Tips wisata belanja ini akan sangat pas bagi Anda yang menginginkan liburan hemat namun tetap ingin berbelanja sebagai kenang-kenangan yang akan mengingatkan Anda akan Lombok. Selain itu, Anda juga akan diberi informasi agar tidak tertipu dengan barang yang ditawarkan.

wisata belanja

wisata belanja

Anda ingin liburan hemat ke Lombok, namun tetap bisa berbelanja? Berwisata dengan Backpacker adalah jawabannya. Menjadi backpacker bukan berarti kita tak bisa bebas berbelanja loh! Anda masih bisa membeli oleh-oleh atau souvenir sebagai kenang-kenangan dengan mengikuti tips wisata belanja di bawah ini.

Tips wisata belanja 1 : Selalu Bawa Uang Cash

Tidak semua tempat wisata menyediakan mesin ATM untuk kartu kredit atau debit Anda. Sehingga tips wisata belanja Anda yang pertama adalah selalu siapkan uang cash. Tarik tunai uang Anda saat Anda menemukan mesin ATM sebelum menuju tempat wisata atau saat diperjalanan. Jangan juga remehkan uang receh karena itu akan bermanfaat saat Anda menawar dan harus membayar dengan uang pas. Sehingga saat Anda akan belanja, Anda sudah siap dengan segala kemungkinan yang akan terjadi.

Tips wisata belanja 2 : Pintar-Pintarlah Menawar

Tawar-menawar adalah hal yang sangat penting dalam tips wisata belanja. Banyak pedagang yang menaikkan harga di musim liburan untuk mendapatkan keuntungan lebih besar. Maka dari itu, bila Anda melakukan sedikit penawaran hal ini tentu akan menguntungkan Anda namun juga tidak akan merugikan pedagang. Tentunya dengan penawaran yang seimbang dengan kualitas barang yang ditawarkan ya.

Tips wisata belanja 3 : Cek Barang Sebelum Membeli

Jangan langsung tergiur dengan harga murah. Cek terlebih dahulu barang yang akan Anda beli sebelum akhirnya menyesal. Hal ini karena banyaknya kasus wisatawan yang kecewa dengan barang yang dibelinya karena tidak asli atau terdapat cacat/ robek/ rusak. Maka dari itu tips wisata belanja ini sangat bermanfaat bagi Anda yang ingin mendapatkan barang asli, bagus, dan tidak cacat/ rusak. Kenali ciri-ciri umum atau keaslian barang yang akan Anda beli sebelum membayarnya. Caranya, Anda bisa ‘googling’ terlebih dahulu atau berkomunikasi dengan warga setempat yang lebih tau mengenai barang tersebut.

Tips wisata belanja 4 : Bandingkan Harga Antar Penjual

Apa yang Anda rasakan jika melihat barang yang sama (dengan yang telah Anda beli), namun harga yang tertera lebih murah? Tentunya merasa menyesal. Itulah mengapa tips wisata belanja selanjutnya adalah dengan membandingkan harga antara satu pedangan dengan pedagang lain. Dengan membandingkan harga, Anda bisa memilih barang yang Anda cari dengan harga lebih murah, selain itu Anda juga bisa membandingkan kualitas dari barang tersebut. Jika tempat berbelanja sangatlah luas, Anda bisa mencari referensi toko termurah dan kualitas baik dari warga setempat atau pedagang lainnya di tempat itu.

Tips wisata belanja 5 : Kunjungi Toko yang Ramai

Ketika Anda memasuki spot berbelanja, Anda pasti akan kebingungan harus memulainya dari mana? Nah inilah tips wisata belanja yang selanjutnya, yaitu mengunjungi toko yang ramai. Mengapa demikian? Hal ini karena, bisa jadi toko yang ramai dengan pengunjung biasanya lebih murah harganya, bagus kulitas barangnya, atau pelayanannya yang ramah dan memuaskan.

Nah, itu tadi tips wisata belanja yang semoga dapat menekan pengeluaran Anda dalam membeli souvenir dan kenang-kenangan saat Anda berkunjung ke Lombok. Sehingga kunjungan Anda ke Lombok akan sangat berkesan dengan adanya usaha-usaha untuk menghemat pengeluaran Anda.

Sebenarnya dengan memilih menjadi backpacker saja, Anda sudah menghemat biaya liburan ke Lombok murah. Akan tetapi, tips wisata belanja ini mendukung Anda yang ingin mendapatkan barang antik, souvenir, atau bahkan oleh-oleh untuk dibagikan ke saudara atau teman-teman sebagai bukti bahwa Anda benar-benar berkunjung ke Lombok.

Atau tips wisata belanja ini bisa dijadikan kenangan manis saat Anda harus benar-benar berhemat untuk bekal uang perjalanan pulang Anda. Sehingga setelah Anda meninggalkan Pulau Lombok, banyak kenangan manis dan pahit yang Anda lalui selama liburan di Lombok, Pulau eksotis yang memanjakan mata Anda ke setiap mata memandang.