Mengunjungi Hutan Pusuk Lombok Utara Yang Menarik

Mengunjungi Hutan Pusuk Lombok Utara Yang Menarik

Wisata Pusuk di Lombok mencuat sebagai hutan wisata sekaligus hutan lindung sebagai salah satu asset destinasi wisata dari Lombok. Lagi-lagi Lombok menghipnotis wisatawan domestik dan mancanegara termasuk kita dengan pesona keindahannya. Belum selesai kita menjelajahi kecantikan gili-gili, air terjun, dan spot wisata lainnya, kita kembali digoda dengan suasana alami nan menyejukkan dari Wisata pusuk ini. Menariknya adalah, kita akan menemukan ratusan monyek-monyet yang berkeliaran dengan bebas di kawasan wisata pusuk Lombok Utara.

Monyet-Monyet di Hutan Pusuk Lombok

Monyet di hutan pusuk lombok
Monyet di hutan pusuk lombok

Ya, penghuni asli dari wisata pusuk ini adalah monyet-monyet berekor panjang dari jenis macaca fascicularis yang dikenal jinak. Mereka sudah terbiasa dengan kehadiran pengunjung sehingga tidak akan menyerang kecuali jika kita mengganggu mereka. Kita akan melihat kawanan monyet sepanajng jalan menuju hingga di dalam wisata pusuk Lombok. Oleh karena itu ketika kita membawa kendaraan, baiknya mengendarainya secara perlahan. Kita bisa memberi makan mereka langsung. Jika jiwa petualang kita tertantang, maka berjalan kaki menuju hutan akan lebih seru untuk dilakukan.

Keindahan Hutan Pusuk Lombok

Wisata pusuk ini dikenal juga dengan sebutan Hutan Pusuk Pass yang artinya puncak. Layaknya di puncak, maka yang kita dapatkan adalah udara yang sangat menyegarkan dengan view cantik khas alam. Wisata pusuk terletak di kaki gunung rinjani, menghadirkan kesejukan dengan lanskap pegunungan hijau yang ditumbuhi pepohonan besar nan rindang, tebing curam, dan bahkan kita bisa melihat keindahan laut Lombok Utara dengan pantai yang memiliki hamparan pasir putih.

Banyaknya tanaman rimbun, rindang, dan berukuran besar membuat hutan ini nyaman dihuni monyet-monyet. Didalam hutan pusuk sendiri terdapat perbukitan dengan vegetasi seperti kumbi, mahoni, terep, piling, garu, dan tanaman lainnya. Kemiringan tanah yang cukup curam membuat monyet-monyet mudah loncat dari satu pohon ke pohon lainnya. Di wisata pusuk juga banyak pepohonan yang daun dan buahnya menjadi makanan favorit monyet-monyet.

Kegiatan yang Bisa Dilakukan di Hutan Pusuk

Wisata Hutan Pusuk
Wisata Hutan Pusuk

Rugi sekali rasanya jika kita hanya berdiam diri di dalam kendaraan. Jalan-jalan langsung menyusuri sepanjang jalan menuju hutan baiknya dilakukan. Tubuh sehat, oksigen bersih nan segar pun didapat. Kita bisa memberi makan monyet-monyet langsung lalu mengabadikan tingkah mereka. Jika kita lelah, kita bisa singgah di warung-warung yang tersedia. Tuak manis sebagai minuman khas Lombok rasanya sayang untuk tidak dicicipi. Keberadaan ratusan kawanan monyet nyatanya tidak mengganggu para pedagang yang ada. Justru karena banyaknya monyet, warung-warung yang ada menjadi ramai disinggahi para pengunjung yang mampir.

Ada mitos yang beredar dan diyakini oleh masyarakat sekitar bahwa kita dilarang membuang sampah sembarangan di wisata pusuk. Jika kita melanggarnya, maka diyakini kita akan tersesat karena tak tahu jalan pulang. Percaya atau tidak, yang jelas membuang sampah memang tidak boleh dilakukan. Memasukkan sampah sementara ke dalam tas hingga menemukan tempat sampah menjadi pilihan bijak yang dilakukan.

Nikmati pesona pulau Lombok dari puncak pass. Rasanya sungguh mengesankan. Wisata di Lombok tak melulu soal kecantikan pantai dan taman bawah lautnya saja. Keindahan wisata alam seperti di hutan pusuk pun patut dimasukkan ke dalam list itinerary kita ketika berlibur di Wisata Lombok.

Menuju Hutan Pusuk

Rute menuju wisata pusuk jika dari arah Mataram, kita cukup melewati jalur Senggigi atau lewat Gunung Sari dengan waktu tempuh sekitar 30 menit perjalanan.

Namun jika ingin seluruh agenda wisata terangkai apik nan praktis, Lombok Tour Plus dengan senang hati bersedia menemani anda untuk berwisata. Kami akan mengantar anda mengunjungi spot-spot wisata menarik di Lombok, termasuk ke hutan pusuk ini. Kami sebagai partner wisata terbaik anda siap melayani anda selaku wisatawan dengan fasilitas lengkap dan akomodasi memadai. Sehingga anda tidak khawatir tersesat atau repot mengurus akomodasi yang dibutuhkan selama berlibur di Lombok. Kami tunggu liburan anda di Lombok bersama kami Lombok Tour Plus.