Rasakan refreshing yang sebenarnya di Taman Suranadi

Rasakan refreshing yang sebenarnya di Taman Suranadi

Taman suranadi merupakan taman konservasi seluas 52 hektar yang dihuni tumbuhan langka yang rindang dan menjadi tempat perlindungan berbagai jenis binatang langka.

Tempat wisata yang menawarkan keindahan alam berupa flora dan fauna yang beraneka ragamnya, hutan lindungnya yang rimbun, beragam jenis binatang dan pemandian dari sumber air asli gunung rinjani membuat taman ini dikunjungi banyak wisatawan yang ingin membuang rasa penatnya.

Apa saja yang menjadi daya tarik Taman Suranadi?

1. Hutan lindung luas dan rimbun

Taman Suranadi ini sangat luas berukuran 52 hektar sehingga tempatnya dibagi menjadi beberapa bagian tidak seluruhnya hutan lindung. Meski begitu, taman ini memiliki hutan lindung yang cukup luas dengan pepohonan yang besar dan aneka ragam tanaman yang mungkin sudah hidup puluhan tahun.
Pohon yang rimbun dan terawat ini memberikan suasana seakan anda berada dihutan lepas. Karena hutan lindung ini masih terjaga lumrah jika anda akan menemui beberapa hewan seperti monyet atau burung yang dibiarkan terlepas.

2. Fasilitas lengkap

Bagi anda yang mencari tempat wisata alam yang berfasilitas lengkap maka wajib untuk mengunjungi taman Suranadi. Taman Suranadi menyediakan mushola, toilet, penginapan, restoran, teater terbuka, aula pertemuan dan bahkan tempat berkemah.
Jika anda berniat untuk berlibur bersama keluarga dengan suasana alam maka Taman Suranadi tidak akan mengecewakan anda.

3. Pemandian sumber mata air gunung Rinjani

Taman Suranadi memang terkenal mempunyai pemandian yang airnya bersumber dari gunung rinjani. Taman suranadi mempersiapkan kolam yang cocok untuk rombongan atau keluarga yang dikelilingi gazebo.

4. Belajar sambil wisata

Taman ini sering dijadikan tempat observasi tanaman langka. Bagi para wisatawan mungkin anda juga akan belajar sedikitnya tahu akan pohon-pohon yang dirawat di taman Suranadi ini. Karna Taman Suranadi juga menyimpan hewan yang dilindungi, banyak yang meneliti hewan – hewan langka ini.
Pada weekend atau akhir pekan biasanya banyak pelajar lokal yang melakukan perkemahan. Hutan lindung yang rimbun dan aman mengundang banyak pelajar untuk memilih bercamping disana dari pada di hutan lepas.

5. Kuliner

Bagi anda yang ingin mencicipi kuliner khas Lombok, di Taman Suranadi ini anda bisa mencicipi salah satu makanan khas yaitu sate bulanyak. Bukan hanya itu, anda juga bisa mencicipi dodol aneka rasa yang pastinya berbeda dengan dodol daerah lain.

Apa saja yang bisa dilakukan di Taman Suranadi?

1. Mengenal budaya lokal
Di Taman Suranadi ini terdapat pura. Terdapat 3 pura yang berbeda tempat di pura Suranadi. Setiap puranya memiliki pancuran air. Pancuran-pancuran ini dipercaya orang Hindu setempat sebagai air suci. Karna pura ini luas dan tidak terlepas dari budaya orang lokal, anda juga bisa mengenal sedikit tentang budaya disana.

2. Berjalan – jalan di hutan lindung
Ya, selain mengenal sedikit tentang budaya lokal, kebanyakan wisatawan memang berniat untuk bergaul dengan hutan lindungnya yang asri. Berjalan – jalan di hutan lindung ini akan mengganti semua rasa penat dan lelah dari badan dan pikiran dengan perasaan yang menyejukan.

3. Melihat hewan yang dilindungi
Hewan di Taman Suranadi ini memang dibiarkan terlepas. Tapi tidak semua, hanya monyet dan burung saja. Meskipun begitu Taman Suranadi juga menyimpan sebagian hewan yang dilindungi atau terancam punah dikandang layaknya kebun binatang.

4. Pemandian sumber mata air gunung
Setelah berkeliling ke pura, hutan lindung, dan melihat – melihat hewan saatnya bagi anda merasakan refreshing yang sesungguhnya yaitu mandi di pancuran air yang berasal dari gunung Rinjani. Taman Suranadi juga menyediakan kolam yang cocok untuk rombongan atau keluarga.

5. Kuliner
Selesai menyegarkan tubuh anda bisa mencicipi salah satu kuliner khas Lombok yang dijual di warung sana, yaitu sate bulanyak. Suasana dan udaranya yang sejuk memberikan sensasi tersendiri saat anda mencicipi sate bulanyak yang sedap ini.

Taman Suranadi ini sangat tepat menjadi pilihan tujuan wisata yang akan anda tuju. Lokasinya yang mudah dijangkau dan fasilitas yang memadai akan memudahkan perjalanan wisata anda.