Senaru Lombok Yang Indah dan Menakjubkan

Senaru Lombok Yang Indah dan Menakjubkan

Senaru Lombok merupakan suatu daerah yang terletak di kabupaten lombok utara, dan senaru juga merupakan salah satu daerah yang memiliki banyak wisata air terjun yang menjadi daerah favorit di pulau lombok khususnya kabupaten Lombok Utara. Senaru juga memilki air terjun yang sangat indah dan benar-benar menjadi incaran atau idaman dari para wisatawan lokal, pecinta alam, maupun wisatawan asing. Dan air yang dihasilkan dari air terjun senaru ini berwarna putih menyerupai air kapur. Sehingga pada saat anda mandi atau berenang di kawasan air terjun ini anda akan merasakan kesegaran dan lupa kalau anda mandi di daerah terbuka. Deburan air yang berjatuhan sangat keras sehingga percikan air yang dihasilkan seperti angin atau hembusan buih air yang pada saat terkena pancaran matahari berwarna pelangi, sungguh indah di pandang mata.

desa senaru

Desa Senaru Lombok Yang Eksotis

Senaru berasal dari nama sebuah desa yang bernama desa Sinar aru, sebuah desa yang terletak di bayan, kabupaten lombok utara. Jadi dari desa ini lah air terjun senaru itu berada, dan tidak heran juga banyak para wisatawan dan para pecinta alam yang datang mengunjungi daerah wisata yang sangat indah dan benar-benar eksotis ini.

Dan di desa wisata senaru lombok ini anda akan menjumpai sebuah rumah atau lebih tepatnya adalah Balai adat. Di balai adat senaru ini anda dapat melihat-lihat rumah yang sangat unik. Dengan keunikan yang berupa lantai dari rumah tersebut terbuat dari tanah liat dengan pagar dari bedek dan menggunakan atap dari daun rumbia yang menyajikan suasana yang cukup sejuk, karena rumah tersebut dikelilingi oleh pohon-pohon kayu yang besar dan sangat rindang. Dan masyarakat adat yang tinggal di senaru ini akan menyambut anda serta menyambut wisatawan lain dengan keramahan yang akan membuat anda merasa nyaman berkunjung ke senaru lombok.

desa senaru lombok

Wisata Alam Yang Memukau di Senaru Lombok

Setelah anda merasa puas berjalan-jalan atau berwisata adat di senaru ini anda juga bisa menikmati keindahan alam serta keindahan air terjun yang ada di senaru. Tak ketinggalan juga untuk anda melihat-lihat serta mengunjungi daerah bangket bayan artinya daerah sawah atau persawahan yang ada di bayan. Bangket dalam bahasa suku saat adalah sawah. Bangket yang ada di bayan sampai senaru ini membentang sangat luas dan indah dan bangket ini terhubung hingga daerah hutan adat bayan. Dan dari bangket bayan ini jika anda membawa arah pandangan anda ke sebelah selatan anda akan melihat pemandangan berupa laut lepas yang berwarna keputih-putihan mirip sekali seperti hamparan indah awan di langit yang biru.

masjid bayan beleqDan tentu saja wisata anda ke daerah bayan terutama senaru kurang lengkap jika tidak menjelajahi keseluruhan desa ini. Karena di bayan juga ada suatu masjid yang sudah lama ada dan memiliki sejarah yang sangat unik serta anda harus mengetahuinya, mesjid kuno bayan namanya. Mesjid yang berdiri di sebuah bukit kecil yang di kelilingi oleh beberapa makam yang dikeramatkan oleh masyarakat setempat. Dan keunikan dari mesjid kuno ini adalah di sisi sebelah masjid atapnya yang terbuat dari santek atau bambu dan juga lantai mesjid ini yang terbuat dari tanah liat masih tetap kokoh hingga saat ini, tanpa tersentuh atau tanpa pernah di ganti menggunakan semen sedikitpun. Masyarakat di daerah ini sangat menjaga seluruh budaya dan keseniannya. Dan inilah yang membuat seluruh peninggalan atau warisan budaya yang ada di daerah ini sangat-sangat dipertahankan dan di lestarikan. Dan menjadikan keunikan wisata tersendiri yang menjadikan daya tarik tersendiri guna menarik minat wisatawan untuk datang berkunjung ke daerah ini. Dan memajukan daerah sekitar agar seluruh objek wisata di daerah ini tetap asri dan tetap di kagumi oleh masyarakat lain dan para wisatawan asing amupun lokal yang datang berkunjung ke desa bayan serta Desa Senaru Lombok ini.

Save

Save