Pesona Air Terjun Tiu Kelep Lombok

Pesona Air Terjun Tiu Kelep Lombok

Lombok merupakan tujuan wisata yang sedang diminati oleh para wisatawan asing maupun wisatawan Lokal. Memang, ada banyak lokasi wisata alam yang dapat kita kunjungi dan nikmati keindahan nya disana. Mulai dari wisata pantainya yang sangat menawan hingga menyihir setiap mata yang memandang, Sampai air terjunnya yang tak henti-hentinya menawarkan nuansa alami yang menyegarkan. Tahukah anda bahwa tidak hanya air terjun Sendang Gile saja yang bisa jadi tempat tujuan bila anda berkunjung ke Pulau Lombok ini? Ada air terjun lain yang tak kalah indahnya, yaitu air terjun Tiu Kelep.

Yang membuat air terjun Tiu Kelep ini menjadi destinasi sempurna saat anda ke Lombok adalah tempatnya yang sangat strategis. Hanya butuh waktu 1 jam saja untuk bisa sampai kesana. Tak perlu takut nyasar, meski jalan setapak lah yang akan anda lewati, karena anda akan diantarkan sampai tujuan oleh pemandu wisata disana. Jalan kembali nya pun sama dengan jalan menuju air terjun yang anda lewati tadi.

Tips Mengunjungi Air Terjun Tiu Kelep Lombok

Wisata Air Terjun Tiu Kelep Lombok
Wisata Air Terjun Tiu Kelep Lombok

Air terjun di daerah Lombok sebagian masih alami, jadi fasilitas nya pun belum memadai, Untuk ruang ganti misalnya, masih belum tersedia disana. Berlibur ke tempat wisata alam memang membutuhkan persiapan lebih dibandingkan dengan berlibur ke tempat wisata yang lain. Di tempat wisata seperti Ancol kita dapat dengan mudah jasa penyewaan ban renang,pelampung, penjual makanan dan minuman pun sudah berjejer rapi disepanjang area. Bahkan souvenir dari tempat wisata nya pun dijual di sepanjang jalan. Jadi jikaanda berniat mengunjungi wisata alam, inilah beberapa tips bagi anda yang berniat mengunjungi air terjun Tiu Kelep:

Jika anda berniat datang kesana untuk berenang, sebaiknya anda sudah mempersiapkan pakaian yang akan anda pakai untuk berenang, jadi tidak perlu repot-repot berganti pakaian lagi disana.
Untuk makanan dan minuman pun lebih baik anda bawa dari rumah, karena akan sulit ditemukan penjual makanan dan minuman. Tips yang terakhir adalah menyewa kendaraan jika anda tidak membawa kendaraan pribadi. Karena belum ada transportasi umum yang dapat mengantarkan anda ke air terjun ini.

Keistimewaan Air Terjun Tiu Kelep Lombok

Air terjun tiu kelep lombok
Air terjun tiu kelep lombok

Bagi anda yang berencana liburan untuk mendapatkan ketenangan dan juga ingin menjernihkan otak, Segarnya air dan hamparan hijau pohon disekitar air terjun inilah solusinya. Bahkan air dari air terjun ini kabarnya bisa menyembuhkan berbagai penyakit kulit. Sama halnya seperti air terjun Sendang Gile, air terjun ini juga dipercaya dapat membuat kita terlihat lebih muda hanya dengan membasuh muka disana. Bagi anda yang suka berenang, tak ada salahnya berenang di air terjun ini, kolam dibawah air terjun ini hanya sepinggang orang dewasa kedalamannya, sehingga aman bila digunakan untuk tempat berenang. Dari dalamnya kolam inilah nama “Tiu Kelep” diambil, Tiu artinya kolam renang,dan Kelep artinya terbang. Untuk wisatawan yang menyukai tantangan, disini pun anda akan dimanjakan dengan jalan setapak nan menantang yang harus anda lewati sebelum menikmati keindahan air terjun nya. Bahkan anda harus melewati tangga, menyebrangi aliran sungai nya dan mendapatkan petualangan yang tak terlupakan.

Tempat wisata memang tempat untuk liburan, tempat bersenang-senang, tapi jangan lupa bahwa disana juga merupakan tempat tinggal bagi tumbuh-tubuhan disekitarnya. Kita harus tetap menjaga kebersihan dan kealamiannya. Bagi pengunjung Air Terjun Tiu Kelep, Buanglah sampah pada tempatnya, agar air terjun ini tetap bersih, sehingga dapat terus menjadi tempat wisata yang menawarkan kesegaran dengan airnya yang jernih dan juga pepohonan hijau nan rimbun. Jika bukan kita yang menjaga alam kita sendiri, siapa lagi? Wisata alam adalah salah satu daya tarik terbesar dari Negara Indonesia, ada ratusan wisata alam yang dapat kita explore dan kembangkan untuk membantu memajukan dan membangun negara kita ini. Tapi tidak hanya diambil manfaatnya saja, seharusnya kita juga merawat alam kita ini agar tidak rusak nantinya dan menyebabkan bencana.

Air terjun tiu kelep sungguh menawan. Kesunyian dan juga keindahan berpadu menjadi satu mengundang rasa kagum para pengunjung. Tentu anda wajib datang bila keindahan yang anda inginkan