Pesona Taman Nasional Gunung Rinjani Lombok

Pesona Taman Nasional Gunung Rinjani Lombok

Gunung Rinjani Lombok menjadi salah satu spot pendakian terfavorit para pendaki dan pecinta alam. Gunung ini memang sudah terkenal pesona dan keindahannya. Ia memiliki ketinggian 3.726 meter diatas permukaan laut. Rinjani sendiri merupakan gunung merapi tertinggi kedua yang ada di Indonesia. Tidak heran jika banyak pendaki dari seluruh penjuru Indonesia yang penasaran ingin bisa menaklukan gunung yang megah ini. Medan pendakian gunung Rinjani bisa dikatakan tidak terlalu sulit. Namun tetap saja membutuhkan pemandu profesional untuk bisa melakukan pendakian yang lebih aman.

Di Lombok, Nusa Tenggara Barat memang banyak diincar keindahan gili-gilinya seperti Trawangan, Meno, Kedis, Sudak, dll. Namun ternyata Lombok memiliki pesona yang tidak hanya seputar perairan dan laut. Di Lombok terdapat gunung Rinjani yang mempesona dan selalu siap menyambut para pengunjung. Bulan Juli dan Agustus menjadi waktu terbaik untuk melakukan petualangan ke gunung Rinjani. Pemandangan yang bisa dilihat dari ketinggian saat tiba di spot-spot seru digunung ini sangatlah indah.

Yang Istimewa Dari Gunung Rinjani Lombok

Gunung Rinjani Lombok
Gunung Rinjani Lombok

Gunung Rinjani bukan sekedar gunung biasa. Ia merupakan gunung merapi yang masih aktif. Disamping itu, disini pula kita bisa melihat panorama alam sekitar yang tidak kalah indah dibandingkan ketika kita melihat pemandangan sekitar pantai. Bahkan disini pula kita bisa menyaksikan sunrise dan sunset dengan lebih indah. Lalu apa saja keistimewaan lain yang dimiliki gunung ini?

  • Kekayaan flora

Ada yang membuat gunung Rinjani begitu spesial dibandingkan dengan gunung-gunung lainnya yaitu kekayaan floranya. Jika kita melakukan pendakian ke gunung ini, maka disetiap 1000 meter perjalanan kita akan disuguhi jenis flora yang berbeda-beda. 1000 meter pertama, ada flora yang beragam jenisnya dan bercampur menjadi satu keindahan yang luar biasa. Lalu di ketinggian 2000 meter kita dapat menyaksikan pohon cemara gunung yang berjejer dengan rapi. Pada ketinggian 3000 meter, kita bisa menemukan keindahan bunga edelweiss yang menjadi bunga favorit para pendaki. Sungguh unik bukan?

  • Pesona Fauna

Selain ragam flora, di Gunung Rinjani Lombok kita juga dapat menemukan ragam pesona fauna. Hal ini karena gunung ini merupakan Taman Nasional yang memang dijaga kelestarian habitat alamnya. Ragam jenis fauna seperti burung, rusa, landak, serta beberapa jenis monyet hidup damai disini. Monyet-monyet disini memang sangat lucu tingkahnya namun kita harus sedikit waspada karena mereka senang mencuri makanan wisatawan.

  • Cantiknya danau

Selain kekayaan flora dan fauna, di gunung Rinjani ini kita bisa mampir ke danau cantik yaitu Danau Segara Anak. Danau ini terletak diketinggian 2010 meter diatas permukaan laut. Pemandangan danau ini bisa menghilangkan penat setelah mendaki sejauh 2000 meter. Segara Anak memiliki kedalaman sekitar 230 meter dengan airnya yang jernih kebiruan. Danau Segara Anak juga masih dipenuhi dengan ragam mitos yang berkembang dikalangan masyarakat lokal.

Tips Berwisata Ke Gunung Rinjani Lombok

Puncak Rinjani
Puncak Rinjani

Gunung Rinjani memiliki banyak pesona untuk dinikmati. Gunung yang dipenuhi hutan belantara yang masih sangat terjaga kelestariannya ini menjadi destinasi wisata idaman terutama bagi para pecinta alam dan pendaki. Nah, jika ingin berwisata ke Gunung Rinjani Lombok ini, baiknya anda mempersiapkan fisik supaya fit. Mendaki ke gunung yang memiliki tinggi 3.726 mdpl ini bukanlah hal mudah dan membutuhkan stamina yang ekstra. Jangan lupa juga untuk membawa serta obat-obatan pribadi.

Selain itu, meskipun medan pendakian ke Gunung Rinjani Lombok tidaklah ekstrim namun anda tetap harus menggunakan jasa pemandu. Melakukan pendakian ke gunung ini harus dengan panduan seorang profesional agar perjalann bisa dilakukan dengan aman dan menyenangkan. Jika anda sangat penasaran ingin menjelajahi keindahan gunung yang megah ini, maka percayakanlah perjalanan anda bersama kami, Lombok Tour Plus. Kami akan menemani perjalanan anda ke gunung ini supaya tetap bisa berjalan dengan lancar. Andapun bisa dengan tenang menikmati pesona gunung Rinjani disetiap langkah anda.

Save