Wisata ke Lombok Yang Menyenangkan

Wisata ke Lombok adalah pulau di Nusa Tenggara dan di Kepulauan Sunda Kecil yang dipisahkan oleh Selat Lombok dari Bali dan Selat Alas dari Sumbawa. Pulau Lombok berbentuk seperti bulatan dan ada semacam ‘ekor’ yang menyertainya di sisi barat daya dengan panjang kurang lebih 70km. Kota utama pulau ini adalah kota Mataram.

Lombok saat ini telah menjadi favorit para wisatawan baik dari luar negeri dan mancanegara. Anda pun tidak boleh melewatkan Lombok sebagai tujuan wisata kala liburan nanti.

Berikut beberapa objek tujuan wisata ke Lombok yang harus Anda kunjungi:

Wisata ke Lombok

danau segara anak rinjani lombok

1. Danau Segara Anak
Pulau Lombok memang terkenal dengan pantainya, tetapi tahukah Anda bahwa Lombok memiliki danau yang unik? Ya, Anda wajib mencantumkan tujuan wisata Danau Sagara Anak ketika ke Lombok. Danau Sagara terbentuk di kaldera Gunung Rinjani yakni pada ketinggian 3775 mdpl. Keindahan Danau Sagara Anak dan Gunung Rinjani dan sekitarnya memikat para wisatawan untuk mendakinya, tidak hanya itu ada juga yang senang memancing di danau ini karena ada banyak ikan.

Selain itu, terdapat kerucut batu di tengah-tengah Gunung Sagara Anak yang disebut sebagai Gunung Baru Jari. Sekitar tujuh tahun silam, gunung ini pernah meletus pada tahun 2004.

Wisata ke Lombok

pantai kuta lombok

2. Pantai Kuta
Tidak hanya Bali yang memiliki Pantai Kuta tetapi juga Lombok. Pantai Kuta lombok memiliki pasir yang benar-benar putih terletak di Desa Kuta. Di pantai ini, Anda tidak hanya bisa melihat keindahan alam yang ada tetapi juga upacara Suku Sasak setiap setahun sekali, namanya Upacara Bau Nyale. Dalam upacara Bau Nyale tersebut, para pelaut akan mencari cacing Nyale di laut. Menurut cerita legenda yang ada, ada seorang putri bernama Putri Mandalika yang mana banyak pemuda dan pangeran yang ingin menikahinya. Tetapi karena dia tidak bisa mengambil keputusan, akhirnya Mandalika terjun ke laut. Ia pun berjanji untuk datang setiap setahun sekali. Cacing Nyale tersebut adalah rambutnya yang panjang.

3. Pantai Surga
Pantai Surga sesuai dengan namanya karena pemandangan alamnya yang sangat indah dan pantainya yang berpasir putih serta bersih. Pantai ini terletak di wilayah Lombok Timur, tepatnya di Jerowaru yang berjarak sekitar 50km dari kota Selong. Tempat ini sangat cocok untuk surfing bagi Anda yang hobi berselancar. Selain Pantai Surga, di Lombok Timur juga terdapat Pantai Kaliantan, Pantai Cemara, Pantai Heaven on Planet, dan ada daerah budidaya perikanan yakni Teluk Ekas, kawasan Gili Indah.

4. Pantai Cemara
Pantai ini terletak antara Pantai Surga dan Tanjung Ringgit di Lombok Timur. Banyak yang belum mengenal tempat ini, baik orang Lombok itu sendiri dan apalagi yang dari luar Pulau Lombok. Hal ini disebabkan lokasi wisata ini yang cukup terpencil dan akses menuju tujuan wisata ke Lombok ini sulit.

Pantai Cemara ini masih ‘perawan’, memiliki pasir putih seperti tepung terigu yang terhampar luas di bawah langit biru. Wisata ke Lombok Anda pun bisa melihat Samudera Hindia secara langsung dengan cara menyewa boat dari pantai, Anda pun akan mebelalakkan mata melihat air yang biru dan karang-karang laut terukir indah!

Save