Di Pulau Lombok, salah satu pura yang terkenal dan diketahui para wisatawan adalah Pura Lingsar. Berlokasi di bagian utara Lombok, Pura Lingsar juga merupakan tempat peribadatan dan tempat yang di sucikan oleh penduduk setempat. Menurut sejarah, Pura Lingsar di bangun sekitar tahun 1714 oleh orang Bali yang beragama Hindu ketika pertama kali berkunjung ke Lombok. Pura Lingsar bukanlah candi yang murni di peruntukkan bagi umat Hindu. Ini merupakan salah satu perpaduan antara tradisi Hindu dengan Wektu Telu, sebuah budaya yang menjadi pedoman dan di praktikkan oleh orang-orang sasak. Para pengikut Wektu Telu menyebut diri mereka adalah muslim, tetapi tidak mengikuti banyaknya perintah yang seperti Muslim Ortodoks lakukan. Mereka lebih banyak mengadopsi keyakinan lain dari Hindu dan tradisi animisme asli. Kedua warisan yang berpadu ini menjadikan Pura Lingsar sebagai simbol persatuan yang penting diantara kepercayaan para masyarakat setempat demi kesejahteraan bersama.

3 Pura Yang Wajib Anda Kunjungi di Pura Lingsar Ini

Wisata Pura Lingsar Lombok

Wisata Pura Lingsar Lombok

Sebelum memasuki kuil ini, Anda akan melewati sebuah taman dengan dua kolam renang yang ada banyak bunga lotusnya. Pura Lingsar ini terdiri dari tiga bangunan utama, yaitu Gaduh, Kemaliq, dan Pesiraman. Bangunan Gaduh adalah tempat suci bagi orang Hindu. Di dalamnya, Anda dapat melihat empat persimpangan yang melambangkan Tuhan yang diam di dua gunung. Di sisi timur persimpangan dibangun untuk menyembah Tuhan di Gunung Rinjani. Di sebelah barat persimpangan dibangun untuk menyembah Tuhan di Gunung Agung. Jika Anda turun menuruni tangga di depan bangunan Gaduh, Anda akan langsung menuju ke pintu bangunan Kemaliq. Daerah ini merupakan tempat suci menurut ajaran Wektu Telu. Tetapi orang-orang Hindu diperbolehkan untuk berdoa di tempat ini. Di daerah Kemaliq, terdapat sebuah kolam kecil yang merupakan tempat tinggal untuk ikan yang di anggap suci. Yang konon katanya, adalah reinkarnasi dari Datuk Milir Tongkat, Raja pulau Lombok yang bermeditasi di tempat ini untuk meminta hujan turun.

Orang-orang Hindu dan Wektu Telu ini percaya bahwa jika siapa saja yang melihat ikan ini akan mendapatkan keberuntungan. Di kolam kecil ini, Anda bisa juga melemparkan sebuah koin dengan harapan bahwa keinginan Anda akan terkabul dan lain sebagainya. Di bagian lainnya, yang hanya berbatas dengan dinding, terdapat Sembilan air mancur yang mengalir dari kolam kecil. Air mancur ini dipercaya dapat menyembuhkan banyak penyakit.

Aturan Yang Harus Ana Patuhi Saat ke Pura Lingsar Lombok

Wisata Menyenangkan di Pura Lingsar Lombok

Wisata Menyenangkan di Pura Lingsar Lombok

Para pengunjung yang datang kesini diharapkan harusnya memakai sarung atau selempang sebagai tanda telah memasuki bagian wilayah yang suci ke dalam Pura. Tetapi, jika Anda lupa, akan ada banyak penyewaan sarung atau selempang di luar candi yang akan dengan senang hati menyewakannya sesuai dengan keinginan Anda. Anda tetap bisa berkeliling di luar bangunan Pura tanpa harus berpakaian khusus. Bagian Pura sebelah utara itu adalah bagian yang di anggap suci oleh umat Hindu, sedangkan untuk Wektu Telu adalah di bagian selatannya.

Pura Lingsar juga terkenal dengan kolam air yang konon katanya adalah suci bagi dewa Wisnu. Kolam ini adalah rumah untuk keluarga ikan-ikan suci, yang katanya bisa keluar dipancing keluar dari tempat persembunyiannya dengan menggunakan telur rebus. Anda juga bisa membeli telur dari warung dan pedagang sekitar di luar kuil untuk memberi makan ikan itu sendiri.

Pada sekitar pertengahan bulan Desember, Pura Lingsar selalu menjadi tuan rumah festival kuil Perang Topat. Sebuah acara religious tahunan yang di adakan untuk mengapresiasi keragaman dalam perbedaan beragama. Selama festival ini berlangsung, perwakilan komunitas Hindu dan Wektu Telu mengenakan parade berkostum yang unik.

Jika Anda memiliki banyak waktu yang cukup, Anda juga bisa sekalian berkunjung ke Taman Raja Narmada, hanya butuh waktu sekitar 20 menitan untuk menuju kesana. Dan jika liburan Anda ke Lombok ingin menggunakan jasa tour travel, travel Lombok Tour Plus yang sudah terpercaya bertahun-tahun dengan beragam macam fasilitas serta kebutuhan liburan yang lengkap dan aman sedia memberikan jasa tour yang terbaik. Untuk informasi lebih lanjut dan lengkap bisa kunjungi langsung ke website resmi di lomboktourplus.com disitu Anda bisa melihat-lihat berbagai informasi lengkap tentang Lombok, hotel-hotel dan penginapan di Lombok serta beragam paket wisata yang dapat Anda booking melalui online. Terima kasih telah membaca.

Save