Objek Wisata Desa Sukarare Penghasil Kain Tenun Terbaik Lombok

Objek Wisata Desa Sukarare Penghasil Kain Tenun Terbaik Lombok

Ingat kain tenun atau Songket, ingat Desa Wisata Sukarare Lombok. Desa ini berlokasi di kecamatan Jonggat, kabupaten, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. Desa ini memang sudah sangat terkenal dengan kerajinan khasnya yaitu kain tenun atau yang lebih dikenal masyarakat luas dengan nama kain Songket. Kain ini dibuat oleh penduduk Desa Sukarare khususnya kaum perempuan. Sedari dini, anak-anak perempuan di desa ini memang diajarkan untuk bisa menenun kain. Jadi, sudah dipastikan bahwa semua perempuan di desa ini bisa menenun kain Songket. Kain-kain tenun yang dihasilkan selain digunakan untuk keperluan pribadi nantinya dijual pada para wisatawan yang berkunjung ke desa ini.

Kain tenun buatan penduduk Desa Sukarare memiliki ciri khas tersendiri yang tidak dimiliki kain lainnya. Motif yang otentik inilah yang menjadikan kain ini begitu dikenal masyarakat luas di Indonesia bahkan sampai ke luar negeri. Motif rumah adat, motif tokek, motif lumbung adalah beberapa motif khas yang biasa dibuat dalam pembuatan kain tenun. Berbeda dengan desa Sade yang khas dengan kehidupan masyarakat suku Sasaknya, di Desa Sukarare ini wisatawan akan diperkenalkan dengan industri kain tenun khas masyarakat setempat. Kita bisa melihat langsung proses pembuatan kain tenun tersebut yang dilakukan oleh kaum perempuan penduduk Desa Sukarare.

Yang Bisa Dilakukan Di Desa Sukarare

Aktifitas Belajar Menenun di Desa Sukarara Lombok
Aktifitas Belajar Menenun di Desa Sukarara Lombok

Berwisata ke Lombok memang menyenangkan karena disini terdapat banyak destinasi wisata yang bisa dikunjungi sepuasnya. Mulai dari gili-gili yang eksotis, perbukitan yang mempesona, sampai air terjun yang menyegarkan, semua tersedia di Lombok secara lengkap. Namun disini juga kita bisa mempelajar sejarah dan kebudayaan masyarakat setempat yang tidak kalah pentingnya. Bisa dibilang ini wisata edukatif yang menyenangkan. Selama berwisata ke Desa Sukarare, kita bisa melakukan berbagai kegiatan positif namun tetap seru seperti:

Belajar menenun kain

Jangan hanya menonton bagaimana perempuan di desa ini menenun kain saja. Cobalah untuk belajar bagaimana menenun kain. Kegiatan ini dijamin akan membuat kita bersemangat. Membuat kain tenun memang perlu keahlian khusus dan tidak akan langsung mahir dalam sekali coba. Namun tidak ada salahnya jika kita menyempatkan sedikit waktu berwisata kita dengan mempelajari kebudayaan seperti ini. Mencoba membuat kain tenun akan menjadi pengalaman berkesan yang sulit untuk dilupakan. Perempuan didesa ini juga sangat ramah kepada pengunjung dan selalu bersedia mengajari bagaimana proses pembuatan kain Songket yang mendunia ini.

Wisata belanja

Setelah melihat langsung proses pembuatan kain tenun didesa ini, kita juga bisa mampir ke toko-toko sekitar untuk membeli kain tenun. Selain untuk mendukung perekonomian masyarakat setempat, membeli kain tenun atau Songket ini juga bisa sebagai oleh-oleh. Siapa yang tidak mau diberikan oleh-oleh kain Songket yang begitu melegenda? Di toko-toko biasanya dijajakan kain Songket dengan berbagai motif yang otentik dan unik.

Ciri Khas Kain Tenun di Desa Sukarare

Belajar membuat kain tenun khas Lombok di Desa Sukarara
Belajar membuat kain tenun khas Lombok di Desa Sukarara

Kain tenun yang dibuat masyarakat lokal didesa Sukarare ini berbeda dengan kain tenun lainnya. Disini, motif-motif yang digunakan sangat orisinil dan mengikuti kebudayaan setempat. Selain itu bahan baku yang digunakan terbuat dari benang sutera emas, benang sutera, benang sutera perak dan benang katun. Masyarakat setempat juga menggunakan pewarna alami untuk benangnya yang berasal dari pohon mahoni, batang jati, biji asam, dan juga kulit manggis. Jadi, jika anda memiliki alergi terhadap bahan pewarna kimia, maka kain tenun Songket buatan masyarakat Desa Sukarare ini aman untuk digunakan.

Banyak wisatawan yang tertarik berkunjung ke Desa Sukarare karena industri kain tenunnya. Jika anda juga begitu tertarik dengan kebudayaan menenun yang ada di Desa Sukarare, maka mulailah merencanakan perjalanan wisata anda bersama kami Lombok Tour Plus. Kami akan menemani perjalanan wisata anda di Lombok supaya lebih aman, nyaman, serta berkesan. Berwisata ke Lombok, anda akan disajikan dengan berbagai pilihan destinasi wisata dan semua lengkap tersedia dalam pilihan paket wisata yang kami tawarkan.

Save