Indonesia yang terkenal akan rempah-rempahannya membuat segala makanan jadi cocok di lidah dan sesuai dengan selera siapapun yang menikmatinya. Berwisata kuliner memang memiliki arti tersendiri, dengan berkuliner kita bisa punya pengetahuan banyak tentang segala ciri khas di tiap daerah masing-masing, dengan kuliner juga bisa mengurangi stress kita lho apalagi sambil menikmati kuliner kesukaan, bisa berbagi informasi tentang wisata kuliner yang pernah kita kunjungi ke teman maupun kerabat dekat, bisa menyelam sambil minum air yaitu kita juga bisa sembari belajar tentang bisnis wisata kuliner dengan melihat dari desain interior tempat kulinernya, menu-menu yang tersedia sampai cara penyajian kuliner tersebut. Jadi tidak salah kalau Anda memiliki hobi kuliner. Kali ini saya akan memberikan beberapa informasi tentan kuliner yang ada di Lombok, Lombok tidak hanya terkenal dengan destinasi wisatanya. Lombok juga punya makanan khas daerah yang patut Anda coba bersama teman-teman dan keluarga ketika berlibur disini.

Berbagai Macam Sate Khas Lombok

Wisata kuliner

Wisata kuliner

1. Sate Bulayak
Ini dia makanan paling wajib Anda coba, Sate Bulayak khas Lombok ini memiliki cita rasa tersendiri, bumbu satenya terbuat dari bumbu special yang biasanya dimasak di campur dengan kemiri dan santan yang kental. Keunikan lainnya adalah Bulayaknya yaitu lontong nasi khas Lombok yang di bungkus dengan daun aren berbentuk bulat panjang. Sedangkan satenya terbuat dari daging sapi dengan bumbu special kemiri dan santan kental khas Lombok. Pedagang sate bulayak ini tidak sulit untuk ditemui, seperti di tempat wisata Taman Raja Narmada Lombok, Pura Lingsar dan lain sebagainya.

2. Sate Ikan Tanjung
Nah ini dia sate khas lainnya yang ada di Lombok. Sate ikannya yaitu dari ikan cakalang yang di potong-potong dan di tusuk ke tusukan sate. Sate ikan tanjung memiliki rasa yang gurih ditambah bumbunya yang pedas manis menambah selera makan kita. Biasanya sate ikan tanjung ini disajikan dengan nasi hangat, lontong, maupun ketupat. Tinggal sesuaikan selera Anda. Dari namanya saja sate ikan tanjung memang kebanyakan di temukan di daerah Lombok Utara dan khususnya ya di daerah Tanjung. Biasanya memang sering ditemui di sepanjang pinggir jalan.

3. Sate Rembige
Seperti kebanyakan sate lainnya, sate rembige ini memiliki rasa yang khas dengan bumbu yang nikmat. Sate Rembige memiliki 3 varian pilihan sate, yaitu sate pusut, sate hati sapi, dan sate dagingnya. Ketiganya memiliki bumbu yang sama sebagai pelengkap. Dan semakin nikmat jika ditambah dengan nasi putih hangat maupun lontong nasi.

Sayur-Mayur Lauk Khas Lombok

1. Plecing Kangkung
Makanan khas Lombok selanjutnya adalah plecing kangkung. Cara masak plecing kangkung ini berbeda dengan tumis kangkung yang seperti biasanya. Kangkung di rebus terlebih dahulu sampai matang lalu di potong suir panjang-panjang. Lalu bumbu pelengkapnya adalah sambal tomat pedas yang nikmat. Sambal tomat pedas ini spesialnya adalah menggunakan terasi khas Lombok yang membuat sambal tomat pedas Plecing Kangkung ini enak di makan bersama nasi putih hangat. Plecing banyak sekali ditemukan di hampir semua rumah makan di Lombok.

2. Kelaq Kelor
Mungkin sebagian dari Anda sudah mengenal apa itu Kelor. Kelor memang biasanya di masak sebagai sayuran yang bening. Di Lombok, Kelaq Kelor ini sering di konsumsi bersama sambal terasi Lombok serta nasi putih hangatnya. Banyak warung-warung yang menyediakan Kelaq Kelor ini sebagai menu hidangan utama lauk untuk makanan beratnya. Nah, untuk amannya wisata kuliner Anda di Lombok. Sebaiknya hindari makanan-makanan yang mungkin tidak cocok untuk Anda, semacam Anda punya alergi akan satu makanan. Misalnya alergi ikan-ikanan, baiknya jangan makan makanan yang berbau amis dan lain sejenisnya. Dan selalu sediakan obat-obatan pribadi Anda jika memiliki gangguan pencernaan ataupun mengkonsumsi suatu makanan tertentu.

Itulah sebagian wisata kuliner yang Anda dapat temui ketika berlibur di Lombok bersama teman-teman serta keluarga tercinta. Masih banyak lagi kuliner yang bisa Anda nikmati selain kuliner yang saya sebutkan di atas. Tinggal bagaimana Anda mau menikmati makanan dan kuliner seperti apa. Terima kasih telah membaca.