Mutiara Lombok merupakan brand pariwisata Pulau Lombok – Nusa Tenggara Barat – Indonesia, diakui sebagai salah satu produk andalan Pulau Lombok. Keberadannya juga sudah terbukti menjadi produk unggulan yang bisa menembus pasar nasional maupun pasar internasional. Jenis Mutiara yang berasal dari Lombok dikenal dengan julukan “The Queen of Pearls” ini merupakan yang kualitas terbaik di dunia. Sebagaimana yang kita tahu, mutiara sebagai salah satu benda yang dijadikan perhiasan oleh banyak orang.

Ragam Model Mutiara Lombok Yang Indah

mutiara lombok

mutiara lombok

Perhiasan dari mutiara menghadirkan begitu banyak ragam dan model yang sangat khas dan populer saat ini. Model model perhiasan mutiara dari Lombok yang sedang trend dan terkenal di Pulau Lombok merupakan pusat sentra perhiasan Nasional Nusantara. Seperti yang kita tahu, perhiasan ada bermacam-macam jenisnya, dari cincin, gelang, giwang dan kalung. Mutiara Lombok terkenal dengan mutiara yang memiliki kualitas bagus, dan juga banyak dicari-cari oleh banyak orang, untuk sekedar dipakai sendiri sebagai perhiasan, maupun untuk dijual lagi ditempat asalnya. Beberapa model-model perhiasan diantaranya:

1. Model Tanam Zirgon Simpel

Perhiasan tanam zirgon simple ialah perhiasan yang terbuat dari bahan mutiara model simple, dengan berdesain minimalis. Simple dan elegan menjadikan salah satu perhiasan ini sebagai ciri khas untuk model yang banyak diburu para penggemarnya. Seperti salah satunya adalah cincin model Tanam Zirgon Bullgary.

2. Model Tanam Zirgon Plat

Perhiasan mutiara tanam zirgon plat ini hampir senada dan sekonsep dengan perhiasan tanam zirgon simple, yang membedakan hanyalah desain dari kedua perhiasan ini berbeda. Desain perhiasan model ini lebih rumit sedikit dibanding yang simple. Tetapi jika dilihat dari proses pembuatan handmadenya, perhiasan ini melalui proses pengerjaan yang lebih mudah dan lebih cepat dari pada model lainnya. Salah satu contol perhiasan model Tanam Zirgon plat ialah cincin model Tanam Zirgon Ring Pipa.

3. Model Ukir Klasik

Perhiasan mutiara model ukir klasik yang saat ini sedang populer dikombinasikan dengan model ukiran khas Bali, dimana banyak model-model khas perhiasan hasil pengrajin di Pulau Bali yang dikolaborasikan dengan model klasik khas Pulau Lombok, dan hasil kreatif dari kedua daerah ini mampu menciptakan model-model ukiran klasik seperti ukiran Jawan, model ukiran Pasiran dan ukiran-ukiran lain yang memiliki desain klasik. Salah satu contoh perhiasannya adalah Bando Mutiara Model Ukir Klasik.

4. Model Kendari

Perhiasan mutiara model kendari jika dilihat sepintas saja maka hampir senada dengan model ukir klasik. Perhiasan model kendari mempunyai kekhasan yang unik dan menonjolkan kreatifitas keahlian tangan dari para pengrajinnya,kalau kita lihat, pola tersebut seolah motif-motif yang sangat rumit yang lebih banyak memanfaatkan mesin, namun mesin canggihpun kurang bisa menduplikasikan modelnya sebagus dengan proses handmadenya.

5. Model Ukiran Pasir Daun Kombinasi Tanam Zirgon

Perhiasan mutiara model ini, sudah pasti lebih rumit, karna selain memiliki model yang berukir, namun juga dikombinasikan dengan model tanam zirgon bahkan pembuatannyapun lebih lama dari perhiasan lain. Meskipun model tanam zirgon terkenal dengan model yang simple dan sederhana, tetapi untuk membuat ukiran-ukiran pasir akan jauh lebih rumit. Contohnya perhiasan Cincin Mutiara Ukiran Pasir Daun Kombinasi Tanam Zirgon.

6. Model Ukir Klasik Daun Kendari Kombinasi Tanam Zirgon

Model perhiasan mutiara ini yang paling marak dan terkenal, karna selain konsep dan desain klasik yang indah dan rumit, tetapi dikombinasikan model tanam zirgon. Jika diulas perhiasaan ini akan nampak seperti buatan mesin, karna ukiran-ukirannya yang begitu detail dan rumit, tetapi tentu saja ini adalah buatan tangan asli dari para pengrajin di Pulau Lombok. Biasanya perhiasan ini yang sering dicari-cari untuk sekedar koleksi ataupun untuk dujual kembali karna modelnya yang unik dan sangat indah. Contohnya perhiasan Cincin Mutiara Ukir Klasik Daun Kendari Kombinasi Tanam Zirgon.

Demikianlah ulasan singkat dan sederhana tentang beberapa perhiasan Mutiara Lombok yang memiliki berbagai macam model yang sedang populer saat ini, dikalangan lokal maupun kalangan asing. Sebenarnya masih ada banyak model yang belum saya sebutkan, tetapi yang inilah yang sangat terkenal. Semoga bermanfaat untuk kalian yang membutuhkan informasi untuk mencari tahu berbagai model perhiasan mutiara khas Lombok.