Mengenal Tempat Wisata Lombok Timur Dengan Segala Keindahannya

Mengenal Tempat Wisata Lombok Timur Dengan Segala Keindahannya

Liburan merupakan salah satu waktu yang dinantikan oleh setiap orang. Sebagai momen yang paling ditunggu untuk berkumpul bersama keluarga atau sekedar menghibur diri dari aktivitas yang ada, tak jarang momen liburan telah dipersiapkan jauh-jauh hari oleh sebagian orang. Hal yang pertama kali ditentukan adalah tempat liburan. jika biasanya kota Bandung dipilih sebgaai tujuan wisata tak salah jika kita mencoba untuk berlibur ke luar pulau dan menikmati tempat wisata lain, seperti halnya tempat wisata Lombok Timur.

Lombok Timur sebagai salah satu Kabupaten yang berada di provinsi Nusa Tenggara Barat  memiliki luas wilayah 1.605,55 km2. Dengan luas daratan tersebut, Lombok Timur memiliki banyak tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Wisatanya pun beragam, mulai dari pantai, air terjun, dan Gili. Tempat wisata Lombok Timur akan menawarkan keindahan wisata yang tidak kalah dengan tempat yang lain. Bahkan, Lombok merupakan pulau dengan potensi wisata yang cukup beragam selain pulau Bali, khususnya di Lombok Timur. Akan tetapi tak banyak wisatawan yang berkunjung ke Lombok Timur karena tempat wisatanya yang masih tersembunyi dan belum banyak diketahui oleh wisatawan.

Pesona Tempat Wisata Lombok Timur yang Luar Biasa

Banyaknya tempat wisata di Lombok Timur yang belum dikunjungi oleh wisatawan, menjadikan destinasi wisata yang ditawarkan oleh Lombok Timur tidak akan mengecewakan. Hal ini karena kondisi tempat wisata yang masih asli dan belum terjamah oleh tangan-tangan jail. Segudang panorama yang ditawarkan oleh Lombok Timur membuatnya menjadi primadona baru sebagai destinasi wisata. Adapun tempat wisata Lombok Timur yang menarik untuk dikunjungi antara lain:

  1. Pantai Pink Lombok
tempat wisata lombok timur
pantai pink lombok

Pantai pink Lombok merupakan salah satu pantai yang menjadi ikon Lombok yang unik karena memiliki pasir yang berwarna merah muda. Tentu saja sangat unik dan berbeda dengan pantai pada umumnya. Selain itu, keunikan lain adalah pantai ini menjadi saksi sejarah sebagai tempat bersembunyi pasukan Jepang pada perang Dunia II

  1. Tanjung Ringgit
Wisata Ibu Yuliana di Tanjung Ringgit Lombok
Wisata Tanjung Ringgit, foto dengan meriam peninggalan jepang

Tanjung ringgit memiliki keindahan pantai yang dipadukan dengan situs-situs bersejarah. Hamparan pasir putih, birunya laut, dan bukit savana menjadi pemandangan yang indah. Selain itu, di oantai ini juga terdapat beberapa peninggalan sejarah seperti meriam Jepang, Goa dan sumur air tawar di bibir pantai.

  1. Pulau Pasir
Wisata Ibu Dewi Ekawulan dan Sahabat di pulau pasir Lombok (5)
Pulau Pasir lombok

Pulau pasir akan muncul ketika air surut. Disaat air surut akan terbentuk jalan pasir yang menghubungkan tiga pulau yang ada di sekitarnya yaitu Gili Marengkek, Kambing dan satu Gili kecil lainnya. Pulau pasir ini biasanya dijadikan destinasi wisata setelah dari pantai pink. Tidak ada kehidupan di pulau ini dan hanya terdapat hamparan pasir putih.

Selain ketiga wisata yang telah disebutkan diatas, masih terdapat tempat wisata Lombok Timur  yang lain yang bisa dikunjungi, yaitu Hutan Baun Pusuk. Hutan Baun Pusuk ini menawarkan wisata yang hampir sama dengan puncak yang ada di Bogor. Kondisi di daerah wisata juga masih sangat asri dan hal menarik lain adalah adanya sekawanan monyet yang ada disana dan dibiarkan hidup di hutan tersebut.

Selain tempat wisata Lombok Timur yang mengagumkan dengan keindahannya, kurang afdol jika berlibur tanpa berburu kuliner yang ada disana. Setelah jalan-jalan paling enak adalah mencicipi kuliner khas daerah. Makanan khas Lombok Timur antara lain sate pusut, sayuran ares, jaje jujek dan kue kerake. Sate pusut khas Lombok Timur dimasak dengan cara digoreng dan dibakar dengan bumbu rempah khas Lombok Timur. Sayuran ares merupakan batang pohon pisang muda yang dimasak dan dijadikan makanan kuah. Jaje Tujek menawarkan kelezatan lain dengan rasanya yang manis dan mirip tape ketan. Sedangkan kue kerake bisa dsebut juga kue bental dan terbuat dari beras ketan.

Itulah tempat wisata Lombok Timur dengan segala keindahan panoramanya dan kuliner khasnya. oleh karena itu tidak ada salahnya memilih Lombok Timur sebagai destinasi wisata anda di liburan nanti. Menikmati alam Indonesia sendiri membuat kita sadar akan indahnya negeri ini, jadi cintailah alam kita dan bersyukur atas apa yang sudah diberikan Tuhan untuk kenikmatan kita.