Tempat Wisata Murah di Lombok yang Eksotis Dan Menakjubkan

Tempat Wisata Murah di Lombok yang Eksotis Dan Menakjubkan

Keindahan alam di Pulau Lombok sudah tidak diragukan lagi. Pulau Lombok memiliki banyak objek wisata Lombok yang menonjolkan keindahan alam. Selain itu, objek wisata yang ada di Pulau Lombok merupakan objek wisata yang tidak menguras banyak uang. Sehingga, Pulau Lombok adalah pilihan yang tepat bagi Anda yang ingin berwisata ke Pulau Lombok dengan dana terbatas atau secara backpacker. Berikut ini adalah daftar tempat wisata di Lombok yang menawarkan keindahan alam yang luar biasa.

  1. Air Terjun Sendang Gile

wisata murah di lombok
air terjun sendang gile

Tempat wisata murah di Lombok yang wajib Anda kunjungi adalah air terjun Sendang Gile. Air terjun Sendang Gile merupakan objek wisata yang berada di Desa Senaru yang berada pada jarak 60 kilometer di pusat Kota Mataram . Anda harus menempuh perjalanan menggunakan mobil selama tiga jam untuk mencapai Desa Senaru. Perjalanan Anda belum berakhir begitu mencapai Desa Senaru. Anda masih harus berjalan kaki menaiki anak tangga sebanyak dua ratus untuk mencapai air terjun Sendang Gile. Perjalanan menaiki anak tangga menuju air terjun Sendang Gile memang melelahkan. Namun, rasa lelah tersebut tidak dirasakan karena perjalanan menuju air terjun Sendang Gile melintasi hutan dengan pepohonan yang lebat serta udara yang sejuk. Jika Anda sudah menaiki seluruh anak tangga, Anda akan disuguhkan pemandangan air terjun yang tinggi menjulang dengan air yang jernih. Air terjun Sendang Gile memiliki air yang dingin dan sejuk karena berasal dari mata air puncak Gunung Rinjani. Menurut kepercayaan penduduk setempat, Anda harus membasuh wajah menggunakan air dari air terjun Sendang Gile supaya wajah tetap awet muda dan lebih bersinar. Perlu diketahui juga bahwa tempat wisata murah di Lombok yang satu ini merupakan pintu masuk menuju jalur pendakian menuju Gunung Rinjani.

  1. Taman Narmada

taman narmada
taman narmada

Taman Narmada merupakan tempat wisata murah di Lombok yang penuh nilai sejarah. Taman Narmada sudah ada sejak abad ke-17 dan didirikan oleh raja yang berkuasa di Kerajaan Mataram, Lombok. Taman Narmada merupakan taman yang menyajikan keindahan alam dan arsitektur. Keindahan alam di Taman Narmada dapat dinikmati dari tiga danau dengan air jernih yang berada di tengah kompleks taman. Air di Taman Narmada berasal dari mata air yang berada di Gunung Rinjani. Sehingga, airnya memberikan sensasi yang menyegarkan di tubuh. Selain itu, Anda dapat berenang di danau yang ada di Taman Narmada jika ingin awet muda dam terbebas dari penyakit kulit.

Sedangkan, dari segi arsitektur objek wisata murah di Lombok ini menyajikan bangunan khas kerajaan yang masih klasik. Bangunan di Taman Narmada terbagi menjadi dua kompleks, yaitu Bale Loji dan Bale Ageng. Jika Anda berkunjung ke Bale Loji, Anda akan disuguhkan dengan berbagai macam senjata yang digunakan oleh prajurit Kerajaan Mataram yang masih disimpan rapi. Sedangkan, di Bale Ageng Anda akan melihat betapa megahnya tempat pertemuan untuk raja dengan anggota keluarga Kerajaan Mataram atau tamu-tamu yang berasal dari kerajaan lain. Taman Narmada berada di Desa Lembuak yang jaraknya 10 kilometer dari pusat Kota Mataram. Anda dapat menempuh perjalanan dengan mobil selama satu jam dari pusat Kota Mataram.

  1. Hutan Baun Pusuk

Wisata Hutan Baun Pusuk Lombok
Wisata Hutan Baun Pusuk Lombok

Tempat wisata murah di Lombok yang sangat direkomendasikan adalah hutan Baun Pusuk. Hutan Baun Pusuk merupakan hutan wisata yang menjadi habitat bagi ratusan kera. Hutan Baun Pusuk berada di kawasan pendakian Gunung Rinjani. Sehingga, udara di sekitar hutan Baun Pusuk sangat sejuk karena berada di daerah dataran tinggi. Hutan Baun Pusuk sering dijadikan tempat istirahat bagi orang-orang yang akan pergi ke air terjun Sendang Gile atau mendaki ke puncak Gunung Rinjani. Namun, perlu diingat bahwa kera yang ada di hutan Baun Pusuk sering meminta makanan. Sehingga, pertimbangkan baik-baik jika ingin menyantap makanan di hutan Baun Pusuk. Selain itu, Anda harus ingat untuk tidak mengganggu kera yang tinggal di hutan Baun Pusuk. Kera tersebut kerap marah dan melukai pengunjung yang dianggap mengganggu.