Tempat Wisata di Lombok Terdiri dari Pantai-Pantai yang Unik

Tempat Wisata di Lombok Terdiri dari Pantai-Pantai yang Unik

Lombok merupakan pulau kecil yang sangat populer dengan berbagai keindahan alam dan budaya yang melekat didalamnya. Pulau kecil ini bak kembar siam dengan Pulau Dewata Bali. Pulau Lombok ini pada mulanya mulai dikenal oleh mancanegara di tahun 1990-an. Namun, saat muncul krisis moneter tahun 1997, potensi pariwisata pulau ini terabaikan. Di tahun 2000-an terjadi kerusuhan antar etnis dan agama dan terjadilah pengungsian besar-besaran oleh kaum minoritas, kemudian mereka kembali tak lama setelah itu. Mulai tahun 2007, masyarakat mulai mengembangkan tempat wisata di Lombok sehingga terkenal di mancanegara. Tempat wisata di Lombok terdiri atas puluhan destinasi. Masing-masing spot memiliki keunikan sendiri-sendiri.

Pantai Unik Berwarna Pink Merupakan Tempat Wisata di Lombok yang Sangat Asri

Singgah di pulau pasir sebelum menuju wisata pantai pink

Tempat wisata di Lombok memang sangat populer baik di kalangan masyarakat lokal hingga mancanegara. Salah satu andalan dari tempat wisata ini adalah wisata bernuansa pantai. Pantai-pantai di Lombok ini masih sangat asri dan pastinya memiliki keunikan tersendiri. Salah satu keunikan dari pantai-pantai Lombok adalah berwarna pink. Tempat wisata Pantai Pink Lombok berada di wilayah Lombok Timur. Pantai ini kini sangat populer. Warna pasirnya yang terlihat pink ini berasal dari karang merah yang mati dan lebur. Karang-karang tersebut tercampur dengan pasir putih yang lembut dan berwarna pink. Lokasi pantai pink ini berada area timur Pulau Lombok. Anda bisa pergi menuju Desa Sekaroh yang ada di Kabupaten Lombok Timur.

Tempat wisata di Lombok yang memiliki hamparan pasir berwarna pink dapat Anda jumpai di Pantai Pink Lombok 1 dan Pantai Pink Lombok 2. Pantai Pink Lombok 1 adalah yang pertama ditemukan dan dieksplor untuk wisata di kawasan tersebut. Pasir di pantai ini memiliki warna pink yang cukup terang. Bentuk pasirnya juga terasa sama dengan pasir-pasir pantai pada umumnya. Anda dapat menikmati suasana pantai dan mencoba berenang di sana. Pasir-pasir yang merata disepanjang garis pantai juga sangat asyik digunakan untuk bermain. Ada bukit juga yang dapat Anda naiki untuk melihat pantai secara keseluruhan dan mengambil gambar pantai dari ketinggian. Apabila Anda lapar, Anda juga dapat membeli makanan yang tersedia di warung dekat pantai. Pantai ini juga memiliki penghuni karena wilayahnya yang cukup luas. Sedangkan Pantai Pink Lombok 2 terdiri atas hamparan lembah hijau yang diapit oleh perbukitan. Hamparan pasirnya terasa sangat lembut dan warna pasirnya yang pink lebih terlihat soft dibandingkan dengan warna pasir di Pantai Pink Lombok nomor 1. Tidak adanya masyarakat yang tinggal di daerah ini, semakin mendukung daerah ini yang sangat kaya akan kesegaran udaranya. Tidak banyak ditemukan polusi baik udara, darat, maupun lautnya.

Snorkeling di Pantai Pink Lombok
Snorkeling di Pantai Pink Lombok

Akses Mudah ke Tempat Wisata di Lombok

Akses menuju tempat wisata di Lombok sangat mudah didapatkan. Akses menuju Pantai Pink ini terdiri dari beberapa rekomendasi sebagai berikut:

  1. Transportasi Umum

Anda dapat mengambil jalur dari stasiun Mandalika menuju pasar Jerowaru. Kemudian menuju pertigaan Tanjung Ringgit. Perjalanannya menempuh waktu 4 jam dari kota Mataram.

  1. Kendaraan Pribadi

Apabila Anda membawa kendaraan pribadi, sangat disarankan agar Anda berkendara melewati Jalan Raya Mantang. Perjalanan dari Senggigi menuju lokasi dapat ditempuh dalam waktu 2,5 jam saja.

  1. Perahu

Anda juga bisa menggunakan perahu untuk menuju pantai pink dari pelabuhan Tanjung Luar. Keuntungan Anda menggunakan perahu, Anda akan singgah diberbagai objek wisata yang ada di sekitar pantai pink. Seperti Pulau Pasir, Pantai Pink 2, Pantai Pink 3 dan pulau-pulau lainnya tempat Anda bersnorkeling.

Demikian informasi yang bisa disampaikan mengenai tempat wisata di Lombok yang sangat kami rekomendasikan untuk Anda kunjungi saat liburan. Keunikan destinasi wisatanya bisa dipastikan akan membuat Anda sumringah menikmati liburan dan saat Anda kembali beraktivitas dengan banyak kawan, Anda dapat dengan bangga membagikan pengalaman Anda kepada mereka.