Taman Narmada, Surga Nyata di Lombok

Taman Narmada, Surga Nyata di Lombok

Seakan tiada habisnya untuk dieksplore, Lombok menawarkan berbagai keindahan alam salah satunya adalah Taman Narmada di Desa Lembuak Lombok Barat atau sekitar 10 km ke timur Kota Mataram, NTB. Luasnya sekitar 2 hektar. Taman Narmada dibangun oleh Raja Mataram pada tahun 1727 untuk upacara Pakelem. Tetapi sekarang taman ini sudah menjadi objek wisata untuk para wisatawan dalam negeri maupun luar negeri. Taman ini terkenal dengan keindahan taman dan kolam yang ada di dalamnya. Jika Anda berkunjung ke Lombok, tidak akan lengkap tanpa mengunjungi Taman ini.

Mata Air Taman Narmada
Mata Air Taman Narmada

Keunikan Mata Air Awet Muda Taman Narmada

Fasilitas yang ada di Taman Narmada ada kolam, taman dan mata air asli dari Gunung Rinjani. Masyarakat sekitar menamai mata air yang ada di Taman Narmada dengan nama awet muda. Pada masa lalu tempat ini digunakan untuk tempat istirahat keluarga kerajaan dan menyejukan badan anggota kerajaan. Suasana sejuk dan segar menyapa saat Anda berkunjung di Taman yang indah ini.

Taman Narmada Lombok
Taman Narmada Lombok

Konsep taman yang ditata membentuk anak tangga yang biasa ada di gunung. Ada tiga kolam yang berada di bawah yang langsung dialiri oleh air yang berasal dari Gunung Rinjani. Taman Narmada juga mempunyai pura yang diberi nama Pura Kalasa yang terletak diatas taman ini. Untuk menuju ke pura, Anda harus menaiki anak tangga yang setapak. Memang cukup melelahkan untuk menaikinya, tapi jika sudah berada di pura tersebut semua rasa lelah itu terbayarkan dengan pemandangan yang indah, pemandangan pohon yang rindang dan kolam yang airnya jernih.

kemegahan Pura kalasa Taman Narmada

Pura Narmada
Pura Narmada

Di Pura Kalasa biasa diadakan Acara Pujawali, yaitu para umat Hindu menyajikan hasil bumi untuk sesembahan kepada Tuhan sebagai rasa syukur. Taman Narmada juga terdapat bangunan yang letaknya persis di depan pintu masuk taman yang biasa disebut Bale Agung. Konon Bale Agung biasa digunakan untuk tempat rapat para raja. Bale Loji sebagi tempat penyimpanan senjata para prajurit dan terdapat juga gerai yang menjual souviner khas Lombok. Di tempat -tempat tersebut kita bisa melihat peninggalan budaya Hindu yang masih terjaga keasriannya.

Sate Bulayak
Sate Bulayak

Selain pemandangan alam dan keindahan pura yang di tawarkan Taman Narmada, kita juga bisa menikmati makanan khas Lombok yaitu Sate Bulayak. Sate Bulayak terbuat dari daging sapi yang dilumuri bumbu khas Lombok didampangi bersama bulayak atau bisa kita sebut dengan lontong. Bumbu yang terbuat dari kacang tanah lalu direbus dengn santan dan bumbu dapur yang lain untuk penambah rasa membuat makanan ini mempunyai banyak rasa. Sate Bulayak ini paling enak dimakan bersama keluarga dan disaat sore hari sambil memandangi keindahan alam Taman Narmada.