Bersantai Sembari Menikmati Sejuknya Hutan Baun Pusuk di Pulau Lombok

Alasan kenapa turis asing tidak pernah bosan mengunjungi Indonesia tidak lain karena banyaknya pilihan obyek wisata untuk dikunjungi. Apakah Anda pernah berkunjung ke Pulau Lombok? Nah, itu merupakan salah satu pilihan menarik, terutama jika ingin bersantai ditemani rindangnya pepohonan di Hutan Baun Pusuk. Menjadi bagian dari Taman Nasional Gunung Rinjani dan terletak tidak jauh dari ibukota NTB, Mataram, hutan ini cocok dijadikan tempat singgah maupun spot wisata utama ketika berkeliling Pulau Lombok. Apa sebenarnya yang bisa dinikmati disana?

Suasana Asri di Hutan Baun Pusuk Lombok

Wisata Hutan Pusuk
Wisata Hutan Pusuk

Tentu ada alasan kenapa Baun Pusuk dinobatkan sebagai hutan wisata oleh pemerintah lokal. Selain masih asri, suasana disana amat sejuk dan nyaman bagi pengunjung. Selain itu, lokasinya cukup strategis (dipinggir jalan raya), sehingga mudah untuk ditemukan. Tidak hanya menikmati rindangnya pohon dan suasana rileks, wisatawan akan berjumpa dengan ragam flora maupun fauna yang hidup di hutan tersebut, terutama monyet-monyet lokal yang lincah dan lucu.

Ada juga yang menyebut kawasan ini Pusuk Pass dan Wisata Pusuk, yang memiliki arti “puncak”. Lokasinya berada di kaki Gunung Rinjani sehingga wajar bila udara disana amat sejuk dan suasananya amat damai. Selain kenyamanan, banyak fitur luar biasa yang bisa Anda nikmati seperti pohon-pohon besar yang rindang, view pegunungan, dan tebing curam. Bahkan ada spot khusus dimana Anda bisa menikmati pemandangan laut dan pantai berpasir putih dari kejauhan.

Mengitari Hutan Baun Pusuk Lombok

Tidak perlu khawatir kelelahan ketika berkeliling Wisata Pusuk karena sudah tersedia pendopo-pendopo kecil untuk istirahat, atau yang disebut dengan Berugak. Setelah beristirahat sejenak, lanjutkan perjalanan menyusuri rindangnya pohon hutan Pusuk. Tidak lama, Anda akan berjumpa dengan monyet-monyet lucu yang berkeliaran di kawasan itu. Akan lebih seru jika Anda sudah membawa bekal snack seperti kacang kulit guna memberi makan fauna lokal tersebut. Mereka pada dasarnya jinak, namun masih sering waspada terhadap para turis.

Selain monyet dan fauna lokal lainnya, Anda bisa menikmati ragam tanaman dan pepohonnan yang tumbuh subur di Hutan Baun Pusuk. Spot terbaik untuk eksplorasi fauna adalah di bagian perbukitan, dimana tumbuh pohon-pohon seperti mahoni, garu, piling, terep, dan masih banyak lagi. Namun rute menuju spot tersebut cukup menantang dan curam. Untuk ini, Anda harus berhati-hati ketika trekking. Untuk keamanan dan kenyamanan berpetualang di Baun Pusuk, turiss perlu mempertimbangkan menyewa guide atau pemandu lokal. Jasa tersebut memberikan rute paling aman dan efisien untuk berkeliling hutan. Terlebih, dia akan memberi tips berguna bagi turis.

Mencicipi Minuman Manis Khas Pulau Lombok di Hutan Baun Pusuk

Sebelum pulang, Anda perlu mencicipi minuman khas masyarakat lokal yang dijual di kawasan Hutan Pusuk – Tuak Manis. Minuman manis berwarna putih susu ini merupakan produk dari pohon Enau yang tumbuh subur di kawasan Pusuk. Selain menyegarkan, warga lokal mengatakan bahwa tuak manis merupakan minuman kesehatan dan mampu menyembuhkan beberapa penyakit. Kesimpulannya, tidak lengkap jika berkunjung ke Pusuk tanpa minum segelas dua gelas tuak manis.

Bagi turis yang berkunjung dan berwisata di Hutan Baun Pusuk, perlu diketahui bahwa masyarakat lokal memiliki mitos seputar hutan ini. Dikatakan bahwa tempat tersebut tergolong sakral atau suci, sehingga dilarang mengotori maupun membuang sampah sembarangan disana. Bila gegabah dan sengaja melanggar pantangan tersebut, maka pengunjung akan mendapat halangan serta kebingungan menemukan jalan pulang. Bagi Anda yang membawa bekal snack maupun botol minum wajib menjaga kebersihan dan memasukkan sampah kedalam plastik untuk dibuang nanti setelah keluar dari kawasan Hutan Pusuk.

Setelah membaca informasi diatas, mungkin Anda mulai merencanakan untuk berkunjung ke Hutan Busuk pada liburan berikutnya. Aksesnya cukup mudah karena lokasi wisata ini berdekatan dengan Kota Mataram. Hanya butuh sekitar setengah jam untuk sampai kesana melalui jalur Gunung Sari. Sebagai alternatif, Anda bisa ambil jalur Senggigi juga. Jika ingin lebih mudah dan nyaman, menyewa agen tur merupakan ide tepat. Ide ini menghindarkan Anda dari masalah seperti tersesat, buta arah, atau bingung aktifitas apa yang harus dilakukan di lokasi wisata nanti. Satu lagi, bagikan informasi seputar Hutan Baun Pusuk ini kepada teman maupun keluarga Anda jika berguna sebagai ide perjalanan wisata berikutnya. Happy vacation!