Hutan pusuk terletak pada kawanan ratusan monyet jinak berekor panjang yang menghuninya. Hutan ini masih terjaga alami dengan kesejukan yang dimilikinya. Wisata pusuk dikenal dengan hutan monyet pusuk atau Pusuk Pass merupakan bagian dari kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani yang terletak di Desa Senaru di Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara. Dikarenakan jalurnya yang berada di satu jalur wisata dengan gunung rinjani, hutan ini disebut juga wisata persinggahan bagi para pendaki gunung Rinjani yang mampir sejenak. Pusuk pass ini termasuk hutan wisata yang terletak di sebelah barat Gunung Rinjani sekaligus menjadi gerbang pendakian gunung Rinjani. Kita akan melihat banyaknya makanan yang dijual di pinggir jalur pendakian.

Daya Tarik Hutan Pusuk Lombok

Wisata Hutan Pusuk

Wisata Hutan Pusuk

Pusuk sendiri berarti puncak. Nama ini diberikan sesuai dengan daya tarik yang dimilikinya. Hutan pusuk menawarkan keindahan alam yang asri dan alami, udara yang segar, dan suasana yang sejuk layaknya Puncak dan dikenal juga sebagai wisata edukasi. Kita bisa melihat view kota Lombok dari ketinggian di wisata pusuk ini. Penghuni asli hutan pusuk adalah monyet-monyet berekor panjang berjenis Macaca Fascicularis yang jinak dan berkeliaran dengan bebas di sekeliling hutan. Jika kita mengunjungi Uluwatu atau monkey forest bali, kita akan menjumpai monyet-monyet yang sedikit nakal dan suka iseng merampas bawarng bawaan kita. Nah, lain halnya dengan monyet-monyet di wisata pusuk yang lebih jinak. Asal kita tidak mengganggu dan hanya memberi makan, maka mereka akan bisa diajak bekerja sama untuk foto bareng misalnya. Kera-kera di pusuk pass sudah terbiasa dengan kehadiran pengunjung dan senang jika diberi makan.

Rimbunnya pepohonan dan banyaknya jenis pohon besar menjadikan wisata pusuk sebagai tempat tinggal yang nyaman untuk monyet-monyet tersebut. Mereka bisa hidup aman, nyaman, dan tenang tanpa diganggu manusia. Kita akan menjumpai banyaknya vegetasi alami seperti garu, mahoni, piling, terep, kumbi, sonokeling, dan pepohonan besar jenis lainnya. Sebagian besar jenis daun dan buahnya merupakan jenis makanan favorit para monyet.

Hutan Pusuk Lombok Yang Menyegarkan

Lajukan kendaraan secara perlahan karena banyaknya monyet yang berkeliaran bebas. Kita akan melihat monyet-monyet yang asyik bermain di tengah jalan. Kita bisa menghentikan kendaraan untuk menghampiri monyet-monyet tersebut dan memberi makan. Petualangan akan lebih seru jika kita berjalan kaki menyusuri hutan langsung. Udara segar seolah menyapa seluruh tubuh dan mengisi stok oksigen dalam paru-paru. Jalan kaki membuat kita lebih sehat. Tak usah khawatir dengan monyet-monyet yang berkeliaran, karena mereka tidak akan mengganggu perjalanan kita.

Wisata Alam di Hutan Pusuk Lombok

Kita akan menjumpai banyaknya pedagang makanan yang berjualan di pasar kuliner pusuk pass. Kehadiran monyet menjadikan bisnis mereka semakin ramai dikunjungi pembeli. Mereka adalah para pengunjung wisata pusuk yang singgah di warung-warung pedagang karena tertarik melihat tingkah laku monyet-monyet. Kita juga bisa mencoba mencicipi tuak manis sebagai minuman khas daerah tersebut yang dijual di warung-warung. Setelah bermain-main dengan monyet kita bisa beristirahat sambil mencoba tuak manis dan cemilan lainnya yang tersedia di warung-warung. Tingkah laku yang lucu dari monyet akan menghibur kita.

Perlu diingat oleh kita bahwa kita dilarang membuang sampah sembarangan saat berada di hutan pusuk. Menurut mitos yang beredar di tengah masyarakat, jika kita membuang sampah sembarangan di wisata pusuk maka kita akan tersesat saat pulang.

Menuju Hutan Pusuk Lombok

Agenda menyenangkan di Wisata Pusuk ini menarik perhatian anda untuk berkunjung. Selain pesona gili-gili dan spot wisata lainnya, hutan pusuk akan membantu menyegarkan pikiran anda dengan udara bersih tanpa polusi yang dimilikinya. Memberi makan monyet secara langsung di Pusuk Pass akan menjadi tantangan tersendiri bagi anda yang berjiwa petualang.

Sebagai partner wisata terbaik anda, Lombok Tour Plus bersedia menemani wisata alam anda ke wisata pusuk. Dengan fasilitas yang lengkap dan sesuai kebutuhan anda, kami secara professional melayani anda untuk berwisata di Lombok, termasuk berwisata di hutan pusuk. Selamat berlibur.