang berarti terbang. Tiu Kelep dapat dimaknai sebagai kolam tempat buih-buih berterbangan. Pada saat-saat tertentu diantara buih-buih air yang berterbangan itu muncul pelangi yang menjadi daya tarik bagi wisatawan.

Air dari air terjun ini akan jatuh melewati tebing miring berlumut hijau yang membentuk air terjun sendang gile. Letaknya yang berada di tengah hutan membuat air terjun ini dipenuhi pemandangan alam hutan yang khas. Membuat anda merasakan sensasi berbeda saat berada di sini. Meskipun sering dikunjungi wisatawan, keaslian hutannya tetap terjaga sehingga suasana hutannya masih sangat terasa.

Air terjun-air terjun yang berada di kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani Desa Senaru ini dapat menjadi salah satu opsi destinasi wisata anda setelah menikmati keindahan alam dan bahari di pantai-pantai yang berada di Pulau Lombok.

Save

Save