Tiga Jurus Andalan Sebagai Tips Wisata Murah

Tiga Jurus Andalan Sebagai Tips Wisata Murah

Tips wisata murah tak hanya memberikan referensi kepada para wisatawan untuk menghemat pengeluarannya selama liburan, namun juga memberikan sensasi lain dengan pengalaman pemilihan yang sangat selektif. Sehingga membuat liburan lebih berkesan karena terdapat proses di dalamnya. Hal ini penting dilakukan agar liburan tidak selalu identik dengan ‘menghabiskan uang’.

Air terjun di lombok
Air terjun di lombok

Berlibur ke tempat wisata impian seperti Bali, Lombok, Yogya, dan tempat lainnya, pastinya merupakan hal yang sangat menyenangkan. Namun, seringkali para traveler terhambat dengan urusan biaya yang kembali mengurungkan niatnya untuk liburan. Sekarang Anda tak perlu khawatir lagi, siasati liburan istimewa Anda dengan tigu jurus jitu tips wisata murah berikut ini.

Tips Wisata Murah 1 : Persiapkan Liburan Jauh-Jauh Hari

Jika Anda tak mau menghabiskan uang saat liburan, maka tips wisata murah yang pertama adalah rencanakan dulu liburan Anda. Sesuatu yang mendadak memang menjanjikan kepastian, namun tidak dengan keuangan yang dimiliki. Jika Anda merencanakan terlebih dahulu waktu liburan Anda, Anda bisa menabung untuk perjalanan tersebut. Akan lebih baik jika Anda merencanakan liburan di luar masa liburan sekolah atau hari-hari besar, agar tiket perjalanan dan masuk tempat wisata lebih murah.

wisata pulau lombok
wisata pulau lombok

Melakukan survey tempat wisata dengan harga terupdate. Yup, tips wisata murah selanjutnya adalah survey. Anda bisa memprediksi berapa pengeluaran Anda dengan mengetahui harga yang tertera pada tempat wisata tersebut. Jika tergiur dengan paket wisata, usahakan Anda telah membandingkan harga dengan fasilitas yang didapatkan serta membandingkan harga tour travel satu dengan yang lainnya. Jika Anda memilih menjadi backpacker, perhitungkan biaya perjalanan dan tiket masuk serta akomodasi lainnya. Jika tidak mau ribet, sebaiknya selalu siapkan uang tunai. Tips wisata murah ini sangat menguntungkan traveler yang memilih menjadi backpacker. Namun tak usah berlebihan, Anda bisa mengambil uang secukupnya dan menarik tunai kembali jika menemukan mesin atm terdekat. Hal ini akan menghindarkan Anda dari ancaman Kriminal para pencopet.

Tips Wisata Murah 2 : Sewa Mobil Saja

Untuk memulai petualangan baru dalam traveling Anda nanti, ada baiknya Anda berpikir tentang transportasi menuju tempat wisata. Jika Anda rasa akan sulit menemukan transportasi umum, maka tempat sewa mobil adalah solusi yang patut dijadikan tips wisata murah. Dengan menyewa mobil, Anda bisa leluasa menjelajahi lokasi tempat wisata. Hal ini juga akan meminimalisasi Anda untuk tersesat di tempat tujuan.

Sewa Mobil Lombok
Sewa Mobil Lombok

Sewa mobil di Lombok menjadi tips wisata murah karena Anda telah menghemat waktu untuk berkeliling kota tujuan tanpa harus berdesakan di angkutan umum. Anda juga bisa menjelajahi beberapa spot destinasi wisata dengan mudah dan nyaman. Selain itu, Anda juga bisa singgah di tempat manapun yang Anda inginkan. Sangat praktis bukan?

Tips Wisata Murah 3 : Hitung Biaya Pengeluaran Selama Liburan

Liburan ke Lombok Murah
Liburan ke Lombok Murah

Jangan lupa untuk selalu menghitung-hitung biaya pengeluaran Anda. Tips wisata murah yang ini tak boleh dilewatkan. Setiap melakukan pembayaran, catat dan kumpulkan setiap bukti pembayaran. Hal ini penting dilakukan agar Anda mengetahui total yang dikeluarkan selama Anda berlibur di tempat tersebut. Selain untuk mengetahui rincian biaya pengeluaran, catatan pengeluaran tersebut bermanfaat sebagai referensi untuk pengeluaran berikutnya jika Anda akan berlibur kembali. Kemudian, berhemat bukan berarti Anda tidak bisa bersenang-senang dan berbelanja souvenir yang menarik. Anda masih tetap dapat melakukan hal-hal menarik dan berbelanja namun tetap ada batasannya. Tips wisata murah ini, bukan berarti membatasi segala gerak-gerik Anda saat liburan, namun hanya membatasi budget yang dikeluarkan.

Di Indonesia masih banyak tempat wisata yang tidak memasang tariff mahal untuk memasukinnya. Nah, dengan tips wisata murah ini, Anda bisa memanfaatkannya dan mengalihkan pengeluarannya untuk keperluan lainnya seperti makan, menginap dan berbelanja. Carilah tempat penginapan yang nyaman, tak perlu ke hotel. Masih banyak warga yang menyediakan penginapan dengan harga yang dapat di nego. Lalu berbelanjalah di pusat perbelanjaan yang harganya bersaing sehingga akan lebih murah. Dengan demikian, masa liburan Anda di tempat yang dituju akan sangat hemat dan menguntungkan. Selamat berlibur!