Tempat Liburan di Lombok yang Wajib Anda Kunjungi

Tempat Liburan di Lombok yang Wajib Anda Kunjungi

Lombok adalah sebuah pulau kecil yang berada di Nusa Tenggara dan terdiri atas 4 kabupaten dan 1 kota. Kota utama di pulau ini adalah Mataram. Walaupun Lombok merupakan pulau yang kecil, namun tempat ini memiliki potensi wisata yang sangat banyak yang patut Anda kunjungi untuk melepaskan penat. Tempat liburan di Lombok terbagi ke dalam 2 destinasi wisata yaitu alam dan budaya. Puluhan tempat wisata sudah sangat berkembang dan menjadi salah satu tujuan utama turis datang ke negara Indonesia.

“Gili…” Menjadi Favorit Tempat Liburan di Lombok

gili trawangan lombok

Lombok memang sudah terkenal dengan keindahan alamnya. Terlebih wisata pantainya yang memiliki sentuhan putih yang berasal dari butiran pasir yang terpampang di sepanjang pantai-pantai Lombok. Beberapa pantai yang sangat terkenal karena keindahannya yaitu pulau-pulau kecil dengan sebutan “Gili”. Pulau itu adalah Gili Air, Gili Meno, dan Gili Trawangan. Gili Air merupakan tempat liburan di Lombok yang memiliki keanekaragaman hayati laut di Indonesia. Wisatawan dapat menilik para penghuni laut seperti kura-kura, kuda laut, berbagai macam ikan, dan masih banyak lainnya. Masyarakat Gili Air mayoritas bermata pencaharian sebagai nelayan, pedagang, dan pemandu wisata. Mereka sangat pandai memanfaatkan situasi / moment untuk meningkatkan perekonomian, terlebih tempat wisata ini sangat ramai dikunjungi oleh wisatawan mancanegara. Mayoritas masyarakat Gili Air berasal dari Suku Bugis dan Suku Sasak. Mereka biasa menyebut tempat tersebut dengan sebutan “Tengaq Aiq” yang berarti di tengah-tengah laut, karena tempat ini membentuk kepulauan kecil di tengah-tengah laut. Fasilitas yang disediakan di Gili Air juga sangat lengkap mulai dari hotel, restoran, ataupun bar disediakan. Untuk mengunjunginya, Anda hanya perlu waktu tempuh sekitar setengah jam perjalanan menggunakan 2x transportasi yaitu boat dan angkutan umum / pribadi.

Tempat liburan di Lombok yang juga menjadi favorit yaitu Gili Meno. Gili Meno ini merupakan pulau kecil yang dapat dicapai dari kota Mataram dengan kendaraan darat. Saat Anda berjalan mengunjungi Gili Meno, Anda akan melewati Pantai Senggigi. Siapa yang tidak tahu tentang Pantai Senggigi? Pantai ini sangat terkenal karena mirip dengan Pantai Kuta (pantai Andalan di Bali). Bukan hanya itu saja Anda juga dapat melihat hutan lindung di sepanjang perjalanan. Tempat ini juga terdapat taman burung yang mengoleksi burung-burung langka baik lokal maupun mancanegara. Suasana pantai ini sangatlah asri. Pasirnya putih dan masih alami. Tidak ditemukan sampah karena tempat ini sudah dikelola dengan sangat baik. Kendaraan bermotor juga dibatasi sehingga udaranya tidak tercemar. Begitu juga dengan penggunaan listrik. Jadi, ketika Anda berada di tempat tersebut Anda sangat direkomendasikan untuk mengendarai sepeda dan Cimodo.

tempat liburan di lombok

Gili yang selanjutnya ialah Gili Trawangan. Pulau ini merupakan pulau terbesar di Lombok dari 2 tempat liburan di Lombok yang telah diulas di atas. Fasilitas wisata di Gili Trawangan sangat beragam. Spot ini memiliki nuansa pesta yang sangat baik setiap malamnya. Saat Anda berkunjung ke tempat ini, jangan sampai terlewat untuk mencoba scuba diving, snorkeling, bermain kayak, dan berselancar. Gili Trawangan juga menyediakan kuda untuk menemani jalan-jalan Anda saat berkeliling pulau. Salah satu yang menjadi favorit dari Gili Trawangan yaitu Anda dapat menikmati sunset dan sunrise sekaligus di pantai ini. Gili Trawangan memiliki pantai yang menghadap ke timur dan barat, sehingga sangat menguntungkan Anda dalam hunting foto.

Keistimewaan tempat liburan di Lombok dapat menjadi potensi pendapatan daerah dan dikembangkan oleh masyarakat yang menghuninya. Terlebih lagi keindahan wisata alam yang tidak perlu diragukan lagi, selagi manusia-manusia di sekitarnya mampu menjaga dan merawatnya dengan baik. Apabila Anda berkunjung ke Lombok, jangan sampai melewatkan 3 destinasi favorit tersebut. Anda dapat mengajak keluarga berliburan di sana, bahkan dengan fasilitas yang tersedia cukup lengkap, Anda tidak perlu khawatir mengenai perlengkapan atau semacamnya. Yang terpenting siapkan budget yang cukup agar liburan Anda lebih terasa nyaman tanpa memikirkan hal-hal kecil yang dapat menghambat.

Demikian informasi yang bisa diberikan kepada Anda terkait dengan tempat liburan di Lombok yang sangat luar biasa ini. Semoga saja Anda tambah terinspirasi dan senang berkunjung ke pulau yang satu ini. Selamat mencoba, semoga liburan Anda menyenangkan.